Lewatkan, langsung lihat konten
    Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan

    Kebijakan Kejadian Luar Biasa

    Harap diperhatikan: Artikel ini tidak membahas kejadian terkait wabah virus corona (COVID-19). Baca artikel mengenai kejadian luar biasa COVID-19 untuk mengetahui cakupan kejadian terkait COVID-19, dan khususnya batasan cakupan untuk reservasi yang dibuat setelah 14 Maret 2020.

    Kebijakan ini berlaku untuk reservasi dengan tanggal check-in pada atau sebelum 19 Januari 2021. Untuk check-in setelah tanggal tersebut, kebijakan terbaru yang bisa ditemukan di bawah ini akan berlaku.

    Berlaku hingga: 19 Januari 2021

    Cara kerjanya

    Kami mungkin dapat memberi Anda pengembalian dana atau menghapuskan penalti pembatalan jika Anda terpaksa membatalkan karena kondisi tak terduga yang di luar kendali Anda. Di bawah ini adalah daftar keadaan yang dicakup oleh Kebijakan Kejadian Luar Biasa Airbnb. Sebelum membatalkan, pastikan apakah keadaan Anda termasuk dalam daftar di bawah dan apakah Anda dapat memberikan dokumentasi yang diperlukan.

    Perlu diingat bahwa pembatalan tanpa penalti hanya tersedia untuk kejadian luar biasa yang terjadi sebelum tanggal check-in resmi reservasi Anda. Selain itu, Kebijakan Kejadian Luar Biasa Airbnb tidak berlaku untuk reservasi Luxe atau Luxury Retreats, yang tunduk pada Kebijakan Pengembalian Uang Tamu Luxe tersendiri.

    Kejadian yang membutuhkan dokumentasi

    Kematian tuan rumah, tamu, atau rekan tuan rumah, tamu tambahan, anggota keluarga dekat, atau perawat. Anda akan diminta untuk melampirkan salah satu dokumen ini:

    • Akta kematian
    • Berita kematian
    • Artikel berita yang menyebutkan nama almarhum
    • Laporan polisi

    Sakit atau cedera parah tak terduga yang diderita tuan rumah atau pihak yang melakukan perjalanan. Anda akan diminta untuk memberikan pernyataan dari dokter yang memastikan bahwa orang tersebut tidak dapat menerima tamu atau melakukan perjalanan karena penyakit atau cedera serius yang tak terduga. Pernyataan tersebut juga harus mencantumkan tanggal setelah pemesanan reservasi dan diberikan dalam 14 hari setelah pembatalan. Saat ini, kondisi yang sudah ada dan diketahui pengguna saat pemesanan tidak tercakup dalam Kebijakan Kejadian Luar Biasa Airbnb.

    Kewajiban dari pemerintah termasuk tugas juri, pembatasan perjalanan, kewajiban hadir di pengadilan, dan tugas kemiliteran. Anda akan diminta untuk memberikan salinan pemberitahuan resmi tertanggal setelah pemesanan reservasi yang mencantumkan nama orang yang akan memenuhi kewajiban tersebut.

    Kerusakan properti, pemeliharaan, dan masalah fasilitas yang tak terduga pada tempat Airbnb, yang membuatnya tidak aman untuk menerima tamu atau yang menghalangi tamu mengakses fasilitas dasar, seperti aliran air. Ini tidak termasuk renovasi yang direncanakan. Anda akan diminta untuk menyediakan semua dokumen berikut:

    • Bukti bahwa masalah terkait sedang diperbaiki
    • Perkiraan kapan akan selesai diperbaiki
    • Surat tagihan/tanda terima untuk perbaikan yang dilakukan
    • Foto kerusakan

    Gangguan transportasi yang mengakibatkan perjalanan ke destinasi Anda tidak mungkin dilakukan, termasuk penutupan jalan dan pembatalan penerbangan tanpa ada metode perjalanan alternatif. Ini termasuk penutupan dan pembatalan yang disebabkan oleh bencana alam, seperti gempa bumi atau badai yang parah. Anda akan diminta untuk memberikan pemberitahuan tentang penutupan jalan atau dokumentasi dari maskapai bahwa penerbangan tersebut dibatalkan dan dokumentasi pendukung yang mengonfirmasikan bahwa perjalanan ke destinasi Anda tidak mungkin dilakukan.

    Pembatalan kereta api, bus, atau kapal feri tanpa ada keberangkatan alternatif pada hari yang sama. Anda akan diminta memberikan dokumentasi yang menunjukkan dengan jelas bahwa operator transportasi tidak beroperasi pada hari itu, contohnya tangkapan layar situs web perusahaan atau tautan ke pernyataan resmi pihak operator.

    Kondisi yang memerlukan peninjauan khusus

    Tidak ada dokumentasi yang diperlukan untuk kondisi semacam ini, tetapi tim khusus Airbnb akan meninjau setiap kasus untuk memastikan bahwa Anda terkena dampak langsung.

    Reservasi Open Homes yang telah dibatalkan. Info selengkapnya tentang Open Homes.

    Bencana alam, aktivitas terorisme, dan kerusuhan sipil/politik yang menghalangi tamu bepergian ke atau dari tempat tujuan, atau yang membuat situasi menjadi tidak aman untuk menerima tamu.

    Wabah penyakit menular yang tiba-tiba menyerang suatu wilayah atau sekelompok orang. Ini tidak termasuk penyakit yang sudah umum diketahui keberadaannya di suatu area—misalnya malaria di Thailand atau demam dengue di Hawaii. Pembaruan apa pun pada kebijakan kami mengenai wabah suatu penyakit dan lingkup aplikasi kebijakan tersebut akan ditentukan berdasarkan pengumuman dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan otoritas setempat.

      Pembatasan perjalanan yang diberlakukan oleh pemerintah, instansi penegak hukum, atau militer yang membatasi perjalanan ke atau dari lokasi tempat atau pengalaman.

      Peringatan keselamatan dan ancaman keamanan yang dikeluarkan untuk lokasi tempat atau pengalaman atau lokasi keberangkatan pihak tamu.

      Pemadaman fasilitas penting yang memengaruhi tempat atau lokasi pengalaman.

      Perubahan persyaratan visa atau paspor yang tidak memungkinkan perjalanan ke lokasi tujuan. Ini tidak termasuk dokumen perjalanan yang hilang atau kedaluwarsa.

      Apa yang harus dilakukan selanjutnya

      Jika Anda memastikan bahwa keadaan Anda memenuhi persyaratan di atas, batalkan reservasi penginapan atau Pengalaman Airbnb Anda terlebih dahulu. Jika reservasi Anda termasuk dalam kejadian luar biasa yang diakui, Anda akan menerima notifikasi bahwa reservasi Anda memenuhi syarat untuk pembatalan tanpa penalti, dan akan mendapatkan pengembalian uang penuh jika Anda adalah tamu.

      Jika reservasi Anda tidak otomatis memenuhi syarat, batalkan pemesanan Anda, lalu hubungi kami untuk mengajukan klaim. Kami akan membantu Anda menjalankan langkah-langkah berikutnya, yang akan mencakup pengiriman dokumen apa pun yang diperlukan dan menunggu tim kami meninjau kasus Anda. Klaim harus diajukan paling lambat 14 hari setelah pembatalan.

      Catatan: Kebijakan Kejadian Luar Biasa di bawah ini berlaku untuk semua reservasi dengan tanggal check-in pada atau setelah 20 Januari 2021. Untuk semua reservasi dengan tanggal check-in sebelum 20 Januari 2021, Kebijakan yang sudah ada di atas akan tetap berlaku. Penerapan Kebijakan ini terhadap COVID-19 tidak akan berubah bila Kebijakan baru ini berlaku pada tanggal 20 Januari 2021, dan sebagian besar situasi terkait COVID-19 akan terus dikecualikan.

      Kebijakan Kejadian Luar Biasa

      Tanggal berlaku: 20 Januari 2021

      Gambaran Umum

      Kebijakan Kejadian Luar Biasa ini menjelaskan cara penanganan pembatalan bila terjadi kejadian tak terduga di luar kendali Anda setelah memesan sehingga reservasi Anda tidak dapat dilakukan atau ilegal untuk diselesaikan. Kebijakan ini berlaku untuk reservasi penginapan dan Pengalaman.

      Bila Kebijakan ini mengizinkan pembatalan, kebijakan ini mengatur dan lebih diutamakan daripada kebijakan pembatalan reservasi. Tamu yang terkena dampak peristiwa yang tercakup dalam Kebijakan ini bisa membatalkan reservasi mereka dan menerima pengembalian uang tunai, kredit wisata, dan/atau pertimbangan lainnya, tergantung dari situasinya. Tuan rumah yang terkena dampak peristiwa yang tercakup dalam Kebijakan ini bisa membatalkan tanpa konsekuensi yang merugikan tuan rumah, namun, tergantung situasinya, kalender mereka bisa diblokir untuk tanggal reservasi yang dibatalkan tersebut.

      Peristiwa apa saja yang tercakup

      Kebijakan ini menggunakan istilah "Peristiwa” untuk mengacu pada situasi berikut yang terjadi setelah pemesanan, yang tidak terduga pada saat pemesanan, dan yang menghalangi atau mencegah penyelesaian reservasi secara hukum.

      Perubahan persyaratan perjalanan pemerintah. Perubahan yang tidak terduga pada persyaratan visa atau paspor yang diberlakukan oleh badan pemerintah yang mencegah perjalanan ke tempat tujuan. Ini tidak termasuk dokumen perjalanan yang hilang atau kedaluwarsa atau keadaan pribadi lainnya yang berkaitan dengan otorisasi tamu untuk bepergian.

      Pernyataan keadaan darurat dan epidemi. Pemerintah mengumumkan keadaan darurat lokal atau nasional, wabah, pandemi, dan keadaan darurat kesehatan masyarakat. Ini tidak termasuk penyakit yang bersifat endemik atau umum diketahui keberadaannya di suatu area—misalnya malaria di Thailand atau demam dengue di Hawaii.

      Pembatasan perjalanan pemerintah. Pembatasan perjalanan yang diberlakukan oleh badan pemerintah yang menghalangi atau melarang perjalanan ke, menginap di, atau kembali dari lokasi Tempat. Ini tidak termasuk imbauan perjalanan yang tidak mengikat dan panduan pemerintah serupa.

      Tindakan militer dan agresi lainnya. Tindakan perang, agresi, invasi, perang sipil, terorisme, ledakan, pemboman, pemberontakan, kerusuhan, gangguan sipil, dan kerusuhan sipil.

      Bencana alam. Bencana alam, kehendak Tuhan, pemadaman fasilitas penting dalam skala besar, letusan gunung berapi, tsunami, dan kejadian cuaca buruk dan abnormal lainnya. Ini tidak termasuk cuaca atau kondisi alam yang cukup umum yang bisa diramalkan di lokasi tersebut—misalnya, badai yang terjadi selama musim badai di Florida.

      Apa yang tidak tercakup

      Semua selain hal tersebut. Kebijakan ini hanya mengizinkan pembatalan untuk Peristiwa yang dijelaskan di atas. Semua selain hal tersebut dikecualikan. Contoh situasi yang tidak memungkinkan pembatalan berdasarkan Kebijakan ini antara lain: penyakit atau cedera yang tidak terduga; kewajiban pemerintah, seperti tugas juri, kewajiban hadir di pengadilan atau tugas militer; imbauan perjalanan atau panduan pemerintah lainnya (yang tidak termasuk larangan perjalanan); pembatalan atau penjadwalan ulang acara di lokasi reservasi; dan gangguan transportasi yang tidak terkait dengan Peristiwa yang tercakup, seperti penutupan jalan, serta pembatalan penerbangan, kereta api, bus, dan feri. Jika Anda membatalkan reservasi karena kasus tersebut, jumlah yang dikembalikan akan ditentukan oleh kebijakan pembatalan yang berlaku untuk reservasi tersebut.

      Apa yang harus dilakukan selanjutnya

      Jika kami memberi tahu Anda atau memublikasikan informasi yang mengonfirmasikan bahwa Kebijakan ini berlaku pada reservasi Anda, ikuti petunjuk pembatalan yang kami berikan. Bila kami telah memberi tahu Anda atau memublikasikan informasi mengenai bagaimana Kebijakan ini berlaku, Anda bisa membatalkannya berdasarkan Kebijakan ini dengan membuka halaman Perjalanan Anda dan membatalkan reservasi yang terkena dampak. Bila Anda yakin Kebijakan ini berlaku pada reservasi Anda, namun kami belum memberi tahu Anda atau memublikasikan informasi mengenai Peristiwa ini, harap hubungi kami untuk membatalkan reservasi Anda. Anda sebaiknya selalu siap memberikan dokumentasi yang menunjukkan bagaimana Peristiwa tersebut memengaruhi Anda atau reservasi Anda.

      Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan hubungi kami.

      Hal lain yang perlu diperhatikan

      Kebijakan ini berlaku untuk semua reservasi dengan tanggal check-in pada atau setelah tanggal berlaku. Kebijakan ini tidak berlaku untuk reservasi Airbnb Luxe atau Luxury Retreats, yang memiliki Kebijakan Pengembalian Uang Tamu Luxe tersendiri.

      Apakah Anda mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan?
      Artikel terkait