Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.
Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.

Menggunakan balasan cepat untuk menghemat waktu

Templat pesan akan lebih memudahkan Anda dalam mengirimkan detail penting kepada tamu.
Oleh Airbnb pada 4 Des 2025

Tuan rumah pengalaman sering kali harus menjawab pertanyaan yang sama dari tamu yang berbeda: Bagaimana ketersediaan Anda minggu depan? Di mana kita akan bertemu? Bagaimana cara membuat rencana untuk menghadapi cuaca hujan?

Anda bisa menggunakan kembali jawaban Anda—dan menanggapi dengan cepat setiap saat—dengan fitur balasan cepat di tab Pesan.

Apa itu balasan cepat?

Balasan cepat adalah pesan singkat yang sudah ditulis sebelumnya dan disimpan sebagai templat di pengaturan pesan Anda.

Placeholder untuk detail, seperti nama depan tamu, mempersonalisasi setiap pesan dengan mengambil informasi dari iklan Anda atau reservasi.

Buat balasan cepat Anda sendiri atau edit templat Airbnb. Contohnya, jika Anda sering perlu menghubungi tamu yang terlambat, cobalah menyimpan respons standar Anda sebagai balasan cepat.

Anda bisa langsung mengirimkan balasan cepat atau menjadwalkannya untuk dikirimkan secara otomatis nanti.

Bagaimana cara mengirimkan balasan cepat?

Untuk segera mengirim balasan cepat kepada tamu:

  • Buka tab Pesan.
  • Pilih percakapan yang ingin Anda balas.
  • Ketuk tanda tambah (+) di sebelah Tulis pesan.
  • Pilih Kirim balasan cepat.
  • Pilih balasan cepat, yang akan muncul dalam percakapan Anda.
  • Edit pesan atau kirimkan apa adanya.
  • Ketuk tanda panah () untuk mengirimkan pesan.

Tab Pesan juga memiliki balasan yang disarankan, yang menggunakan kecerdasan buatan untuk memahami pertanyaan tamu dan menyarankan salah satu balasan cepat Anda sebagai jawaban. Saran tersebut akan muncul dalam percakapan Anda, dan hanya Anda yang bisa melihatnya. Anda bisa mengedit balasan yang disarankan sebelum mengirimkannya, atau menulis tanggapan lain.

Bagaimana cara menjadwalkan balasan cepat?

Untuk mengirimkan balasan cepat secara otomatis kepada semua tamu:

  • Buka tab Pesan.
  • Ketuk ikon pengaturan di sisi atas layar Anda.
  • Ketuk Kelola balasan cepat.
  • Pilih balasan cepat yang ingin Anda jadwalkan, lalu ketuk Selanjutnya.
  • Ketuk Jadwalkan untuk dan pilih kapan Anda ingin tamu menerima pesan, misalnya saat konfirmasi pemesanan atau 2 jam sebelum pengalaman dimulai.

Pada konfirmasi pemesanan, Anda memiliki 2 opsi: Jadwalkan pesan langsung kepada setiap tamu yang memesan, atau pesan grup setelah tamu pertama memesan. 

Saat Anda menjadwalkan pesan grup, tamu yang memesan pengalaman untuk tanggal dan waktu yang sama akan otomatis ditambahkan ke utas pesan. Mereka bisa membaca semua pesan di utas tersebut, sehingga Anda tidak perlu mengulangi informasi yang sama.

Anda akan melihat pengingat dalam percakapan Anda dengan tamu saat balasan cepat terjadwal akan dikirim. Sesuaikan atau lewatkan pengiriman pesan jika pesan tersebut mengulangi informasi yang sudah Anda bagikan.

Tips menggunakan balasan cepat

Balasan cepat paling cocok digunakan untuk percakapan singkat dan berfokus pada satu topik. Anda akan menemukan templat yang telah ditulis sebelumnya di tab Pesan untuk topik umum seperti ini. Coba kirimkan pada momen-momen penting.

  • Konfirmasi pemesanan: Kirimkan pesan sambutan untuk memperkenalkan diri Anda dan bertanya kepada tamu apakah mereka memiliki pertanyaan atau permohonan khusus, seperti kebutuhan atau preferensi makanan tertentu.
  • Bersiap-siap: Bantu tamu mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman dengan menetapkan ekspektasi, seperti mengirimkan prakiraan cuaca dengan tips mengenai pakaian yang harus dikenakan atau bawaan agar tamu tetap nyaman.
  • Sebelum pengalaman: Hubungi tamu 24 jam sebelumnya untuk mengingatkan mereka mengenai waktu mulai dan titik pertemuan Anda, dengan petunjuk arah yang jelas untuk sampai ke sana.
  • Setelah pengalaman: Bagikan rekomendasi Anda terkait wilayah setempat dan pertimbangkan untuk meminta umpan balik dan ulasan terbuka dari tamu.

Menambahkan foto atau video ke balasan cepat dapat membantu Anda memperkenalkan diri, memberikan gambaran titik pertemuan, atau menunjukkan momen penting dari pengalaman. Contohnya, jika Anda mengambil foto tamu selama aktivitas, lampirkan beberapa foto tersebut ke balasan cepat "setelah pengalaman" sebelum mengirimkannya.

Anda bisa melampirkan file ke pesan kapan saja setelah pemesanan terkonfirmasi. Kirim foto dalam format PNG atau JPG (maksimal 50 MB) dan video dalam format MP4 atau MOV (maksimal 100 MB dan 60 detik).

Pengalaman pengguna bisa bervariasi tergantung lokasi. Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

Airbnb
4 Des 2025
Apakah ini membantu?