Lewatkan, langsung lihat konten
Gunakan tombol panah atas dan bawah untuk beralih di antara saran.
Lewatkan ke konten bantuan utama

Bagaimana bila saya harus membatalkan karena terjadi kondisi darurat atau yang tak bisa dihindari?

Kami mungkin dapat memberi Anda pengembalian dana atau menghapuskan penalti pembatalan jika Anda terpaksa membatalkan karena kondisi tak terduga yang di luar kendali Anda. Di bawah ini adalah daftar keadaan yang dicakup oleh Kebijakan Kejadian Luar Biasa Airbnb. Sebelum Anda membatalkan, pastikan apakah keadaan Anda termasuk dalam daftar di bawah dan apakah Anda dapat memberikan dokumentasi yang diperlukan.

Pembatalan tanpa penalti hanya tersedia untuk kejadian luar biasa yang terjadi sebelum tanggal check-in resmi reservasi Anda.

Kejadian yang membutuhkan dokumentasi

Kematian tuan rumah, tamu, atau rekan tuan rumah, tamu tambahan, anggota keluarga dekat, atau perawat. Anda akan diminta untuk menyediakan salah satu dokumen ini:

  • Akta kematian
  • Berita kematian
  • Artikel berita yang menyebutkan nama almarhum
  • Laporan kepolisian

Sakit atau cedera parah tak terduga yang diderita tuan rumah atau pihak yang melakukan perjalanan. Anda akan diminta memberikan pernyataan dari dokter yang memastikan bahwa orang tersebut tidak dapat menerima tamu atau melakukan perjalanan karena penyakit atau cedera serius yang tak terduga. Pernyataan tersebut juga harus mencantumkan tanggal setelah pemesanan reservasi dan diberikan dalam 14 hari setelah pembatalan. Saat ini, kondisi yang sudah ada yang diketahui pengguna pada saat pemesanan tidak tercakup dalam Kebijakan Kejadian Luar Biasa Airbnb.

Kewajiban dari pemerintah termasuk tugas juri, pembatasan perjalanan, kewajiban hadir di pengadilan, dan penugasan kemiliteran. Anda akan diminta untuk memberikan salinan pemberitahuan resmi tertanggal setelah pemesanan reservasi yang mencantumkan nama orang yang akan memenuhi kewajiban tersebut.

Kerusakan properti, pemeliharaan, dan masalah fasilitas tak terduga pada tempat Airbnb yang membuatnya tidak aman untuk menerima tamu atau yang mencegah tamu mengakses fasilitas dasar, seperti aliran air. Ini tidak termasuk renovasi yang direncanakan. Anda akan diminta untuk menyediakan semua dokumen berikut:

  • Bukti bahwa masalah terkait sedang diperbaiki
  • Perkiraan kapan akan selesai diperbaiki
  • Surat tagihan/tanda terima untuk perbaikan yang dilakukan
  • Foto kerusakan

Gangguan transportasi yang mengakibatkan perjalanan ke destinasi Anda tidak mungkin dilakukan, termasuk penutupan jalan dan pembatalan penerbangan karena penutupan bandara. Ini termasuk penutupan dan pembatalan yang disebabkan oleh bencana alam, seperti gempa bumi atau badai yang parah. Anda akan diminta untuk memberikan pemberitahuan tentang penutupan jalan atau pemberitahuan penutupan bandara dan dokumentasi dari pihak maskapai bahwa penerbangan dibatalkan karena penutupan bandara. Penundaan atau perubahan jadwal penerbangan, penjualan tiket melebihi kapasitas, pemogokan maskapai, dan ketidakmampuan maskapai untuk melakukan penerbangan tidak tercakup.

Pembatalan kereta api, bus, atau kapal feri tanpa ada keberangkatan alternatif pada hari yang sama. Anda akan diminta memberikan dokumentasi yang menunjukkan dengan jelas bahwa operator transportasi tidak beroperasi pada hari itu, contohnya tangkapan layar situs web perusahaan atau tautan ke pernyataan resmi pihak operator.

Kondisi yang membutuhkan peninjauan khusus

Tidak ada dokumentasi yang diwajibkan untuk kondisi semacam ini, tetapi tim khusus Airbnb akan meninjau setiap kasus untuk memastikan bahwa Anda terkena dampak langsung.

Reservasi Open Homes yang telah dibatalkan. Info selengkapnya tentang Open Homes.

Bencana alam, aktivitas terorisme, dan kerusuhan sipil/politik yang mencegah tamu bepergian ke atau dari tempat tujuan, atau yang membuat situasi menjadi tidak aman untuk menerima tamu.

Penyakit atau wabah endemik yang tiba-tiba menyerang suatu wilayah atau sekelompok orang. Ini tidak termasuk penyakit yang sudah ada yang terkait dengan suatu wilayah—misalnya malaria di Thailand atau demam dengue di Hawaii.

Pembatasan perjalanan yang diberlakukan oleh pemerintah, instansi penegak hukum, atau militer yang membatasi perjalanan ke atau dari tempat atau lokasi pengalaman.

Saran keselamatan atau ancaman keamanan yang dikeluarkan untuk lokasi tempat atau pengalaman atau lokasi keberangkatan pihak tamu.

Pemadaman fasilitas penting yang memengaruhi tempat atau lokasi pengalaman.

Perubahan persyaratan visa atau paspor yang membuat perjalanan ke lokasi tujuan tidak mungkin dilakukan. Ini tidak termasuk dokumen perjalanan yang hilang atau kedaluwarsa.

Apa yang harus dilakukan selanjutnya

Jika Anda memastikan bahwa keadaan Anda memenuhi persyaratan di atas, batalkan pemesanan Anda, lalu hubungi kami untuk mengajukan klaim. Kami akan membantu Anda menjalankan langkah-langkah berikutnya, yang akan mencakup pengiriman dokumen apa pun yang diperlukan dan menunggu tim kami meninjau kasus Anda. Klaim harus diajukan paling lambat 14 hari setelah pembatalan.