Lewatkan, langsung lihat konten
Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan

    Memahami setiap langkah proses pemesanan

    Pelajari cara menangani permohonan pemesanan, berkomunikasi secara efisien, dan banyak lagi.
    Oleh Airbnb pada 9 Feb 2021
    Bacaan 3 menit
    Diperbarui 9 Feb 2021

    Poin utama

    • Tanggapi pertanyaan dan permohonan dalam 24 jam

    • Buat pesan terjadwal untuk mengotomatiskan komunikasi dengan tamu
    • Perbarui pengaturan pemesanan Anda
    • Temukan selengkapnya di panduan lengkap kami untuk membuat iklan yang sukses

    Sebagai tuan rumah, komunikasi adalah hal yang penting. Mulai pesan pertama yang Anda terima dari tamu hingga pesan terakhir yang Anda kirimkan setelah tamu check-out, komunikasi yang jelas akan selalu dihargai—dan membantu membuat proses pemesanan berjalan lancar.

    Lebih memahami cara kerja berbagai hal—dari informasi tentang berbagai status reservasi hingga cara tamu memesan tempat Anda—akan meningkatkan komunikasi Anda dan membantu menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi tamu Anda secara keseluruhan.

    Menerima permintaan pemesanan

    Meski sebagian tamu ingin sesegera mungkin memesan tempat yang diinginkan, tamu lainnya lebih suka mengumpulkan lebih banyak info terlebih dahulu sebelum memesan. Misalnya, tamu mungkin ingin menanyakan tentang check-in lebih awal atau harga diskon, ingin mengetahui informasi spesifik mengenai lokasi Anda, atau menanyakan fasilitas di tempat Anda.

    Tamu bisa mengirimkan pertanyaan pemesanan awal kepada Anda menggunakan tautan “Hubungi tuan rumah” yang ditampilkan pada semua iklan. Anda bisa memberikan tanggapan dengan salah satu cara berikut:

    Sekalipun Anda menggunakan Pemesanan Instan, tamu bisa mengirimkan pertanyaan pemesanan kepada Anda terlebih dahulu untuk memastikan mereka memiliki info yang memadai sebelum memesan reservasi. Ingatlah bahwa tingkat respons Anda mencatat seberapa konsisten Anda menanggapi permintaan dan permohonan pemesanan tamu dalam waktu 24 jam, dan sebaiknya Anda menghubungi calon tamu sesegera mungkin.

    Pelajari lebih lanjut mengenai pertanyaan pemesanan

    Mengotomatiskan proses pemesanan

    Pemesanan Instan memungkinkan tamu memesan tempat Anda secara langsung pada tanggal yang tersedia, sehingga Anda tidak perlu meninjau dan menyetujui setiap permohonan pemesanan satu demi satu. Begitu ada tamu yang memesan tempat Anda menggunakan Pemesanan Instan, Anda akan menerima notifikasi.

    Setelah itu, Anda bisa berkomunikasi dengan tamu sesuai kebutuhan untuk menyampaikan informasi spesifik dan bermanfaat yang mereka butuhkan untuk menikmati masa inapnya.

    Menanggapi permohonan pemesanan

    Beberapa tuan rumah, terutama yang memiliki tempat unik atau jadwal yang tidak konsisten, memilih untuk tidak mengaktifkan Pemesanan Instan dan mewajibkan permohonan pemesanan manual. Begitu tamu Anda mengirimkan permohonan pemesanan manual, Anda memiliki waktu 24 jam untuk menanggapinya.

    “Tanggapan yang cepat sangat penting bila Anda ingin menjadi HosTeladan,” Damla, tuan rumah di Istanbul. “Setelah memulai percakapan, orang biasanya sangat mengharapkan tanggapan. Sederhananya, tanggapilah sesegera mungkin saat seseorang mengirimkan pesan untuk Anda.”

    Memahami status reservasi

    Status reservasi tamu Anda akan bervariasi di sepanjang proses pemesanan, dan mungkin terlihat sebagai berikut:

    • Menunggu verifikasi, bila tamu sedang menunggu konfirmasi atau penolakan Anda atas permohonan mereka—atau jika mereka harus memverifikasikan identitasnya
    • Terkonfirmasi, setelah Anda menyetujui reservasi
    • Menunggu pembayaran, jika Anda sudah menyetujui permohonan reservasi, namun pembayaran belum diproses
    • Ditolak, jika Anda tidak bisa menerima tamu
    • Kedaluwarsa, bila Anda tidak menanggapi permohonan reservasi dalam waktu 24 jam
    • Dibatalkan, jika Anda atau tamu membatalkan reservasi terkonfirmasi, atau bila tamu membatalkan permohonan reservasi berstatus menunggu

    Begitu reservasi terkonfirmasi, status tersebut akan berubah menjadi:

    • Mendatang, satu minggu sebelum tamu Anda dijadwalkan untuk check-in
    • Menunggu ulasan, setelah tamu menyelesaikan perjalanan dan Anda menunggu umpan balik mereka

    Pelajari selengkapnya mengenai status reservasi

    Memanfaatkan pesan terjadwal untuk kemudahan Anda

    Tamu Anda mungkin akan membutuhkan detail lebih lanjut setelah memesan tempat Anda, termasuk petunjuk arah ke properti Anda, petunjuk check-out, atau tips untuk menjelajahi lingkungan tinggal Anda.

    Perangkat pesan terjadwal kami membantu mempermudah proses ini. Gunakan perangkat ini untuk mengirimkan pesan secara otomatis setelah tamu melakukan tindakan tertentu, seperti memesan atau check-in, untuk memberikan informasi yang mereka butuhkan—saat mereka membutuhkannya.

    "Saya menjadwalkan lima pesan: pasca-pemesanan, sebelum kedatangan, setelah kedatangan, petunjuk check-out, dan setelah keluar," kata Larry, tuan rumah di Saint George, Kanada. “Pesan dapat disesuaikan dan Anda bisa menghapus pesan tertentu dan menyesuaikannya untuk tamu khusus. Secara umum, ini peningkatan yang baik dan sepadan dengan waktu yang Anda gunakan untuk mengaturnya."

    Pelajari cara membuat pesan terjadwal

    Berkomunikasi dengan jelas kepada tamu

    Sebagai tuan rumah, Anda menyediakan lebih dari sekadar tempat bagi tamu untuk bekerja, bermain, dan menjelajah—Anda juga membantu membangun komunitas yang membuat semua orang merasa diterima. Komunikasi memainkan peranan penting dalam mewujudkan hal tersebut.

    Melalui komunikasi langsung dan pesan terjadwal, Anda bisa dengan mudah menghubungi tamu Anda selama proses pemesanan berlangsung dan setelahnya. Dengan berkomunikasi lebih awal dan sering, Anda dapat membantu menetapkan ekspektasi dan mengupayakan masa inap yang lebih baik bagi tamu Anda.

    Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

    Poin utama

    • Tanggapi pertanyaan dan permohonan dalam 24 jam

    • Buat pesan terjadwal untuk mengotomatiskan komunikasi dengan tamu
    • Perbarui pengaturan pemesanan Anda
    • Temukan selengkapnya di panduan lengkap kami untuk membuat iklan yang sukses
    Airbnb
    9 Feb 2021
    Apakah ini membantu?