Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan

    Jawaban untuk wisatawan terkait COVID-19

    Ketahui cara Airbnb mendukung Anda dengan opsi perjalanan fleksibel, penginapan yang lebih bersih, dan banyak lagi.
    Oleh Airbnb pada 10 Mar 2020
    Bacaan 6 menit
    Diperbarui 25 Jun 2021

    Kami tahu masih ada begitu banyak ketidakpastian seputar COVID-19 dan apakah situasi pandemi akan berdampak pada rencana liburan Anda saat perjalanan bangkit kembali dalam beberapa bulan ke depan. Untuk membantu mendukung para wisatawan, kami menghimpun semua pertanyaan Anda dan menjawab beberapa di antaranya di sini. Kami akan terus memperbarui halaman ini seiring perkembangan situasi dan bertambahnya jawaban yang tersedia.

    Saya harus membatalkan perjalanan saya. Apa saja opsi yang saya miliki?
    Kebijakan pembatalan ditetapkan oleh Tuan Rumah dan dapat bervariasi. Anda bisa membaca detail mengenai kebijakan pembatalan setiap tempat menginap di halaman utama iklan atau di bagian Perjalanan di situs web atau aplikasi Airbnb untuk reservasi Anda saat ini.

    Tamu yang memesan reservasi baru setelah 14 Maret 2020 tidak akan menerima pengembalian uang berdasarkan kebijakan kejadian luar biasa jika membatalkan karena COVID-19, kecuali tamu tersebut terinfeksi COVID-19. Pelajari lebih lanjut tentang kebijakan kejadian luar biasa Airbnb.

      Saya ingin memesan perjalanan, tetapi saya tidak yakin bagaimana situasi terkait COVID-19 atau pembatasan perjalanan internasional akan terus berubah. Apa yang harus saya lakukan?
      Kami bisa memahami bila Anda merasa tidak yakin untuk merencanakan pemesanan perjalanan mendatang saat ini. Kami sangat menyarankan agar semua tamu mempertimbangkan kebijakan pembatalan untuk setiap reservasi dengan cermat dan memilih iklan yang menawarkan fleksibilitas. Kami telah menambahkan filter guna memudahkan Anda mencari tempat dengan kebijakan pembatalan fleksibel. Kami juga menyiapkan sumber informasi ini untuk membantu wisatawan mempelajari lebih lanjut tentang opsi asuransi perjalanan pihak ketiga. Tamu yang memesan reservasi baru setelah 14 Maret 2020 tidak akan menerima pengembalian uang berdasarkan kebijakan kejadian luar biasa jika membatalkan karena COVID-19, kecuali tamu tersebut terinfeksi COVID-19.

      Bagaimana cara menemukan tempat menginap dengan kebijakan pembatalan fleksibel?
      Kami telah menambahkan filter guna memudahkan Anda mencari tempat dengan kebijakan pembatalan fleksibel. Pelajari lebih lanjut tentang filter ini. Harap diingat bahwa kebijakan pembatalan ditetapkan oleh Tuan Rumah dan dapat bervariasi. Anda bisa membaca detail mengenai kebijakan pembatalan setiap tempat menginap di halaman utama iklan.

      Di mana saya bisa menemukan informasi lebih lengkap mengenai pembatasan dan imbauan perjalanan lokal?
      Banyak komunitas telah mengeluarkan imbauan perjalanan lokal atau pembatasan sementara untuk penginapan (termasuk sewa jangka pendek). Kami sarankan Anda memeriksa pembatasan dan imbauan perjalanan setempat untuk mengetahui apakah masa inap Anda terkena dampak.

      Saya tidak bisa mendapatkan pengembalian uang berdasarkan kebijakan pembatalan Tuan Rumah saya. Mengapa?
      Airbnb adalah komunitas tamu dan Tuan Rumah yang bertemu melalui platform ini. Tuan Rumah menentukan berapa harga yang ingin mereka kenakan, peraturan spesifik mengenai tempat mereka, dan kebijakan pembatalan mereka. Anda bisa membaca detail mengenai kebijakan pembatalan setiap tempat menginap di halaman utama iklan atau di bagian Perjalanan di situs web atau aplikasi Airbnb untuk reservasi Anda saat ini. Sering kali, Tuan Rumah mengandalkan penghasilan dari Airbnb untuk memenuhi kebutuhan mereka, sehingga terkadang mereka sulit membuat pengecualian terhadap kebijakannya.

      Tuan Rumah baru saja membatalkan reservasi saya. Bagaimana selanjutnya?
      Kami paham pembatalan bisa sangat mengganggu, meskipun alasannya dapat dimaklumi. Harap diingat bahwa Tuan Rumah yang membatalkan reservasi mungkin terkena dampak COVID-19 atau mengambil langkah tersebut demi membantu melindungi kesejahteraan komunitas ini secara keseluruhan.

      Jika Tuan Rumah Anda membatalkan, Anda mungkin memenuhi syarat untuk menerima pengembalian uang penuh. Lihat bagian Perjalanan di situs web atau aplikasi Airbnb untuk detail mengenai pengembalian uang Anda.

      Bila Anda masih perlu melakukan perjalanan, kami harap Anda memilih memesan kembali dengan Airbnb.

      Protokol kesehatan, keselamatan, dan kebersihan apa yang berlaku untuk tamu dan Tuan Rumah selama menginap?
      Keselamatan komunitas ini adalah prioritas utama, jadi kami telah menyusun serangkaian praktik keselamatan COVID-19 wajib untuk Tuan Rumah dan tamu penginapan Airbnb, berdasarkan panduan dari pakar seperti Organisasi Kesehatan Dunia dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Tuan Rumah di seluruh dunia berkomitmen pada praktik keselamatan dan kebersihan COVID-19 Airbnb yang telah diperbarui guna memberi Anda rasa tenang. Ketahui selengkapnya di sini.

      Baru-baru ini, kami telah beralih dari persyaratan global untuk mengenakan masker dan menjaga jarak sosial. Sekarang, kami mulai meminta Tuan Rumah dan tamu mematuhi undang-undang dan pedoman setempat karena penginapan Airbnb tersebar di seluruh dunia dan berbagai komunitas kini berada pada tahap upaya pembatasan COVID-19 yang berbeda-beda. Kami sarankan Anda melihat panduan kesehatan dan keselamatan umum untuk keselamatan COVID-19, memantau pembatasan dan imbauan perjalanan pemerintah yang berlaku, dan mengikuti semua panduan nasional dan domestik saat Anda bepergian.

      Saya ingin memesan Pengalaman Airbnb tatap muka. Apa yang harus saya ketahui?
      Kami telah membuka kembali pengalaman tatap muka di lokasi-lokasi yang mengizinkannya, dan memperkenalkan panduan kesehatan dan keselamatan yang mewajibkan Tuan Rumah dan tamu mengenakan alat pelindung wajah dan mempraktikkan jaga jarak sosial apabila diwajibkan oleh undang-undang atau pedoman setempat. Karena pembatasan pemerintah dapat berubah, kami mungkin harus menghentikan sementara pengalaman di suatu area setelah pengalaman tersebut dibuka kembali dan akan memberi tahu Anda bila hal tersebut terjadi. Apabila Anda telah memesan pengalaman tatap muka di lokasi yang dihentikan sementara, Anda akan menerima kupon senilai $25 USD untuk mengikuti pengalaman mendatang. Dapatkan detail mengenai pembukaan kembali

      Jika Anda ingin mengikuti pengalaman tatap muka hanya dengan grup Anda, pertimbangkan untuk membuat pemesanan pribadi. Jika pengalaman tatap muka belum dibuka kembali di komunitas Anda, Anda bisa mengikuti pengalaman online Airbnb. Bila Anda ingin mempelajari keterampilan baru, terhubung dengan teman-teman melalui aktivitas yang menyenangkan, atau mencoba aktivitas team-building bersama rekan kerja Anda, sekarang Anda bisa melakukannya dengan aman dari rumah Anda sendiri. Dari belajar rahasia sulap, memasak bersama keluarga Maroko, hingga bermeditasi bersama biksu Buddha, ada banyak pengalaman online yang dapat Anda jelajahi.

      Apakah tamu harus mematuhi praktik keselamatan COVID-19 Airbnb?
      Karena pandemi masih terus berlanjut, sangatlah penting bagi kita semua untuk berperan dalam melindungi satu sama lain dari COVID-19. Oleh karena itu, kami meluncurkan praktik keselamatan wajib yang harus diikuti oleh semua orang di komunitas Airbnb, berdasarkan panduan dari pakar kesehatan seperti Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS. Sebagai bagian dari praktik keselamatan, tamu dan Tuan Rumah harus setuju—bila diwajibkan oleh undang-undang atau pedoman setempat—untuk mengenakan masker atau penutup wajah saat berinteraksi secara tatap muka dan mempraktikkan jaga jarak sosial.

      Saya memesan tempat menginap di Airbnb untuk acara yang telah dibatalkan. Bisakah saya membatalkan reservasi?
      Kami mengerti banyak wisatawan kami memesan tempat menginap di Airbnb untuk berbagai acara. Jika acara yang rencananya akan Anda hadiri telah dibatalkan dan reservasi Anda tidak tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa Airbnb, silakan periksa kebijakan pembatalan reservasi Anda. Selain itu, silakan hubungi Tuan Rumah Anda secara langsung.

      Apa itu kebijakan kejadian luar biasa?
      Kebijakan kejadian luar biasa Airbnb memberi tamu dan Tuan Rumah opsi untuk membatalkan tanpa penalti apabila mereka terkena dampak kejadian luar biasa, seperti cedera serius atau penyakit, bencana alam, larangan perjalanan, dan kejadian tak terduga lainnya. Tamu yang memesan reservasi baru setelah 14 Maret 2020 tidak akan menerima pengembalian uang berdasarkan kebijakan kejadian luar biasa jika membatalkan karena COVID-19, kecuali tamu tersebut terinfeksi COVID-19. Untuk mengetahui opsi pembatalan yang tersedia untuk reservasi Anda, kunjungi bagian Perjalanan di situs web atau aplikasi Airbnb.

      Saya memesan properti Airbnb Luxe. Apakah reservasi saya tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa?
      Kebijakan kejadian luar biasa Airbnb tidak berlaku untuk reservasi Airbnb Luxe, yang tunduk pada kebijakan pengembalian uang tamu Luxe tersendiri.

      Apakah ada sumber informasi lainnya untuk membantu saya mengetahui informasi terbaru saat bepergian?
      Untuk informasi terkini tentang pembatasan dan panduan perjalanan, lihat sumber informasi ini.

      Untuk membantu memperlambat penyebaran COVID-19, Anda bisa mengunduh aplikasi Exposure Notifications di ponsel Anda. Aplikasi pihak ketiga ini, yang dikembangkan oleh otoritas kesehatan masyarakat di seluruh dunia berdasarkan teknologi dari Google dan Apple, memberi tahu Anda jika Anda mengalami kontak dekat dengan seseorang yang dinyatakan positif COVID-19. Pelajari selengkapnya tentang Exposure Notifications, praktik privasi aplikasi ini, dan cara mendapatkan pemberitahuan.

      Saya memiliki pertanyaan lain. Siapa yang harus saya hubungi?
      Karena dampak luas wabah COVID-19 terhadap perjalanan global, saat ini tim dukungan komunitas Airbnb masih menerima volume panggilan dan pesan yang luar biasa tinggi. Jika situasi Anda membutuhkan bantuan segera dari anggota tim dukungan komunitas, Anda bisa menghubungi kami langsung kapan saja melalui aplikasi.

      Anda juga bisa menemukan jawaban atas banyak pertanyaan Anda di sejumlah perangkat layanan mandiri yang kami kembangkan guna memudahkan Anda menyelesaikan masalah sendiri. Kunjungi sumber informasi ini untuk pembatasan perjalanan terkini atau Pusat Bantuan untuk sumber daya dan informasi lainnya.

      Kami tahu betapa besar gangguan COVID-19 bagi wisatawan dan kami siap membantu Anda. Terima kasih karena telah bekerja sama dengan kami untuk melindungi keselamatan dan kesejahteraan komunitas ini.

      Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

      Airbnb
      10 Mar 2020
      Apakah ini membantu?