Lewatkan, langsung lihat konten
Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan
    Konten ini tidak tersedia dalam bahasa yang Anda pilih sehingga kami menyediakannya dalam bahasa yang paling mendekati yang ada saat ini.

    Dapatkan lebih banyak ulasan 5 bintang

    Desainer interior dan HosTeladan mengungkapkan bagaimana mereka menciptakan masa inap yang berkesan.
    Oleh Airbnb pada 13 Apr 2021
    Bacaan 9 menit
    Diperbarui 13 Apr 2021

    Poin utama

    • Atur ekspektasi tamu sebelum mereka memesan

    • Berkomunikasilah dengan tamu secara cepat dan jelas

    • Jaga tempat Anda agar tetap bersih, nyaman, dan rapi

    • Tambahkan sentuhan lokal bila memungkinkan, dari karya seni hingga produk mandi

    • Beri tamu pengalaman yang ingin Anda rasakan sendiri seandainya Anda menginap di tempat tersebut

    • Pelajari lebih lanjut di panduan lengkap Airbnb untuk meningkatkan layanan penerimaan tamu Anda ke level berikutnya

    HosTeladan, pengusaha, dan desainer interior Catherine dan Bryan Williamson dari Beginning in the Middle telah membangun bisnis yang mengedepankan cara-cara merancang penginapan yang layak diberi 5 bintang. Sudah menerima lebih dari 2.000 tamu, mereka akan berbagi kisah dan tips ahli mengenai cara menjadikan rumah Anda tampil berkesan.

    HosTeladan Airbnb Catherine dan Bryan membagikan rahasianya menghadirkan pengalaman bintang 5.

    Catherine: “Bagi kami, memulai bisnis Airbnb dan perusahaan desain adalah ketidaksengajaan yang menyenangkan. Pada tahun 2013, kami pindah dari New York City ke Columbus, Ohio—tempat Bryan tumbuh dewasa. Kami menginginkan ruang lebih luas, serta mencari tempat kami bisa menetap dan membuat sesuatu sendiri. ”

    Bryan: “Kami membeli rumah tiga kamar tidur—dan ternyata ada sisa utang yang perlu kami lunasi. Tapi kami sangat tidak suka jika harus memiliki teman serumah secara tetap.”

    Catherine: “Salah satu teman saya mengenal seseorang yang mengiklankan kamar tidur kosongnya di Airbnb dan menyarankan agar kami mencobanya. Pada saat itu, kami belum tahu apa itu Airbnb. Bryan dan saya berpikir: ‘Oke, jika kita bisa mendapatkan pemesanan 10 malam tahun ini, tentu akan sangat bagus... ’”

    Bryan: “Kami mengiklankannya, dan peminatnya banyak sekali. Tidak lama setelahnya, kami naik kelas dengan mengiklankan seluruh rumah kami. Kami menjelajahi dan menginap di berbagai motel di seluruh penjuru Columbus sampai kami menemukan yang paling tidak buruk. Kami bahkan menginap di sana selama berminggu-minggu pada satu kesempatan. Kami kenal seluruh staf dan kru hotel. Tapi tentu saja itu tidak dapat dipertahankan.”

    Menerima tamu adalah bentuk ekspresi artistik dan kreatif bagi kami.
    Bryan,
    Columbus, Ohio

    Catherine: “Kami melunasi utang kami dan akhirnya membeli rumah lain. Setelah beberapa tahun berlalu, kami mengubah haluan dengan menjual beberapa rumah dan mempertahankan rumah-rumah favorit untuk diiklankan di Airbnb. Kami berhenti dari pekerjaan sehari-hari, membangun studio desain interior kami (Mix Design Collective), merek penyewaan tempat liburan kami (The Village Host), dan memulai blog kami (Beginning in the Middle).”

    Bryan: “Bagi kami, kami sangat peduli dan ingin menciptakan pengalaman istimewa bagi setiap tamu. Dan semangat keramahtamahan tersebut telah memungkinkan kami untuk menciptakan kehidupan yang benar-benar kami sukai. Sebagai tuan rumah, terlepas dari apakah Anda memiliki rumah termewah, jika Anda bisa memberikan masa inap yang luar biasa, ulasan dan tingkat keterhunian tempat Anda akan naik.”

    1. Tetapkan ekspektasi

    Catherine: “Salah satu rahasia mendapatkan ulasan 5 bintang adalah dengan mengatur ekspektasi tamu sebelum mereka menekan tombol Pesan. Rumah kami sudah tua dan sudah banyak yang kami lakukan agar suasananya terasa seperti di rumah, nyaman, dan cantik. Namun, tempat kami tidak sempurna. Jadi, kami mencoba memberikan informasi sebanyak mungkin di awal. Misalnya, lantai dan pintu yang berderit.”

    Bryan: “Kamar mandi kami agak kecil. Dinding salah satu unit kami satu bersinggungan dengan dinding rumah tetangga. Kami memberitahukan hal ini agar tamu paham dan bersikap sopan dan tidak terlalu berisik. Mengadakan pesta TIDAK diperbolehkan.”

    Catherine: “Tempat kami memiliki bak mandi tua model clawfoot yang sedikit lebih tinggi dibandingkan bak mandi standar—ini perlu diketahui tamu yang tamu memiliki kebutuhan aksesibilitas. Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman dengan hal unik ini. Sebagian lainnya mungkin tidak peduli—namun kami mencoba berbicara dengan orang yang kami tahu akan menikmati lingkungan tinggal dan rumah ini.”

    2. Beri respons dengan cepat

    Bryan: “Berkomunikasi dengan tamu secara cepat dan jelas merupakan bagian penting dari pengalaman 5 bintang. Ini membantu menunjukkan kepada tamu bahwa Anda senantiasa peduli.”

    Catherine: “Orang-orang menginap di tempat Anda hanya untuk jangka waktu yang singkat—dan biasanya untuk sesuatu yang penting—jadi Anda tidak ingin tamu menjalani setengah dari masa inapnya tanpa ada respons dari Anda atau meminta Anda memperbaiki sesuatu. Saya biasanya merespons dalam waktu 5 menit, namun bila Anda merasa tidak bisa memberikan tanggapan dalam waktu yang cukup cepat, pertimbangkan untuk merekrut rekan tuan rumah untuk membantu mengurus email dan pesan-pesan Anda. Kami melakukan segala yang kami mampu untuk menunjukkan kepada tamu bahwa kami siap membantu dan kami peduli. Dan terkadang itu berarti meninggalkan apa pun yang sedang Anda lakukan demi memberikan pengalaman 5 bintang.”

    Pelajari tentang bekerja sama dengan rekan tuan rumah

    3. Utamakan tamu

    Catherine: “Berkaitan dengan dekorasi dan tempat Anda, yang terpenting adalah tamu merasa seperti di rumah sendiri saat berada di sana. Luangkan waktu dan tenaga untuk mendekorasi tempat dengan furnitur bernuansa unik—dengan detail dan sentuhan akhir yang dipilih dengan cermat.”

    Bryan: "Dan itu tidak berarti Anda harus merenovasi ulang seluruh dapur Anda dengan marmer atau menggunakan berbagai perlengkapan termewah. Saya rasa yang paling penting adalah tempat yang bersih, nyaman, dan rapi.”

    Catherine: “Tempat harus terasa seperti telah disiapkan khusus untuk tamu. Luangkan waktu untuk menyingkirkan foto-foto pribadi, benda kenangan keluarga, pernak-pernik, sampah, dan segala sesuatu yang mungkin akan membuat tamu merasa seperti berada di rumah orang lain.”

    Bryan: “Satu elemen penting yang layak diinvestasikan adalah tempat tidur yang bagus. Sekali lagi, kasur tidak harus mahal, namun kami akan menambahkan matras penutup dan menyertakan dua jenis bantal: bantal bulu dan alternatifnya.”

    Catherine: “Untuk seprai, kami biasanya menggunakan bahan katun dengan kualitas setidaknya 300-thread count, seperti yang sering digunakan di hotel-hotel. Seprai harus terasa nyaman di kulit dan tidak kasar—karena pada akhirnya, orang-orang memesan tempat Anda untuk menginap di sana. Dan seperti yang kita ketahui—khususnya sebagai orang tua—tidur malam yang nyenyak adalah kemewahan.”

    4. Tambahkan cita rasa lokal

    Catherine: “Ketika tamu datang dan menginap di tempat Anda, ingatlah bahwa Anda tidak sekadar berbagi rumah, namun juga berbagi pengalaman di kota Anda. Kami berusaha membuat suasana tempat terasa lebih pribadi sebisa mungkin. Bisnis kecil memegang peranan penting bagi kami, warga Columbus—dan kami senang melibatkan semua orang.”

    Bryan: "Kadang-kadang, kami akan menyediakan sedikit sampel dari barang-barang lokal yang kami sukai: kartu hadiah kedai kopi lokal untuk mengajak mereka menjelajahi lingkungan ini. Kami menyediakan sampo, kondisioner, dan sabun cuci muka dari perusahaan lokal bernama Cliff Original. Kami menggunakan sabun tangan alami dengan merek Glenn Avenue. Kami menyediakan seri buku The Columbus Book Project, karya seorang pengusaha lokal yang menyoroti para seniman lokal. Columbus adalah kota yang tidak begitu terkenal, namun tempat ini luar biasa untuk ditinggali, tumbuh besar, dikunjungi—dan Columbus juga menawarkan berbagai keistimewaan.”

    Catherine: “Kami senang menunjukkan sudut pandang kami tentang Columbus kepada orang-orang—dan kami gembira ketika dapat menciptakan pengalaman yang membuat orang berkata, ‘Saya ingin pindah ke Columbus.’”

    Bryan: “Ide lain yang kami pertimbangkan untuk mengedepankan komunitas Columbus adalah dengan menggunakan rumah kami sebagai galeri seni atau kelab makan malam untuk memperkenalkan seniman lokal yang mungkin karyanya belum pernah terlihat. Kami ingin menampilkan beberapa karya di setiap rumah dan menggilirnya setiap beberapa bulan. Berpikirlah secara kreatif dan bayangkan berbagai cara agar rumah Anda mencerminkan cita rasa lokal.”

    5. Hadapi hal tak terduga

    Bryan: “Meskipun niat dan upaya terbaik sudah Anda kerahkan demi menciptakan pengalaman 5 bintang, ketahuilah bahwa keadaan darurat bisa saja terjadi dan Anda harus mengatasinya—baik itu AC yang rusak atau tamu yang kecewa. Salah satu situasi terburuk yang pernah kami alami adalah kebocoran pipa yang parah. Kebocoran ini menyebabkan genangan di rumah selama tamu menginap. Mereka terus menelepon kami...”

    Catherine: “… Tapi ponsel saya mati.”

    Bryan: “… Dan itu terjadi pada malam pernikahan mereka.”

    Catherine: “Kejadian itu sangat buruk. Hal itu menjadi pengalaman pembelajaran yang sangat besar bagi kami. Bila hal-hal seperti itu terjadi, ajukan permohonan maaf dan gunakan penilaian terbaik Anda apakah mereka perlu diberi kompensasi atau apakah bingkisan, seperti kue, sebotol anggur, atau voucher hadiah untuk makan malam dapat membantu. Jika tamu benar-benar mengalami masa inap yang buruk, kami akan mengembalikan uang mereka, namun biasanya hal seperti itu tidak terjadi.”

    Bryan: “Kami mencoba menerapkan aturan emas, yaitu memberikan tamu pengalaman yang kami inginkan jika kami sendiri menginap di tempat ini. Menerima tamu adalah bentuk ekspresi artistik dan kreatif bagi kami. Kami mencurahkan perhatian kami ke dalam ruang-ruang ini, kemudian memperkenalkannya kepada dunia supaya orang-orang dapat berinteraksi dengannya. Merasakan apresiasi dari para tamu sungguh berarti bagi kami.”

    Catherine: “Mendapatkan ulasan 5 bintang semakin mengukuhkan semua upaya yang kami lakukan. Saat sedang dalam proses renovasi, kami berharap seseorang akan menghargai upaya ekstra yang kami curahkan. Dan saya pikir, jika hanya berfokus pada nilai investasi properti, Anda akan mudah mengabaikan beberapa sentuhan ekstra ini.”

    Bryan: "Menerima tamu itu tidak mudah. Diperlukan banyak upaya.”

    Catherine: “Namun, hal ini ternyata juga sangat memuaskan dan mengubah hidup kami. Airbnb memungkinkan kami untuk mengejar impian di bidang desain interior dan menemukan rasa cinta kami akan bidang keramahtamahan. Ini memberi kami kemampuan untuk memulai bisnis dan berkembang secara berkelanjutan. Saya pikir jika bukan karena Airbnb, kami akan melalui masa yang jauh lebih sulit saat menjelajahi dunia usaha kecil dan berkembang dari bawah. Hal ini membantu kami menyadari panggilan jiwa kami, yaitu merenovasi ruang untuk dinikmati orang lain.”

    Bryan: “Kami dapat mengasah semangat kewirausahaan dan mengasah kreativitas kami. Hal yang terbaik adalah dapat melakukan sesuatu yang Anda sukai—dan dapat melakukannya untuk diri Anda sendiri.”

    Catherine: "Kami harap tips ini akan membantu Anda memperoleh ulasan 5 bintang lebih banyak lagi.”

    Selamat menerima tamu!
    Catherine, Bryan + Bianca

    Poin utama

    • Atur ekspektasi tamu sebelum mereka memesan

    • Berkomunikasilah dengan tamu secara cepat dan jelas

    • Jaga tempat Anda agar tetap bersih, nyaman, dan rapi

    • Tambahkan sentuhan lokal bila memungkinkan, dari karya seni hingga produk mandi

    • Beri tamu pengalaman yang ingin Anda rasakan sendiri seandainya Anda menginap di tempat tersebut

    • Pelajari lebih lanjut di panduan lengkap Airbnb untuk meningkatkan layanan penerimaan tamu Anda ke level berikutnya
    Airbnb
    13 Apr 2021
    Apakah ini membantu?