Lewatkan, langsung lihat konten
    Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan
    Jawaban untuk wisatawan terkait COVID-19

    Jawaban untuk wisatawan terkait COVID-19

    Ketahui bagaimana Airbnb mendukung Anda dengan opsi pembatalan dan program baru kami.
    Oleh Airbnb pada 10 Mar 2020
    Bacaan 6 menit
    Diperbarui 12 Agu 2020

    Kami tahu ada begitu banyak ketidakpastian mengenai COVID-19 dan apakah pandemi tersebut akan berdampak pada rencana perjalanan Anda atau tidak. Untuk membantu mendukung para wisatawan, kami menghimpun semua pertanyaan Anda dan menjawab beberapa di antaranya di sini. Kami akan terus memperbarui halaman ini seiring perkembangan situasi dan bertambahnya jawaban yang tersedia.

    Saya harus membatalkan perjalanan saya. Apa saja opsi yang saya miliki?
    Tamu yang tidak bisa bepergian karena COVID-19 dengan reservasi yang dipesan pada atau sebelum 14 Maret 2020 mungkin memenuhi syarat untuk melakukan pembatalan tanpa dikenakan biaya. Pelajari lebih lanjut mengenai kebijakan kejadian luar biasa kami

    Anda juga bisa mengunjungi bagian Perjalanan di situs web atau aplikasi Airbnb untuk detail lebih lanjut mengenai opsi pembatalan Anda saat ini. Jika aktivitas perjalanan terus terhambat, opsi ini mungkin akan berubah dalam beberapa minggu mendatang.

    Jika Anda perlu mengubah rencana Anda, harap batalkan sedini mungkin untuk memberikan kesempatan bagi tuan rumah Anda untuk mendapatkan pemesanan lain.

    Namun, harap diperhatikan bahwa tamu yang memesan reservasi baru setelah 14 Maret tidak akan menerima pengembalian uang berdasarkan kebijakan kejadian luar biasa jika mereka membatalkan karena COVID-19, kecuali tamu tersebut sakit.

      Belum lama ini, saya memesan perjalanan melalui Airbnb dan COVID-19 memengaruhi rencana saya. Bisakah saya membatalkan reservasi?
      Tamu yang memesan reservasi baru setelah 14 Maret tidak akan menerima pengembalian uang berdasarkan kebijakan kejadian luar biasa jika mereka membatalkan karena COVID-19, kecuali tamu tersebut sakit. Jadi, pastikan kebijakan pembatalan tuan rumah memberikan fleksibilitas yang cukup. Untuk mengetahui opsi pembatalan yang tersedia untuk reservasi Anda, kunjungi bagian Perjalanan di situs web atau aplikasi Airbnb.

        Saya ingin memesan perjalanan, tetapi saya tidak yakin bagaimana situasi terkait COVID-19 akan terus berkembang. Apa yang harus saya lakukan?
        Kami bisa memahami bila Anda merasa tidak yakin untuk merencanakan pemesanan perjalanan mendatang saat ini. Kami sangat menyarankan agar semua tamu mempertimbangkan dengan cermat kebijakan pembatalan untuk setiap reservasi yang mereka pesan. Tamu yang memesan reservasi baru setelah 14 Maret tidak akan menerima pengembalian uang berdasarkan kebijakan kejadian luar biasa jika mereka membatalkan karena COVID-19, kecuali tamu tersebut sakit.

        Agar Anda merasa lebih tenang, kami menganjurkan Anda untuk mencari tempat dengan kebijakan pembatalan fleksibel. Untuk itu, kami telah menambahkan filter pencarian yang akan memudahkan Anda menemukan dan memesan tempat dengan kebijakan tersebut.

        Bagaimana cara menemukan tempat menginap dengan kebijakan pembatalan fleksibel?
        Kebijakan pembatalan ditetapkan oleh tuan rumah dan dapat bervariasi (fleksibel, sedang, atau ketat). Anda bisa membaca detail mengenai kebijakan pembatalan setiap tempat menginap di halaman utama iklan. Kami telah menambahkan filter baru guna memudahkan Anda mencari tempat dengan kebijakan pembatalan fleksibel. Pelajari lebih lanjut tentang filter baru

        Apa itu kebijakan kejadian luar biasa?
        Kebijakan kejadian luar biasa Airbnb memberi tamu dan tuan rumah opsi untuk membatalkan tanpa penalti apabila mereka terkena dampak kejadian luar biasa, seperti cedera serius atau penyakit, bencana alam, pembatasan perjalanan, dan kejadian tak terduga lainnya. Sebagai respons terhadap pernyataan WHO yang mengumumkan COVID-19 sebagai pandemi, tamu dengan perjalanan yang terkena dampak COVID-19 mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan pengembalian uang penuh atau kredit perjalanan. Untuk mengetahui opsi pembatalan yang tersedia untuk reservasi Anda, kunjungi bagian Perjalanan di situs web atau aplikasi Airbnb.

        Belum lama ini saya memesan perjalanan melalui Airbnb dan saya tidak bisa memutuskan apakah saya sebaiknya tetap melakukan perjalanan tersebut. Apakah sebaiknya saya berangkat?
        Banyak komunitas telah mengeluarkan imbauan perjalanan lokal atau pembatasan sementara untuk penginapan (termasuk sewa jangka pendek). Kami sarankan Anda memeriksa bagian pembatasan dan imbauan perjalanan di Pusat Bantuan untuk mengetahui apakah reservasi Anda terkena dampak. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara kami mendukung komunitas kita selama masa sulit ini, baca informasi terbaru seputar COVID-19 di Pusat Informasi.

        Saya memesan Pengalaman Airbnb yang bersifat tatap muka. Apa yang harus saya ketahui?
        Di sebagian besar negara, kami menghentikan sementara pengalaman tatap muka mulai 18 Maret. Tamu dengan pembatalan yang memenuhi syarat menerima kupon senilai $25 USD, yang kami harapkan dapat mendorong tamu untuk memesan pengalaman di masa mendatang. Sejak itu, kami telah membuka kembali pengalaman di beberapa negara apabila aman dan diizinkan untuk melakukannya, sesuai panduan dari pemerintah dan pakar kesehatan. Kami akan terus menilai pembukaan kembali negara-negara lain setiap dua minggu. Dapatkan detail mengenai pembukaan kembali pengalaman

        Sementara itu, kami gembira mengumumkan peluncuran Pengalaman Online. Bila Anda ingin mempelajari keterampilan baru, terhubung dengan teman-teman melalui aktivitas yang menyenangkan, atau mengikuti aktivitas team-building bersama rekan kerja Anda, sekarang Anda bisa melakukannya dengan aman dari rumah Anda sendiri. Dari belajar rahasia sulap, memasak bersama keluarga Maroko hingga bermeditasi dengan seorang biksu Buddha, ada banyak Pengalaman Online yang dapat Anda jelajahi. Pelajari selengkapnya di Airbnb.com/online-experiences

        Berita tentang COVID-19 terus berkembang setiap hari. Apa cara terbaik bagi saya untuk terus mengikuti informasi ini?
        Kami memperbarui Airbnb.com/COVID setiap hari dan di sana Anda bisa mulai mencari panduan dan informasi terbaru. Untuk segala hal yang berkaitan dengan wilayah atau perjalanan Anda, kami sarankan Anda mengikuti panduan dari pemerintah dan badan kesehatan yang berwenang.

        Seorang tuan rumah baru saja membatalkan reservasi saya. Bagaimana selanjutnya?
        Kami paham pembatalan bisa sangat mengganggu, meskipun alasannya dapat dimaklumi. Harap diingat bahwa tuan rumah yang membatalkan reservasi mungkin terkena dampak COVID-19 atau mengambil langkah tersebut demi membantu melindungi kesejahteraan komunitas ini secara keseluruhan. Lihat artikel Pusat Bantuan ini mengenai perjalanan yang bertanggung jawab untuk informasi lebih lanjut.

        Jika tuan rumah Anda membatalkan, Anda mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan pengembalian uang penuh. Periksa bagian Perjalanan di situs web atau aplikasi Airbnb untuk detail mengenai pengembalian uang Anda.

        Bila Anda masih perlu melakukan perjalanan, kami harap Anda memilih untuk memesan kembali dengan Airbnb. Semoga perjalanan Anda berlangsung dengan aman.

        Apa yang sebaiknya saya lakukan bila merasa tidak nyaman menginap dengan tuan rumah?
        Airbnb berkomitmen pada kesejahteraan dan inklusivitas dalam komunitas kita, dan ini teramat penting di masa sulit seperti ini. Sebelum membatalkan reservasi, harap ingat bahwa Airbnb memiliki kebijakan nondiskriminasi. Pastikan Anda selalu memperlakukan setiap tuan rumah secara inklusif dan penuh rasa hormat. Ini berarti, standar yang sama harus Anda terapkan ketika memesan reservasi dan mengambil keputusan pembatalan. Kami telah menguraikan sejumlah panduan dan pertanyaan yang bisa diajukan untuk membantu Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

        Saya tidak bisa menerima pengembalian uang menurut kebijakan pembatalan tuan rumah saya. Mengapa?
        Airbnb adalah komunitas tamu dan tuan rumah yang bertemu melalui platform ini. Tuan rumah menentukan berapa harga yang ingin mereka kenakan, peraturan spesifik mengenai tempat mereka, dan kebijakan pembatalan mereka. Seringkali, tuan rumah mengandalkan penghasilan dari Airbnb untuk memenuhi kebutuhan mereka, sehingga terkadang mereka sulit membuat pengecualian terhadap kebijakannya.

        Saya memesan tempat menginap di Airbnb untuk suatu acara yang telah dibatalkan. Bisakah saya membatalkan reservasi?
        Kami mengerti banyak wisatawan kami memesan tempat menginap di Airbnb untuk berbagai acara, seperti Coachella, SXSW, Mobile World Congress, dan lainnya. Jika acara yang rencananya akan Anda hadiri telah dibatalkan dan reservasi Anda tidak tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa Airbnb, silakan periksa kebijakan pembatalan reservasi Anda. Selain itu, silakan hubungi tuan rumah Anda secara langsung. Kami telah meluncurkan perangkat yang memungkinkan tuan rumah mengembalikan uang untuk reservasi seperti ini, yang tidak tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa Airbnb.

        Saya memesan properti Airbnb Luxe di area yang terkena dampak. Apakah reservasi saya tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa?
        Kebijakan kejadian luar biasa Airbnb tidak berlaku untuk reservasi Airbnb Luxe atau Luxury Retreats, yang memiliki kebijakan pengembalian uang tamu Luxe tersendiri.

        Saya membutuhkan bantuan. Di mana saya bisa menemukan sumber informasi online?
        Kami tahu terkadang sungguh tidak menyenangkan jika Anda tidak bisa langsung mendapatkan jawaban. Kami berkomitmen untuk membantu Anda memperoleh bantuan dan informasi yang Anda butuhkan, karena itu kami meluncurkan Airbnb.com/COVID dan juga terus menjawab panggilan, obrolan, dan email Anda sesegera mungkin.

        Banyak masalah umum bisa diselesaikan secara online. Anda juga dapat mengunjungi Pusat Bantuan untuk menemukan lebih banyak jawaban.

        Saya masih punya pertanyaan. Siapa yang harus saya hubungi?
        Karena dampak luas wabah COVID-19 terhadap perjalanan global, tim dukungan komunitas Airbnb menerima volume panggilan dan pesan yang luar biasa tinggi. Jika situasi Anda membutuhkan bantuan dari anggota tim dukungan komunitas, kami menghargai bantuan Anda dalam memprioritaskan permohonan yang paling perlu ditanggapi secepatnya. Jika reservasi Anda lebih dari 72 jam lagi, harap hubungi kami saat waktu check-in Anda sudah lebih dekat.

        Sementara itu, kami telah mengembangkan alat layanan mandiri untuk memudahkan Anda menyelesaikan masalah sendiri. Harap kunjungi Airbnb.com/COVID atau Pusat Bantuan untuk sumber daya dan informasi lebih lengkap.

        Kami tahu betapa besar gangguan COVID-19 bagi wisatawan dan kami siap membantu Anda. Terima kasih karena telah bekerja sama dengan kami untuk melindungi keselamatan dan kesejahteraan komunitas ini.

        Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

        Airbnb
        10 Mar 2020
        Apakah ini membantu?