Lewatkan, langsung lihat konten
    Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan
    Jawaban untuk wisatawan terkait COVID-19

    Jawaban untuk wisatawan terkait COVID-19

    Ketahui bagaimana Airbnb mendukung Anda dengan opsi pembatalan dan program baru kami.
    Oleh Airbnb pada 10 Mar 2020
    Bacaan 7 menit

    Diperbarui 31 Maret 2020

    Kami mengerti ada begitu banyak ketidakpastian seputar virus corona (COVID-19) dan apakah wabah virus tersebut akan berdampak pada rencana perjalanan Anda atau tidak. Untuk membantu mendukung wisatawan, kami menghimpun pertanyaan Anda dan menjawab sejumlah pertanyaan di sini. Kami akan terus memperbarui halaman ini seiring perkembangan situasi dan bertambahnya jawaban yang tersedia.

    Saya harus membatalkan perjalanan saya. Apa saja opsi saya?
    Karena dampak COVID-19, tamu dengan reservasi yang dipesan pada atau sebelum 14 Maret 2020 dengan check-in antara 14 Maret dan 31 Mei 2020 bisa membatalkan jika mereka tidak bisa bepergian karena COVID-19, dan kami telah memperluas opsi pembatalan untuk tamu tersebut. Kunjungi bagian Perjalanan di situs web atau aplikasi Airbnb untuk detail lebih lanjut mengenai opsi pembatalan Anda.

    Jika Anda perlu mengubah rencana Anda, harap batalkan setidaknya tujuh hari penuh sebelum tanggal check - in Anda guna memberi tahu tuan rumah sejak dini. Jika Anda membatalkan karena COVID-19, Airbnb juga akan membayarkan kepada tuan rumah sebagian nilai yang seharusnya ia terima dari reservasi tersebut dari dana senilai $250 juta USD yang kami siapkan untuk membantu tuan rumah akomodasi yang terkena dampak. Ini adalah cara kami membantu meringankan beban finansial tamu dan tuan rumah kami selama masa krisis ini. Pelajari selengkapnya di Airbnb.com/250MSupport.

    Namun, harap diperhatikan bahwa kebijakan ini tidak mencakup pemesanan yang dibuat setelah 14 Maret—reservasi tersebut akan ditangani sesuai dengan kebijakan pembatalan iklan seperti biasa.

      Belum lama ini, saya memesan perjalanan melalui Airbnb dan COVID-19 memengaruhi rencana saya. Bisakah saya membatalkan reservasi?
      Ini adalah waktu yang membingungkan untuk bepergian dan kami ingin menyediakan informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat untuk Anda dan orang yang Anda cintai. Sebagai respons terhadap pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengumumkan COVID-19 sebagai pandemi, kami telah memperluas opsi pembatalan Airbnb untuk tamu yang memiliki reservasi penginapan yang dipesan pada atau sebelum 14 Maret dengan check-in antara 14 Maret dan 31 Mei 2020. Untuk mengetahui opsi untuk reservasi Anda, kunjungi bagian Perjalanan di situs web atau aplikasi Airbnb.

      Jika check-in Anda pada 1 Juni atau setelahnya, Anda bisa mengubah atau membatalkan reservasi Anda kapan saja sesuai ketentuan kebijakan pembatalan tuan rumah Anda. Kunjungi bagian Perjalanan di situs web atau aplikasi Airbnb untuk detail lebih lanjut mengenai opsi pembatalan Anda.

        *Ini tidak berlaku untuk perjalanan domestik di Tiongkok daratan. Silakan baca di sini untuk informasi selengkapnya. Reservasi Luxe atau Luxury Retreats tunduk pada kebijakan pengembalian uang tamu Luxe tersendiri.

        Saya ingin memesan perjalanan, tetapi saya tidak yakin bagaimana situasi terkait COVID-19 akan berkembang selanjutnya. Apa yang harus saya lakukan?
        Dapat dipahami apabila Anda merasa tidak yakin merencanakan pemesanan perjalanan mendatang saat ini. Kami sangat menyarankan agar semua tamu mempertimbangkan dengan cermat kebijakan pembatalan untuk setiap reservasi dan memilih tempat yang menawarkan fleksibilitas. Kebijakan kejadian luar biasa Airbnb tidak mencakup pemesanan yang dibuat setelah 14 Maret untuk situasi yang terkait COVID-19 atau reservasi yang sudah dimulai.

        Agar Anda merasa lebih tenang, kami menganjurkan Anda mencari tempat dengan kebijakan pembatalan fleksibel. Untuk itu, kami telah menambahkan filter pencarian yang memudahkan Anda menemukan dan memesan iklan yang menawarkan fleksibilitas.

        Bagaimana menemukan tempat menginap dengan kebijakan pembatalan fleksibel?
        Kebijakan pembatalan ditetapkan oleh tuan rumah dan dapat bervariasi (fleksibel, sedang, atau ketat). Anda bisa membaca detail mengenai kebijakan pembatalan setiap tempat menginap di halaman utama iklan. Kami telah menambahkan filter baru guna memudahkan Anda mencari tempat dengan kebijakan pembatalan fleksibel. Pelajari lebih lanjut tentang filter baru

        Apa itu kebijakan kejadian luar biasa?
        Kebijakan kejadian luar biasa Airbnb memberi tamu dan tuan rumah opsi untuk membatalkan tanpa penalti apabila mereka terkena dampak kejadian luar biasa, seperti cedera serius atau penyakit, bencana alam, larangan perjalanan, dan kejadian tak terduga lainnya. Sebagai respons terhadap pernyataan WHO yang mengumumkan COVID-19 sebagai pandemi, Airbnb telah memperluas cakupan kebijakan ini secara global untuk semua reservasi yang memenuhi syarat yang dipesan pada atau sebelum 14 Maret dan dengan tanggal check-in antara 14 Maret dan 31 Mei. Bila reservasi Anda sudah dimulai (waktu check-in telah berlalu), kebijakan tersebut tidak berlaku.

        Belum lama ini saya memesan perjalanan melalui Airbnb, dan saya tidak bisa memutuskan apakah saya sebaiknya tetap melakukan perjalanan. Apakah sebaiknya saya berangkat?
        Kami sarankan Anda mengikuti panduan dari badan pemerintah dan kesehatan yang berwenang. Kami telah menghimpun sejumlah imbauan perjalanan dan sumber informasi bermanfaat guna memudahkan Anda membuat keputusan penting ini.

        Saya telah memesan Pengalaman Airbnb. Apa yang perlu saya ketahui?
        Kami menghentikan sementara semua pengalaman mulai 18 Maret hingga setidaknya 30 April 2020. Kami membuat keputusan yang sulit ini karena pengalaman dirancang untuk menyatukan orang-orang, dan organisasi kesehatan di seluruh dunia telah menyerukan untuk tidak melakukan interaksi semacam ini sebagai salah satu cara terbaik untuk melindungi masyarakat. Semua tamu yang memesan selama periode ini akan menerima pemberitahuan pembatalan dan kupon senilai $25 USD. Kami harap ini memotivasi tamu untuk memesan pengalaman di masa mendatang. Baca artikel Pusat Bantuan ini untuk informasi terbaru.

        Berita tentang COVID-19 terus berkembang setiap hari. Apa cara terbaik bagi saya untuk terus mengikuti informasi?
        Kami memperbarui Airbnb.com/COVID setiap hari dan itu bisa menjadi tempat yang baik untuk mulai mencari informasi terbaru dan panduan. Untuk segala hal yang berkaitan dengan wilayah atau perjalanan Anda, kami sarankan Anda mengikuti panduan dari badan pemerintah dan kesehatan yang berwenang.

        Tuan rumah baru saja membatalkan reservasi saya. Bagaimana selanjutnya?
        Kami paham pembatalan bisa sangat mengganggu, meskipun alasannya dapat dimaklumi. Harap diingat bahwa tuan rumah yang membatalkan reservasi mungkin terkena dampak COVID-19 atau mengambil langkah tersebut demi membantu melindungi kesejahteraan komunitas ini secara keseluruhan.

        Jika tuan rumah Anda membatalkan, Anda mungkin memenuhi syarat untuk menerima pengembalian uang penuh. Periksa bagian Perjalanan di situs web atau aplikasi Airbnb untuk detail mengenai pengembalian uang Anda.

        Bila Anda masih perlu melakukan perjalanan, kami harap Anda memilih memesan kembali dengan Airbnb. Semoga perjalanan Anda berlangsung dengan aman.

        Apa yang sebaiknya saya lakukan bila merasa tidak nyaman menginap dengan tuan rumah?
        Airbnb berkomitmen pada kesejahteraan dan inklusi dalam komunitas ini, yang sangat penting selama masa sulit ini. Sebelum membatalkan reservasi, harap ingat bahwa Airbnb memiliki kebijakan nondiskriminasi. Pastikan Anda selalu memperlakukan setiap tuan rumah secara inklusif dan penuh rasa hormat, yang berarti memastikan bahwa Anda melaksanakan setiap reservasi—mengambil keputusan pembatalan—dengan standar yang sama. Kami telah menguraikan sejumlah panduan dan pertanyaan yang bisa Anda ajukan untuk membantu Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

        Saya tidak bisa menerima pengembalian uang menurut kebijakan pembatalan tuan rumah saya. Mengapa?
        Airbnb adalah komunitas tamu dan tuan rumah yang bertemu melalui platform ini. Tuan rumah menentukan berapa harga yang mereka kenakan, peraturan spesifik mengenai tempat mereka, dan kebijakan pembatalan mereka. Banyak tuan rumah yang mengandalkan penghasilan dari Airbnb untuk memenuhi kebutuhan mereka sehingga mereka sulit membuat pengecualian mengenai kebijakan.

        Saya memesan tempat menginap di Airbnb untuk acara yang telah dibatalkan. Bisakah saya membatalkan reservasi?
        Kami mengerti banyak wisatawan kami memesan tempat menginap di Airbnb untuk berbagai acara, seperti Coachella, SXSW, Mobile World Congress, dan lainnya. Jika acara yang rencananya akan Anda hadiri telah dibatalkan dan reservasi Anda tidak tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa Airbnb, silakan periksa kebijakan pembatalan reservasi Anda. Selain itu, silakan hubungi tuan rumah Anda secara langsung. Kami telah meluncurkan perangkat agar tuan rumah bisa mengembalikan uang untuk reservasi seperti ini, yang tidak tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa Airbnb.

        Saya memesan properti Airbnb Luxe di area yang terkena dampak. Apakah reservasi saya tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa?
        Kebijakan kejadian luar biasa Airbnb tidak berlaku untuk reservasi Airbnb Luxe atau Luxury Retreats, yang tunduk pada kebijakan pengembalian uang tamu Luxe tersendiri.

        Saya membutuhkan bantuan. Di mana saya bisa menemukan sumber informasi online?
        Kami tahu terkadang sungguh tidak menyenangkan jika Anda tidak bisa langsung mendapatkan jawaban. Kami berkomitmen untuk membantu Anda memperoleh bantuan dan informasi yang Anda butuhkan, karena itu kami meluncurkan Airbnb.com/COVID dan juga terus menjawab panggilan, obrolan, dan email Anda sesegera mungkin.

        Banyakmasalah umum bisa diselesaikan secara online. Anda juga dapat mengunjungi Pusat Bantuan untuk menemukan lebih banyak jawaban.

        Saya masih punya pertanyaan. Siapa yang harus saya hubungi?
        Karena dampak luas wabah COVID-19 terhadap perjalanan global, tim dukungan komunitas Airbnb menerima volume panggilan dan pesan yang luar biasa tinggi. Jika situasi Anda membutuhkan bantuan dari anggota tim dukungan komunitas, kami menghargai bantuan Anda dalam memprioritaskan permohonan yang paling perlu ditanggapi secepatnya. Jika reservasi Anda lebih dari 72 jam lagi, harap hubungi kami saat waktu check-in Anda sudah lebih dekat.

        Sementara itu, kami telah mengembangkan alat layanan mandiri untuk memudahkan Anda menyelesaikan masalah sendiri. Harap kunjungi Airbnb.com/COVID atau Pusat Bantuan untuk sumber daya dan informasi lebih lengkap.

        Kami tahu betapa besar gangguan COVID-19 bagi wisatawan dan kami siap membantu. Terima kasih karena telah bekerja sama bersama kami untuk melindungi keselamatan dan kesejahteraan komunitas ini.

        Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak diterbitkan.

        Airbnb
        10 Mar 2020
        Apakah ini membantu?