Lewatkan, langsung lihat konten
    Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan
    Saat ini, waktu tunggu lebih lama dari biasanya
    Karena wabah virus corona (COVID-19), saat ini kami menerima sangat banyak permohonan dan bekerja dengan jumlah staf yang lebih sedikit. Jika reservasi Anda lebih dari 72 jam lagi, harap hubungi kami mendekati tanggal check-in Anda agar kami bisa mendukung mereka yang membutuhkan bantuan segera. Untuk mengubah atau membatalkan suatu reservasi, masuklah ke halaman perjalanan Anda atau panel muka tuan rumah.

    Bagaimana bila saya harus membatalkan karena terjadi kondisi darurat atau yang tak bisa dihindari?

    Harap diperhatikan: Artikel ini tidak membahas kejadian terkait wabah virus corona (COVID-19). Baca artikel mengenai kejadian luar biasa COVID-19 untuk mengetahui cakupan kejadian terkait COVID-19, khususnya batasan cakupan untuk reservasi yang dibuat setelah 14 Maret 2020.

    Cara kerjanya

    Kami mungkin dapat memberi Anda pengembalian dana atau menghapuskan penalti pembatalan jika Anda terpaksa membatalkan karena kondisi tak terduga yang di luar kendali Anda. Di bawah ini adalah daftar keadaan yang dicakup oleh Kebijakan Kejadian Luar Biasa Airbnb. Sebelum membatalkan, pastikan apakah keadaan Anda termasuk dalam daftar di bawah dan apakah Anda dapat memberikan dokumentasi yang diperlukan.

    Perlu diingat bahwa pembatalan tanpa penalti hanya tersedia untuk kejadian luar biasa yang terjadi sebelum tanggal check-in resmi reservasi Anda. Selain itu, Kebijakan Kejadian Luar Biasa Airbnb tidak berlaku untuk reservasi Luxe atau Luxury Retreats, yang tunduk pada Kebijakan Pengembalian Uang Tamu Luxe tersendiri.

    Kejadian yang membutuhkan dokumentasi

    Kematian tuan rumah, tamu, atau rekan tuan rumah, tamu tambahan, anggota keluarga dekat, atau perawat. Anda akan diminta untuk melampirkan salah satu dokumen ini:

    • Akta kematian
    • Berita kematian
    • Artikel berita yang menyebutkan nama almarhum
    • Laporan polisi

    Sakit atau cedera parah tak terduga yang diderita tuan rumah atau pihak yang melakukan perjalanan. Anda akan diminta untuk memberikan pernyataan dari dokter yang memastikan bahwa orang tersebut tidak dapat menerima tamu atau melakukan perjalanan karena penyakit atau cedera serius yang tak terduga. Pernyataan tersebut juga harus mencantumkan tanggal setelah pemesanan reservasi dan diberikan dalam 14 hari setelah pembatalan. Saat ini, kondisi yang sudah ada dan diketahui pengguna saat pemesanan tidak tercakup dalam Kebijakan Kejadian Luar Biasa Airbnb.

    Kewajiban dari pemerintah termasuk tugas juri, pembatasan perjalanan, kewajiban hadir di pengadilan, dan tugas kemiliteran. Anda akan diminta untuk memberikan salinan pemberitahuan resmi tertanggal setelah pemesanan reservasi yang mencantumkan nama orang yang akan memenuhi kewajiban tersebut.

    Kerusakan properti, pemeliharaan, dan masalah fasilitas yang tak terduga pada tempat Airbnb, yang membuatnya tidak aman untuk menerima tamu atau yang menghalangi tamu mengakses fasilitas dasar, seperti aliran air. Ini tidak termasuk renovasi yang direncanakan. Anda akan diminta untuk menyediakan semua dokumen berikut:

    • Bukti bahwa masalah terkait sedang diperbaiki
    • Perkiraan kapan akan selesai diperbaiki
    • Surat tagihan/tanda terima untuk perbaikan yang dilakukan
    • Foto kerusakan

    Gangguan transportasi yang mengakibatkan perjalanan ke destinasi Anda tidak mungkin dilakukan, termasuk penutupan jalan dan pembatalan penerbangan tanpa ada metode perjalanan alternatif. Ini termasuk penutupan dan pembatalan yang disebabkan oleh bencana alam, seperti gempa bumi atau badai yang parah. Anda akan diminta untuk memberikan pemberitahuan tentang penutupan jalan atau dokumentasi dari maskapai bahwa penerbangan tersebut dibatalkan dan dokumentasi pendukung yang mengonfirmasikan bahwa perjalanan ke destinasi Anda tidak mungkin dilakukan.

    Pembatalan kereta api, bus, atau kapal feri tanpa ada keberangkatan alternatif pada hari yang sama. Anda akan diminta memberikan dokumentasi yang menunjukkan dengan jelas bahwa operator transportasi tidak beroperasi pada hari itu, contohnya tangkapan layar situs web perusahaan atau tautan ke pernyataan resmi pihak operator.

    Kondisi yang memerlukan peninjauan khusus

    Tidak ada dokumentasi yang diperlukan untuk kondisi semacam ini, tetapi tim khusus Airbnb akan meninjau setiap kasus untuk memastikan bahwa Anda terkena dampak langsung.

    Reservasi Open Homes yang telah dibatalkan. Info selengkapnya tentang Open Homes.

    Bencana alam, aktivitas terorisme, dan kerusuhan sipil/politik yang mencegah tamu bepergian ke atau dari tempat tujuan, atau yang membuat situasi menjadi tidak aman untuk menerima tamu.

    Wabah penyakit menular yang tiba-tiba menyerang suatu wilayah atau sekelompok orang. Ini tidak termasuk penyakit yang sudah umum diketahui keberadaannya di suatu area—misalnya malaria di Thailand atau demam dengue di Hawaii. Pembaruan apa pun pada kebijakan kami mengenai wabah suatu penyakit dan lingkup aplikasi kebijakan tersebut akan ditentukan berdasarkan pengumuman dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan otoritas setempat.

      Pembatasan perjalanan yang diberlakukan oleh pemerintah, instansi penegak hukum, atau militer yang membatasi perjalanan ke atau dari lokasi tempat atau pengalaman.

      Peringatan keselamatan atau ancaman keamanan yang dikeluarkan untuk lokasi tempat atau pengalaman atau lokasi keberangkatan pihak tamu.

      Pemadaman fasilitas penting yang memengaruhi tempat atau lokasi pengalaman.

      Perubahan persyaratan visa atau paspor yang tidak memungkinkan perjalanan ke lokasi tujuan. Ini tidak termasuk dokumen perjalanan yang hilang atau kedaluwarsa.

      Apa yang harus dilakukan selanjutnya

      Jika Anda memastikan bahwa keadaan Anda memenuhi persyaratan di atas, batalkan reservasi penginapan atau Pengalaman Airbnb Anda terlebih dahulu. Jika reservasi Anda termasuk dalam kejadian luar biasa yang diakui, Anda akan menerima notifikasi bahwa reservasi Anda memenuhi syarat untuk pembatalan tanpa penalti, dan akan mendapatkan pengembalian uang penuh jika Anda adalah tamu.

      Jika reservasi Anda tidak otomatis memenuhi syarat, batalkan pemesanan Anda, lalu hubungi kami untuk mengajukan klaim. Kami akan membantu Anda menjalankan langkah-langkah berikutnya, yang akan mencakup pengiriman dokumen apa pun yang diperlukan dan menunggu tim kami meninjau kasus Anda. Klaim harus diajukan paling lambat 14 hari setelah pembatalan.

      Masuk untuk dukungan terpersonalisasi

      Dapatkan bantuan terkait reservasi, akun Anda, dan banyak lagi.
      Daftar