Lewatkan, langsung lihat konten
    Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan
    5 Mei: Sebuah berita penting dari Airbnb

    5 Mei: Sebuah berita penting dari Airbnb

    COVID-19 telah mengubah industri perjalanan. Hari ini, kami membagikan beberapa berita yang menyedihkan.
    Oleh Airbnb pada 5 Mei 2020
    Bacaan 8 menit
    Diperbarui 6 Mei 2020

    COVID-19 telah mengubah industri perjalanan secara fundamental dan hari ini kami menyampaikan berita yang memberatkan hati bahwa kami tengah melakukan perampingan tenaga kerja Airbnb. Pekan ini, kami berfokus untuk mengurus para karyawan. Untuk itu, kami ingin meminta pengertian dan kesabaran Anda di saat kami meluangkan waktu untuk mendukung mereka. Berikut yang akan Anda dengar pada pekan depan:

    • Kami akan terus merespons media sosial kami, di Pusat Komunitas, dan melalui tim dukungan komunitas Airbnb
    • Kami akan menghubungi dan menjalin kemitraan dengan kelompok kecil yang terdiri dari pemimpin komunitas dari seluruh dunia untuk menghimpun umpan balik dan pertanyaan umum
    • Brian Chesky, CEO kami, akan hadir dalam tayangan langsung Host Update pada tanggal 13 Mei untuk menjawab pertanyaan utama dan mengatasi masalah yang paling penting bagi Anda

    Kami tetap berkomitmen untuk mendukung Anda dan tamu Anda serta membangun kembali bisnis kita bersama-sama. Kami akan segera menghubungi Anda kembali.

    Pada awal hari ini, Co-Founder dan CEO Airbnb Brian Chesky mengirimkan catatan berikut kepada karyawan Airbnb.

    * * *

    Kepada: Tim Global Airbnb
    Judul: Informasi Penting

    Untuk Tim Global Airbnb,

    Ini ketujuh kalinya saya berbicara kepada Anda dari rumah saya. Di setiap perbincangan tersebut, saya telah berbagi kabar baik dan kabar buruk. Namun, hari ini saya harus membagikan kabar yang sangat menyedihkan.

    Ketika Anda bertanya kepada saya tentang pemutusan hubungan kerja, saya mengatakan bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Hari ini, saya harus mengonfirmasikan bahwa kami tengah melakukan perampingan tenaga kerja Airbnb. Bagi perusahaan seperti kami, yang misinya berpusat pada perasaan diterima, hal ini sangat sulit dihadapi, dan akan lebih sulit bagi mereka yang harus meninggalkan Airbnb. Saya akan menyampaikan secara mendetail mengenai bagaimana saya bisa sampai pada keputusan ini, apa yang tengah kami lakukan untuk mereka yang meninggalkan Airbnb, serta apa yang akan terjadi berikutnya.

    Saya akan mulai dengan bagaimana kami sampai pada keputusan ini. Kita bersama-sama menghadapi krisis yang paling mengerikan seumur hidup kita. Ketika krisis ini mulai merebak, industri perjalanan global menjadi terhenti. Bisnis Airbnb telah terpukul keras, dengan pendapatan tahun ini diperkirakan akan kurang dari setengah dari pendapatan kami pada tahun 2019. Menanggapi kondisi tersebut, kami menaikkan modal sebesar $2 miliar USD dan secara dramatis memotong biaya-biaya yang menyentuh hampir semua bagian Airbnb.

    Meskipun tindakan ini diperlukan, kita tentu harus berpikir lebih jauh ketika menghadapi dua kenyataan yang sulit:

    1. Kita tidak tahu persis kapan industri perjalanan akan bangkit.
    2. Ketika industri perjalanan bangkit kembali, situasinya tentu akan berbeda.

    Meskipun kami tahu bahwa bisnis Airbnb akan pulih sepenuhnya, perubahan yang akan dilalui bisnis ini bukanlah bersifat sementara atau berumur pendek. Karenanya, kami harus membuat perubahan yang lebih mendasar terhadap Airbnb dengan melakukan perampingan tenaga kerja di seputar strategi bisnis yang lebih terfokus.

    Dari 7.500 karyawan Airbnb, hampir 1.900 rekan tim harus meninggalkan Airbnb. Jumlah ini setara dengan sekitar 25% perusahaan kami. Karena kami tidak mampu meneruskan semua yang sebelumnya pernah kami lakukan, perampingan karyawan ini harus dipetakan menjadi bisnis yang lebih terfokus.

    Bisnis yang lebih terfokus

    Industri perjalanan di dunia yang baru ini akan terlihat berbeda dan kami harus menyesuaikan perkembangan Airbnb. Orang-orang akan menginginkan opsi yang lebih dekat dengan rumah, lebih aman, dan lebih terjangkau. Tapi, orang-orang juga akan merindukan sesuatu yang rasanya seolah telah direbut dari mereka—hubungan antar manusia. Saat kami memulai Airbnb, kami mengedepankan perasaan diterima dan keakraban. Krisis ini telah mempertajam fokus kami untuk kembali ke akar kami, kembali menjadi dasar, kembali menjadi hal yang benar-benar istimewa tentang Airbnb—orang-orang yang bekerja setiap hari menjadi tuan rumah dan menawarkan pengalaman.

    Ini berarti kami harus mengurangi investasi untuk kegiatan yang tidak secara langsung mendukung kegiatan inti dari komunitas tuan rumah Airbnb. Kami menonaktifkan usaha kami di Transportasi dan Studio Airbnb, dan kami harus mengurangi investasi di Hotel dan Lux.

    Keputusan ini bukanlah cerminan dari pekerjaan orang-orang di tim ini dan tidak berarti semua orang di tim ini akan meninggalkan kami. Selain itu, tim di seluruh Airbnb akan terpengaruh. Banyak tim akan melakukan perampingan berdasarkan seberapa sesuai mereka dengan arah yang dituju Airbnb.

    Bagaimana kami menentukan pengurangan ini

    Kami harus memiliki seperangkat prinsip yang jelas, yang dipandu oleh nilai-nilai pokok yang menjadi pendekatan kami dalam menentukan pengurangan tenaga kerja. Berikut prinsip panduan kami:

    • Memetakan semua pengurangan ke strategi bisnis masa depan dan kapabilitas yang akan kami butuhkan.
    • Melakukan yang terbaik untuk mereka yang terkena dampak.
    • Mempertahankan komitmen kami terhadap keragaman.
    • Mengoptimalkan komunikasi empat mata bagi mereka yang terkena dampak.
    • Menunggu penyampaian keputusan hingga semua detail siap—transparansi informasi yang setengah-setengah hanya akan memperburuk keadaan.

    Saya telah melakukan yang terbaik untuk tetap mempertahankan prinsip ini.

    Proses perampingan tenaga kerja

    Proses ini dimulai dengan menciptakan strategi bisnis yang lebih terfokus yang dibangun berdasarkan model biaya berkelanjutan. Kami menilai bagaimana setiap tim dipetakan dalam strategi baru kami, dan kami menentukan ukuran dan bentuk masing-masing tim ke depannya. Kemudian, kami melakukan peninjauan komprehensif terhadap setiap anggota tim dan membuat keputusan berdasarkan keterampilan kritis dan seberapa sesuai keterampilan tersebut bagi kebutuhan bisnis kami di masa depan.

    Hasilnya adalah kami harus berpisah dengan rekan tim yang kami cintai dan hargai. Ada banyak orang hebat yang meninggalkan Airbnb dan perusahaan lain akan beruntung memiliki mereka.

    Sebagai bentuk perhatian kami bagi mereka yang akan pergi, kami telah meninjau seluruh pesangon, ekuitas, layanan kesehatan, dan dukungan pekerjaan serta melakukan yang terbaik dengan memperlakukan semua orang dengan penuh kepedulian dan perhatian.

    Pesangon

    Pekerja di AS akan menerima 14 minggu gaji pokok, ditambah satu minggu ekstra untuk setiap tahun masa kerja di Airbnb. Masa kerja akan dibulatkan ke tahun terdekat. Contohnya, jika seseorang telah bekerja di Airbnb selama 3 tahun 7 bulan, ia akan mendapatkan gaji tambahan 4 minggu, atau 18 minggu dari total gaji. Di luar AS, semua karyawan akan menerima setidaknya 14 minggu gaji, ditambah peningkatan masa kerja yang sesuai dengan praktik yang berlaku di negara mereka.

    Ekuitas

    Kami meniadakan aturan bekerja satu tahun untuk mendapatkan ekuitas (perolehan modal saham) bagi mereka yang kami pekerjakan dalam setahun terakhir sehingga semua orang yang meninggalkan Airbnb, terlepas dari berapa lama mereka bekerja, adalah pemegang saham Airbnb. Selain itu, semua karyawan yang meninggalkan Airbnb memenuhi syarat untuk tanggal vesting 25 Mei.

    Fasilitas kesehatan

    Di tengah-tengah krisis kesehatan global yang tidak diketahui akan berlangsung berapa lama, kami ingin membatasi beban biaya perawatan kesehatan. Di AS, kami akan menanggung asuransi kesehatan 12 bulan melalui COBRA. Untuk negara lain, kami akan menanggung biaya asuransi kesehatan sampai dengan akhir tahun 2020. Hal ini disebabkan, kami secara hukum tidak dapat melanjutkan pertanggungan, atau rencana anggaran kami saat ini tidak memungkinkan untuk memperpanjang asuransi. Kami juga akan memberikan bantuan kesehatan mental selama empat bulan melalui KonTerra.

    Dukungan pekerjaan

    Tujuan kami adalah menghubungkan rekan tim yang meninggalkan Airbnb dengan peluang pekerjaan baru. Berikut ini lima cara yang dapat kami bantu:

    • Direktori Alumni—Kami akan meluncurkan situs web yang dapat diakses publik untuk membantu rekan tim yang meninggalkan Airbnb menemukan pekerjaan baru. Karyawan yang meninggalkan Airbnb dapat memilih untuk menampilkan profil, resume, dan contoh hasil kerja yang dapat diakses oleh calon pemberi kerja.
    • Tim Penempatan Alumni—Selama sisa tahun 2020, sebagian besar tim Perekrutan Airbnb akan menjadi Tim Penempatan Alumni. Perekrut yang masih bersama kami akan memberikan dukungan kepada karyawan yang meninggalkan Airbnb untuk membantu mereka menemukan pekerjaan berikutnya.
    • RiseSmart—Kami menawarkan layanan karier selama empat bulan melalui RiseSmart, sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam layanan transisi karier dan penempatan kerja.
    • Dukungan Alumni yang Ditawarkan Karyawan—Kami mengajak seluruh karyawan yang masih bekerja untuk bergabung dalam program yang dapat membantu rekan tim yang meninggalkan Airbnb menemukan pekerjaan mereka selanjutnya.
    • Laptop—Komputer adalah alat penting untuk menemukan pekerjaan baru. Karena itu, kami mengizinkan setiap orang yang meninggalkan Airbnb untuk membawa laptop Apple mereka.

    Ini yang akan terjadi selanjutnya

    Saya ingin memberikan kejelasan kepada Anda semua sesegera mungkin. Kami memiliki karyawan di 24 negara dan waktu yang dibutuhkan untuk memberikan kejelasan akan bervariasi sesuai undang-undang dan praktik yang berlaku di wilayah setempat. Beberapa negara mewajibkan agar pemberitahuan tentang pekerjaan disampaikan dengan cara yang sangat spesifik. Meskipun proses yang kami lakukan bisa berbeda di tiap negara, kami mencoba untuk memberikan perencanaan yang matang bagi setiap karyawan.

    Di AS dan Kanada, saya dapat memberikan kejelasan segera. Dalam beberapa jam ke depan, Anda yang meninggalkan Airbnb akan menerima undangan kalender untuk menghadiri pertemuan dengan pemimpin senior di departemen Anda terkait kepergian Anda dari Airbnb. Bila memungkinkan secara hukum, kami harus menyampaikan informasi ini melalui percakapan pribadi empat mata. Hari terakhir bekerja bagi karyawan berbasis di AS dan Kanada yang akan meninggalkan Airbnb adalah Senin, 11 Mei. Menurut kami, hari Senin akan memberi mereka cukup waktu untuk mulai mengambil langkah-langkah berikutnya dan mengucapkan selamat tinggal—kami memahami dan menghormati betapa pentingnya hal ini.

    Beberapa karyawan yang tetap tinggal akan memiliki jabatan baru, dan akan menerima undangan pertemuan dengan judul “Jabatan Baru” untuk dipelajari lebih lanjut. Bagi Anda di AS dan Kanada yang tetap berada di tim Airbnb, Anda tidak akan menerima undangan kalender.

    Pada pukul 18.00 Waktu Pasifik, saya akan mengadakan pertemuan dunia@ untuk tim Asia-Pasifik Airbnb. Pada pukul 00.00 Waktu Pasifik, saya akan mengadakan pertemuan dunia@ untuk tim Eropa dan Timur Tengah Airbnb. Setelah masing-masing pertemuan ini, kami akan melanjutkan ke langkah berikutnya di masing-masing negara berdasarkan praktik setempat yang berlaku.

    Saya telah meminta semua pemimpin Airbnb untuk menunggu dan mengumpulkan tim mereka sampai akhir minggu ini demi menghormati rekan tim yang terkena dampak. Saya ingin memberi waktu kepada semua orang dalam beberapa hari berikutnya untuk memahami hal ini, dan saya akan mengadakan Tanya Jawab CEO lagi, Kamis ini pukul 16.00 Waktu Pasifik.

    Beberapa kata terakhir

    Seperti yang saya pelajari selama delapan minggu terakhir, krisis membuat Anda memahami hal yang benar-benar penting. Meskipun kita telah melalui kondisi sulit, beberapa hal kini tampak lebih jelas bagi saya dibanding sebelumnya.

    Pertama, saya berterima kasih untuk semua orang di Airbnb. Di sepanjang pengalaman yang menakutkan ini, saya mendapatkan inspirasi dari Anda semua. Bahkan dalam keadaan terburuk, saya telah melihat sisi terbaik dari diri kita. Dunia membutuhkan hubungan antar manusia pada masa sekarang ini lebih dari sebelumnya, dan saya tahu Airbnb akan mampu melakukannya. Saya percaya akan hal ini karena saya percaya kepada Anda.

    Kedua, saya menyimpan rasa cinta yang mendalam terhadap Anda semua. Misi kami bukan hanya tentang perjalanan. Saat memulai Airbnb, tagline kami yang semula adalah, “Bepergian secara manusiawi”. Bagian manusiawinya selalu lebih penting dibandingkan bagian perjalanannya. Kita selalu mengedepankan perasaan diterima, dan yang menjadi pusat dari perasaan diterima ini adalah cinta.

    Bagi Anda yang tetap di Airbnb,

    Salah satu cara terpenting untuk menghormati mereka yang akan pergi adalah membuat mereka tahu bahwa kontribusi mereka penting, dan mereka akan selalu menjadi bagian dari kisah Airbnb. Saya yakin hasil kerja mereka akan terus memberi dampak, sama seperti misi ini akan terus berjalan.

    Untuk mereka yang meninggalkan Airbnb,

    saya turut prihatin. Harap diingat bahwa ini bukan salah Anda. Dunia tidak akan pernah berhenti mencari kualitas dan bakat yang Anda bawa ke Airbnb...yang telah membantu membangun Airbnb. Saya ingin mengucapkan terima kasih, dari lubuk hati saya, atas kualitas dan bakat yang telah Anda berikan kepada kami.

    Brian

    Airbnb
    5 Mei 2020
    Apakah ini membantu?