Lewatkan, langsung lihat konten
Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan
    Komunikasi yang luar biasa merupakan kunci keberhasilan menerima tamu
    Konten ini tidak tersedia dalam bahasa yang Anda pilih sehingga kami menyediakannya dalam bahasa yang paling mendekati yang ada saat ini.

    Komunikasi yang luar biasa merupakan kunci keberhasilan menerima tamu

    Jaga agar tamu tetap senang dengan bersikap tanggap dan memelihara komunikasi.
    Oleh Airbnb pada 8 Jan 2020
    Bacaan 3 menit
    Diperbarui 10 Mei 2021

    Poin utama

    • Berkomunikasilah secara jelas, segera, dan sering

    • Gunakan perangkat Airbnb: Unduh aplikasi Airbnb, gunakan pesan yang disimpan sebelumnya, tambahkan petunjuk check-in, panduan rumah, dan buku panduan

    • Momen-momen komunikasi utama: 1) permintaan pemesanan 2) setelah pemesanan 3) 24 jam sebelum check-in 4) setelah check-in 5) 24 jam sebelum check-out

    • Pelajari lebih lanjut di panduan lengkap Airbnb untuk memberikan kesan yang baik bagi tamu pertama Anda

    Komunikasi yang baik akan memberikan pengalaman yang positif bagi tamu. Sebagai tuan rumah, ada banyak yang bisa Anda lakukan untuk membantu tamu menikmati masa inap yang menyenangkan (juga mendorong ulasan positif) dengan berkomunikasi dengan jelas dan segera sejak tamu menunjukkan minatnya pada iklan Anda, hingga setelah mereka check-out dari tempat Anda. Di sini, para tuan rumah berpengalaman membagikan strategi kesuksesan mereka.

    Tips untuk komunikasi yang baik:

    Jujur: Tuan Rumah Abhay dari San Francisco mengatakan bahwa ia selalu benar-benar jujur mengenai kelebihan dan keanehan tempat yang ia miliki karena ia tidak menginginkan kejutan apa pun dan mengetahui tamu juga tidak menginginkannya. Misalnya, ia jujur mengatakan bahwa ia memiliki anjing penjaga besar dan bahwa ia menyewakan dua kamar di rumahnya sehingga mungkin ada tamu lain di sana. “Idenya adalah mengatur ekspektasi yang tepat supaya Anda dapat memberikan pengalaman yang benar-benar baik.”

    Selalu siap membantu: Tamu ingin mengetahui bahwa mereka bisa menghubungi Anda bila membutuhkan sesuatu. Tuan rumah yang berpengalaman selalu menghubungi tamunya selama mereka menginap dengan menggunakan pesan dalam aplikasi Airbnb. “Saya selalu siap menjawab pertanyaan tamu secepatnya,” kata tuan rumah Chris dari Cleveland. “Jika ada yang perlu diperbaiki, kami segera menanganinya.”

    Tunjukkan kepedulian: Tindakan kecil yang menunjukkan perhatian bisa memberikan pengalaman menginap yang lebih baik bagi Anda dan tamu Anda. “Ada perasaan bahagia ketika kita bersikap baik kepada orang lain—kepada orang asing yang belum pernah Anda temui—hanya dengan berusaha memberikan sesuatu yang mereka butuhkan,” kata Abhay. Bila timbul masalah, tamu sering mengatakan bahwa yang paling penting bagi mereka adalah bagaimana tuan rumah mereka menanggapinya.

    Berwawasan: Unduh aplikasi Airbnb untuk memudahkan komunikasi di mana saja. Menjaga komunikasi di aplikasi juga akan membantu melindungi Anda karena semua percakapan akan tercatat jika Anda perlu menjadikannya sebagai referensi ketika menghubungi layanan pelanggan. Cara ini juga mempermudah Anda mencari informasi penting seputar tamu. Berkenaan dengan hal tersebut, kebanyakan tuan rumah dan tamu merasakan manfaat pesan teks—ini cara yang bagus untuk menghubungi satu sama lain dengan cepat, terutama di area yang memiliki masalah konektivitas.

    Saat-saat penting untuk berkomunikasi dengan tamu

    Tahap pertanyaan: Ketika tamu mengungkapkan minatnya pada tempat Anda, sebaiknya Anda bersikap responsif. “Saya mencoba memberikan pengalaman yang saya inginkan jika bepergian kepada tamu,” kata Abhay. “Jadi, saya mencoba untuk segera memberikan jawaban.” Bersikap responsif tidak hanya penting untuk membuat tamu senang—tetapi juga merupakan salah satu kriteria untuk menjadi HosTeladan. Jadi, pastikan Anda menanggapi semua pertanyaan tamu dalam waktu 24 jam dengan menyetujui, menolak, atau mengirimkan pesan. Anda merasa harus menjawab pertanyaan yang sama untuk setiap pertanyaan tamu? Hemat waktu Anda dengan membuat templat pesan tersimpan, lengkap dengan jawaban atas pertanyaan yang paling sering ditanyakan.

    Segera setelah pemesanan: Tamu akan sangat senang bila tuan rumah mengirimkan pesan “terima kasih telah memesan”. Ini juga merupakan kesempatan bagi Anda untuk mengajukan pertanyaan penting, seperti tujuan perjalanan mereka dan siapa yang akan ikut bersama mereka.

    Idenya adalah mengatur ekspektasi yang tepat supaya Anda dapat memberikan pengalaman yang benar-benar baik.
    Abhay,
    San Francisco

    Sebelum kedatangan: Biasanya bagian tersulit dari perjalanan adalah mencapai destinasi. Oleh karena itu, detail check-in yang jelas adalah kunci untuk memastikan tamu menikmati kedatangan yang bebas stres. Anda dapat menggunakan fitur petunjuk check-in Airbnb yang akan memberikan semua informasi yang diperlukan untuk mengakses tempat Anda. Tamu akan otomatis menerima petunjuk check-in Anda beberapa hari sebelum jadwal kedatangannya sehingga Anda tidak harus mengirimkan informasi yang sama untuk masing-masing pemesanan.

    Saat check-in: Tuan rumah berpengalaman segera menghubungi tamu begitu mereka tiba untuk memastikan mereka merasa nyaman di rumah dan memberi tahu mereka bahwa Anda selalu siap membantu saat mereka membutuhkan. Jika Anda tidak akan hadir secara langsung untuk mengajak tamu berkeliling, pastikan mereka memiliki akses ke panduan rumah yang mencantumkan informasi unik tempat Anda—misalnya, cara mengoperasikan sistem hiburan, AC, perapian, atau hal lainnya yang akan membantu mereka menikmati masa inapnya.

    Setelah menginap di malam pertama: Banyak tuan rumah mengatakan mereka ingin tetap berhubungan dengan tamu selama mereka menginap. Bersikap proaktif dan bertanya apakah semuanya baik-baik saja akan sangat membantu.

    Sebelum check-out: Sebaiknya Anda mengingatkan tamu di jam berapa mereka harus check-out, di mana harus meninggalkan kunci, dan berbagai hal yang harus mereka lakukan sebelum meninggalkan tempat, seperti membuang sampah. Untuk membantu memperlancar proses keluar dari tempat Anda, Anda juga bisa bertanya apakah tamu membutuhkan informasi mengenai transportasi ke destinasi mereka berikutnya—misalnya, cara terbaik menuju bandara.

    Setelah meninggalkan tempat: Sebagian tuan rumah biasanya mengirimkan pesan terima kasih kepada tamu karena telah menginap di tempatnya. Sebaiknya Anda juga segera memberikan ulasan untuk tamu Anda—ini juga akan mendorong mereka untuk menuliskan ulasan untuk Anda, selagi detail tentang hal-hal yang menjadikan masa inap mereka terasa menyenangkan masih segar dalam ingatan.

    Poin utama

    • Berkomunikasilah secara jelas, segera, dan sering

    • Gunakan perangkat Airbnb: Unduh aplikasi Airbnb, gunakan pesan yang disimpan sebelumnya, tambahkan petunjuk check-in, panduan rumah, dan buku panduan

    • Momen-momen komunikasi utama: 1) permintaan pemesanan 2) setelah pemesanan 3) 24 jam sebelum check-in 4) setelah check-in 5) 24 jam sebelum check-out

    • Pelajari lebih lanjut di panduan lengkap Airbnb untuk memberikan kesan yang baik bagi tamu pertama Anda
    Airbnb
    8 Jan 2020
    Apakah ini membantu?