Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.
Kebijakan komunitas

Kebijakan Aksesibilitas

Komunitas ini dibangun berdasarkan prinsip inklusi, rasa diterima, dan rasa hormat, termasuk di antaranya menyambut dan mendukung penyandang disabilitas. Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda lebih memahami kebijakan kami tentang cara menyambut dan mendukung penyandang disabilitas, termasuk mereka yang bepergian dengan Hewan Pemandu atau Hewan Pendukung Emosional, pengguna dengan kebutuhan aksesibilitas yang lebih luas, atau mereka yang mencari penyesuaian yang wajar selama reservasi.

Harap perhatikan bahwa prinsip dan peraturan yang tercantum dalam Komitmen Komunitas dan Kebijakan Nondiskriminasi Airbnb juga berlaku pada kebijakan ini.

Di beberapa yurisdiksi, persyaratan hukum dapat memperluas atau membatasi penyesuaian wajar yang harus disediakan tuan rumah untuk tamu di luar yang termasuk dalam kebijakan ini. Ketentuan Layanan kami mengharuskan pengguna untuk memahami dan mematuhi undang-undang dan peraturan yang berlaku terhadap mereka. Ini berarti bahwa tuan rumah dan tamu secara individual bertanggung jawab untuk memahami dan mematuhi semua hukum dan peraturan yang berlaku. Jika kebijakan ini memberikan lebih banyak perlindungan dan tidak bertentangan dengan undang-undang atau peraturan yang berlaku, kami berharap pengguna mematuhi kebijakan ini.

Hewan Pemandu dan Hewan Pendukung Emosional

Hewan Pemandu umumnya adalah anjing yang dilatih secara khusus untuk melakukan pekerjaan tertentu atau bertugas membantu penyandang disabilitas. Hewan Pemandu bukanlah hewan peliharaan. Tamu umumnya bisa didampingi oleh Hewan Pemandu selama reservasi penginapan, layanan, atau pengalaman di Airbnb, terlepas dari peraturan yang melarang tamu membawa hewan peliharaan (misalnya, kebijakan “dilarang membawa hewan peliharaan” di penginapan). Lihat detail lebih lanjut mengenai peraturan spesifik untuk penginapan serta untuk layanan dan pengalaman di bawah ini.

Hewan Pendukung Emosional

adalah hewan yang memberikan dukungan atau bantuan emosional kepada seseorang untuk membantu mengelola gejala atau efek dari kondisi disabilitas mereka. Hewan Pendukung Emosional umumnya adalah hewan yang biasa dipelihara di rumah, seperti anjing atau kucing. Tidak seperti Hewan Pemandu, Hewan Pendukung Emosional tidak perlu dilatih untuk melakukan pekerjaan atau tugas tertentu untuk membantu penyandang disabilitas.

Tuan rumah hanya boleh mengajukan pertanyaan berikut tentang Hewan Pemandu atau Hewan Pendukung Emosional tamu:

  • Pertanyaan pertama: "Apakah Anda membutuhkan hewan Anda karena disabilitas?" Tuan rumah tidak boleh meminta tamu untuk menjelaskan disabilitasnya.
  • Pertanyaan kedua: “Pekerjaan atau tugas apa yang telah dilatih untuk dilakukan oleh hewan tersebut?” Tuan rumah tidak boleh meminta anjing tersebut untuk memperagakan pekerjaan atau tugasnya.
  • Harap perhatikan hal berikut:
    • Tamu tidak diwajibkan memberikan dokumentasi yang menunjukkan bahwa anjing mereka adalah Hewan Pemandu atau Hewan Pendukung Emosional, dan tuan rumah tidak boleh meminta atau mewajibkan dokumentasi tersebut dari tamu.
    • Tamu tidak perlu mengungkapkan keberadaan Hewan Pemandu sebelum memesan, tetapi dapat memilih untuk mengungkapkan keberadaan Hewan Pemandu mereka sebelum check-in untuk menghindari potensi kebingungan.
    • Tuan rumah bisa mengajukan pertanyaan ini lagi jika tamu tidak menjawabnya.
    • Jika tamu tidak menjawab pertanyaan ini, tuan rumah dapat menganggap tidak adanya respons sebagai "tidak" terhadap pertanyaan yang tidak dijawab.

Jika jawaban atas pertanyaan pertama adalah “Ya” (atau tamu menunjukkan bahwa mereka memiliki disabilitas)

  • Dan jika tamu menjawab pertanyaan kedua dengan menjelaskan pekerjaan atau tugas yang dilatihkan pada anjing mereka guna mendukung disabilitas mereka, maka tuan rumah harus memperlakukan anjing tamu sebagai Hewan Pemandu.
  • Jika tamu tidak menjelaskan pekerjaan atau tugas yang dilatihkan pada hewan tersebut dalam pertanyaan kedua, tuan rumah harus memperlakukan hewan tamu sebagai Hewan Pendukung Emosional, bukan sebagai hewan peliharaan.

    Jika jawaban atas pertanyaan pertama adalah "Tidak" berarti tuan rumah tidak diharuskan untuk memperlakukan hewan tamu sebagai Hewan Pemandu atau Hewan Pendukung Emosional berdasarkan kebijakan ini.

    Mengakomodasi tamu dengan Hewan Pemandu atau Hewan Pendukung Emosional

    Hewan Pemandu

    Selama reservasi penginapan, ketika tamu didampingi oleh Hewan Pemandu, tuan rumah tidak diizinkan melakukan hal berikut karena keberadaan Hewan Pemandu tamu tersebut:

    • Menolak reservasi (kecuali jika Pengecualian yang diberikan Airbnb berlaku).
    • Membebankan biaya tambahan kepada tamu terkait reservasi, seperti biaya hewan peliharaan atau biaya kebersihan untuk bulu hewan atau serpihan kulit.
    • Memperlakukan tamu secara berbeda dari tamu lain (misalnya dengan memberlakukan peraturan rumah yang berbeda).

    Untuk layanan dan pengalaman, ketika tamu meminta untuk didampingi oleh Hewan Pemandu selama pengalaman atau layanan berlangsung, tuan rumah diwajibkan untuk mengakomodasi permohonan tersebut kecuali jika hal tersebut melanggar hukum atau pembatasan yang berlaku di luar kendali tuan rumah yang ditetapkan oleh lokasi layanan atau pengalaman, atau tidak masuk akal dalam situasi spesifik layanan atau pengalaman tersebut.

    Tamu yang membawa Hewan Pemandu diwajibkan untuk mematuhi peraturan dasar ini. Hewan Pemandu tidak boleh:

    • Berada di luar kendali tamu
    • Belum terlatih.
    • Ditinggalkan sendirian di tempat tanpa persetujuan sebelumnya.
    • Diizinkan masuk ke area yang telah ditunjukkan tuan rumah sebagai area terlarang bagi tamu.
    • Diizinkan berada di ruang bersama (misalnya: ruang yang digunakan bersama dengan orang-orang yang bukan bagian dari rombongan perjalanan tamu) tanpa menggunakan tali kekang, diikat, atau ditambatkan (misalnya: di dalam restoran, lorong di gedung apartemen, dapur bersama atau halaman belakang di kamar pribadi).

    Hewan Pendukung Emosional

    Selain yang dilarang oleh kebijakan ini, saat tamu didampingi oleh Hewan Pendukung Emosional, tuan rumah dapat mengenakan biaya standar untuk hewan peliharaan, mengenakan biaya kebersihan tambahan untuk bulu atau serpihan kulit hewan peliharaan, serta menolak reservasi jika tidak menerima hewan peliharaan.

    Di lokasi mana pun yang diwajibkan oleh hukum atau kebijakan ini untuk mengakomodasi tamu dengan Hewan Pendukung Emosional, tuan rumah tidak boleh melakukan hal berikut karena tamu bepergian dengan Hewan Pendukung Emosional:

    • Menolak reservasi (kecuali jika Pengecualian yang diberikan Airbnb berlaku).
    • Membebankan biaya tambahan kepada tamu terkait reservasi, seperti biaya hewan peliharaan atau biaya kebersihan untuk bulu hewan atau serpihan kulit.
    • Memperlakukan tamu secara berbeda dari tamu lain (misalnya dengan memberlakukan peraturan yang berbeda).
    • Mewajibkan tamu untuk mengungkapkan keberadaan Hewan Pendukung Emosional sebelum memesan, tetapi tamu dapat memilih untuk mengungkapkan keberadaan Hewan Pendukung Emosional mereka sebelum check-in untuk menghindari potensi kebingungan.
    • Memperlakukan Hewan Pendukung Emosional sebagai hewan peliharaan.

    Jika tuan rumah diharuskan untuk menerima Hewan Pendukung Emosional berdasarkan kebijakan ini1, Hewan Pendukung Emosional tamu tidak boleh:

    • Berada di luar kendali tamu
    • Belum terlatih.
    • Ditinggalkan sendirian di tempat tanpa persetujuan sebelumnya.
    • Diizinkan masuk ke area yang telah ditunjukkan tuan rumah sebagai area terlarang bagi tamu.
    • Diizinkan berada di ruang bersama (misalnya: ruang yang digunakan bersama dengan orang-orang yang bukan bagian dari rombongan perjalanan tamu) tanpa menggunakan tali kekang, diikat, atau ditambatkan (misalnya: lorong di gedung apartemen, dapur bersama atau halaman belakang di kamar pribadi).

    Pengecualian

    Pengecualian yang Diberikan Airbnb: Sesuai kebijakannya dan dalam situasi tertentu, Airbnb dapat memberikan pengecualian kepada tuan rumah atas kebijakan ini jika tuan rumah memberi tahu kami mengenai alasannya secara proaktif. Misalnya, jika keberadaan Hewan Pemandu merupakan ancaman langsung terhadap kesehatan tuan rumah jika tuan rumah tinggal di tempat tersebut.

    • Jika Anda merasa bahwa Anda seharusnya menerima pengecualian dari kebijakan ini, hubungi anggota tim kami, dan kami akan menilai kelayakan Anda.
    • Jika Anda menerima Pengecualian yang diberikan Airbnb, harap perhatikan bahwa pengecualian tersebut terkait dengan iklan tertentu dan bukan akun Anda. Harap komunikasikan dengan jelas dan sopan saat menyampaikan pengecualian Anda kepada tamu. Kami juga menyarankan agar Anda menyertakan informasi pengecualian ini di deskripsi iklan agar bisa memberikan informasi yang lebih baik bagi calon tamu.

    Akomodasi Tambahan yang Wajar

    Tamu dengan kebutuhan aksesibilitas dapat meminta penyesuaian yang wajar untuk membantu tamu tersebut mengakses atau menikmati penginapan, layanan, atau pengalaman. Penyesuaian ini bisa berupa permohonan perubahan atau penyesuaian pada penginapan, layanan, pengalaman, atau peraturan atau praktik terkait.

    • Kami mengimbau tuan rumah dan tamu untuk berkomunikasi sebelum pemesanan mengenai perubahan atau penyesuaian yang wajar.
    • Tamu harus memberikan waktu yang wajar bagi tuan rumah untuk mengevaluasi permohonan modifikasi atau penyesuaian. Umumnya, tamu harus membuat permohonan lebih dari satu minggu sebelum check-in di penginapan.

    Yang kami izinkan:

    • Tamu diizinkan untuk meminta perubahan atau penyesuaian yang wajar di penginapan, layanan, atau pengalaman yang akan membantu mereka mengakses atau menikmati penginapan, layanan, atau pengalaman, berkomunikasi selama reservasi, atau berpartisipasi dalam pengalaman atau layanan.
    • Tuan rumah boleh mengusulkan penyesuaian alternatif yang wajar atas permohonan tamu
    • Tuan rumah diizinkan untuk menolak permohonan yang tidak masuk akal atau tidak terjangkau, seperti permohonan yang melakukan hal-hal berikut ini:
      • Menimbulkan risiko signifikan terhadap kesehatan atau keselamatan tuan rumah atau orang lain
      • Mengubah sifat penginapan, layanan, atau pengalaman secara mendasar.
      • Memerlukan modifikasi struktural pada bangunan atau tempat yang tidak mudah dilakukan tanpa banyak kesulitan atau biaya.
      • Mengharuskan tuan rumah untuk mengambil tanggung jawab tambahan yang menyebabkan kesulitan atau biaya yang signifikan
      • Meminta tuan rumah untuk melanggar undang-undang atau peraturan yang berlaku

    Yang tidak kami izinkan:

    • Menolak permohonan tamu untuk melakukan modifikasi atau penyesuaian ketika permohonan tersebut spesifik, dinyatakan dengan jelas, dibuat dengan pemberitahuan yang cukup, dan bukan merupakan permintaan yang tidak masuk akal atau tidak terjangkau—tanpa berdialog dengan tamu dan menawarkan penyesuaian alternatif yang wajar
    • Berkomitmen untuk memberikan modifikasi atau penyesuaian yang wajar dan kemudian gagal memenuhi komitmen tersebut pada saat reservasi

    Pertimbangan tambahan

    • Tuan rumah tidak akan dikenakan penalti jika kegagalan tuan rumah untuk melakukan modifikasi atau penyesuaian yang wajar dianggap di luar kendali mereka atau jika tuan rumah telah menunjukkan kepada Airbnb mengapa permohonan tersebut secara objektif tidak masuk akal atau tidak mungkin diwujudkan.

    Apa yang terjadi ketika tuan rumah atau tamu tidak mematuhi kebijakan kami?

    Kami meminta komunitas ini untuk bekerja sama agar Airbnb dapat diakses semaksimal mungkin. Airbnb dapat mengambil langkah-langkah termasuk menghapus tuan rumah atau tamu dari platform Airbnb jika mereka tidak mematuhi kebijakan kami.

    1 Berdasarkan kebijakan ini, tuan rumah di California dan New York diharuskan untuk mengakomodasi Hewan Pendukung Emosional untuk reservasi Penginapan. Demikian pula, kebijakan ini mewajibkan tuan rumah di Quebec dan Ontario untuk mengakomodasi Hewan Pendukung Emosional untuk semua reservasi.

    Apakah artikel ini membantu?

    Artikel terkait

    Dapatkan bantuan terkait reservasi, akun Anda, dan banyak lagi.
    Masuk atau mendaftar