Lewatkan, langsung lihat konten
    Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan
    Informasi terbaru COVID-19
    Untuk melihat opsi pembatalan dan pengembalian uang, buka panel muka Anda. Reservasi yang memenuhi syarat kebijakan kejadian luar biasa Airbnb bisa dibatalkan sebelum check-in tanpa penalti dan tanpa dampak pada status HosTeladan Anda.

    Faktor apa saja yang menuntukan kemunculan iklan saya di hasil pencarian?

    Tujuan dari algoritme pemeringkat pencarian Airbnb adalah untuk membantu tamu menemukan tempat yang sempurna untuk perjalanan mereka—serta membantu tuan rumah menemukan tamu yang benar-benar sesuai untuk tempat milik mereka. Kami mempelajari hampir 100 faktor untuk setiap tempat dalam setiap pencarian (dan jangan khawatir—Anda tidak perlu sempurna dalam segala hal untuk meraih peringkat yang baik).

    Daftar fitur pasti yang kami pertimbangkan bersifat rahasia, namun berikut adalah kategori dasarnya:

    Kebutuhan tamu: Kami meninjau faktor-faktor yang terkait dengan tamu, termasuk lokasi mereka saat mencari, perjalanan mereka sebelumnya, tempat mana saja yang mereka tambahkan ke Wish List atau yang mereka klik, dan lain sebagainya.

    Detail iklan: Kami mempertimbangkan beberapa hal seperti jumlah ulasan lima bintang, harga, lokasi tempat, apakah fitur Pemesanan Instan diaktifkan, seberapa cepat tuan rumah tempat menanggapi permohonan, dan berbagai faktor lainnya.

    Detail perjalanan: Kami memperhatikan berapa jumlah tamu yang akan bepergian, berapa lama durasi perjalanan, seberapa lama lagi perjalanan akan dimulai, apakah mereka menetapkan harga minimum atau maksimum, dan berbagai faktor lainnya.

    Jika Anda tertarik mengetahui detail lebih lanjut, berikut beberapa hal spesifik:

    Memahami para pencari

    Untuk memahami bagaimana tamu menanggapi iklan Anda dalam pencarian sebelumnya, kami mempertimbangkan berbagai sinyal, namun dua faktor penting adalah:

    • Klik dalam hasil pencarian: Bila iklan muncul dalam hasil pencarian, kami menganggap sebagai pertanda baik jika tamu mengeklik iklan tersebut untuk mempelajari lebih lanjut. Guna memastikan agar perhitungan ini adil bagi seluruh komunitas tuan rumah Airbnb, kami hanya memperhitungkan klik dari tamu yang berbeda.
    • Permohonan dari halaman iklan: Kami meninjau seberapa sering tamu mengajukan pemesanan saat mereka melihat iklan Anda. Kami menilai bahwa iklan yang sukses sangat membantu tamu dalam memutuskan apakah ingin memesan.

    Memahami iklan

    Berikut adalah beberapa faktor yang paling dapat dikendalikan oleh tuan rumah:

    • Ulasan: Peringkat pencarian menghitung jumlah perjalanan yang telah diselesaikan, serta ulasan dan penilaian yang diberikan oleh tamu. Meski ulasan positif sangatlah penting untuk meraih peringkat tinggi dalam pencarian, satu atau dua penilaian negatif atau ulasan kosong dari tamu tidak serta-merta berdampak serius pada peringkat Anda.
    • Harga: Kami mendapati bahwa harga adalah salah satu faktor besar yang menentukan keputusan tamu kami saat membandingkan tempat. Untuk itu, Anda sangat perlu menetapkan harga yang kompetitif di pasar Anda.
    • HosTeladan: Meski predikat HosTeladan tidak mendongkrak iklan Anda, berbagai faktor yang membuat Anda mendapatkan status HosTeladan sangat berpengaruh untuk iklan.
    • Iklan baru: Guna memastikan agar tuan rumah yang sama sekali baru berhasil beradaptasi, kami pun memastikan agar tempat baru ditampilkan pada posisi yang baik dalam peringkat pencarian.

    Pengalaman pemesanan tamu

    Cara terbaik untuk memastikan tamu terus memilih Airbnb adalah dengan memastikan pengalaman mereka positif. Oleh karenanya, kami mendongkrak tempat dengan tuan rumah yang terbukti memiliki rekam jejak yang baik dalam menanggapi tamu.

    • Tingkat respons dan waktu respons Jika tidak ada kendala dari faktor lain, menanggapi permohonan dalam 24 jam dapat meningkatkan peringkat Anda dalam hasil pencarian.
    • Penolakan: Bagi tuan rumah yang memilih menggunakan Ajukan Pemesanan, peringkat pencarian memantau berapa banyak tamu yang mengajukan permohonan namun ditolak. Terkadang penolakan tidak terhindarkan, sehingga seperti halnya faktor lain yang serupa dalam peringkat pencarian, kami mencermati pola secara luas dalam periode mingguan ataupun bulanan, ketimbang kejadian penolakan secara satu-persatu.
    • Pemesanan Instan: Tamu Airbnb menghargai pengalaman pemesanan yang cepat dan mudah, dan kemungkinan besar memesan iklan dengan Pemesanan Instan. Pencarian bertujuan untuk menampilkan tempat-tempat yang kemungkinan besar dipesan oleh tamu, dan dalam hal ini, tempat dengan Pemesanan Instan akan terdongkrak peringkatnya oleh algoritme kami. Dan, untuk memastikan, jika iklan dengan Ajukan Pemesanan (tanpa Pemesanan Instan) memiliki performa baik dalam faktor-faktor pengalaman pemesanan lainnya, tidak tertutup kemungkinan iklan tersebut mendapatkan peringkat yang baik pula dalam pencarian.

    Lokasi

    Peringkat pencarian berupaya menampilkan iklan di lokasi yang paling diminati tamu untuk dipesan. Kami mendapati bahwa hal ini membantu tamu menemukan tempat untuk perjalanan mereka, serta mendatangkan lebih banyak pemesanan bagi komunitas tuan rumah Airbnb. Untuk melakukan ini, kami memperhatikan pemesanan terdahulu dari komunitas tamu kami. Kami dapat mempelajarinya saat tamu mencari daerah atau kota tertentu, yang paling mungkin mereka pesan.

    Keterlihatan di hasil pencarian

    Meskipun tidak secara khusus merupakan bagian dari peringkat pencarian, salah satu faktor untuk mendapatkan performa yang baik di hasil pencarian adalah memenuhi syarat dan bisa dilihat di hasil pencarian untuk pasar Anda. Berikut beberapa faktor yang perlu diperhatikan:

    • Penundaan aktivasi: Agar tuan rumah memiliki waktu untuk memeriksa kembali pengaturan mereka, dibutuhkan waktu antara 6 dan 24 jam sejak pembuatan iklan baru hingga muncul pada hasil pencarian.
    • Jumlah malam minimum dan maksimum: Agar muncul dalam pencarian sesuai tanggal yang dicari tamu, iklan harus memiliki jumlah malam minimum dan maksimum yang sesuai. Apabila tuan rumah ingin muncul dalam jumlah pencarian sebanyak-banyaknya, tuan rumah sebaiknya menurunkan jumlah malam minimum dan meningkatkan jumlah malam maksimum sebisa mungkin.
    • Penginapan jangka panjang: Sebagian tamu Airbnb mencari masa inap lebih dari 28 hari. Agar iklan Anda muncul di pencarian seperti ini, Anda perlu menerapkan diskon bulanan pada harga dasar Anda untuk menawarkan harga yang bersaing kepada para tamu.

    Kami terus memperbarui sistem Airbnb untuk mencapai hasil terbaik bagi tuan rumah dan tamu di platform ini. Oleh karena itu, faktor-faktor ini mungkin disesuaikan dan diuji.

    Artikel terkait
    Apakah Anda mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan?