Lewatkan, langsung lihat konten
Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan

    Menentukan strategi harga

    Dapatkan lebih banyak pemesanan dan tingkatkan penghasilan Anda dengan harga yang tepat.
    Oleh Airbnb pada 1 Des 2020
    Bacaan 3 menit
    Diperbarui 19 Mar 2021

    Poin utama

    • Tetapkan harga yang lebih rendah untuk tempat baru agar pemesanan yang diperoleh meningkat

    • Tingkatkan penghasilan Anda dengan menyesuaikan harga secara musiman, di akhir pekan, dan untuk acara khusus atau hari libur

    • Perbarui harga Anda
    • Ketahui lebih lanjut dalam panduan lengkap Airbnb untuk membuat iklan yang sukses

    Apa pun tujuan keuangan Anda, kuncinya ada pada strategi harga yang cerdas. Namun, untuk mencapai target penghasilan Anda mungkin dibutuhkan sedikit upaya penyeimbangan, dengan variabel yang berubah setiap hari dan setiap minggunya. Berikut beberapa informasi yang bisa membantu Anda, serta beberapa perangkat dan kiat untuk mempermudah prosesnya.

    Berpikir seperti tamu

    Harga merupakan salah satu faktor utama yang dipertimbangkan tamu saat menentukan di mana akan menginap. Tidak peduli seberapa indah tempat Anda, jika harganya lebih tinggi dari tempat lain yang sebanding di area yang sama, kemungkinan besar Anda akan kehilangan pemesanan. Anda juga harus memperhatikan bahwa harga yang Anda tetapkan bukanlah harga akhir yang akan dibayarkan tamu. Pastikan Anda memperhitungkan biaya layanan tamu, segala biaya tambahan yang akan Anda kenakan (seperti biaya kebersihan atau biaya tamu tambahan), dan pajak di daerah Anda ketika menentukan harga yang sesuai untuk Anda dan tamu Anda.

    Lakukan sedikit riset pasar

    Mulailah dengan mencari tempat serupa di area Anda di Airbnb, dengan mempertimbangkan:

    • Tipe properti Anda (kamar pribadi, seluruh rumah, dll.)
    • Jumlah tempat tidur/kamar tidur yang Anda sediakan
    • Jumlah tamu yang bisa Anda layani
    • Fasilitas yang tersedia

    Pastikan untuk memeriksa beberapa tanggal di masa mendatang. Tempat dengan harga bersaing cenderung dipesan lebih cepat. Jadi, jangan membuat kesalahan dengan membandingkan tempat dengan properti yang baru akan tersedia satu atau dua minggu lagi. Kemungkinan besar tempat seperti ini tidak akan dipesan karena harganya terlalu tinggi. Berpikir ke depan juga akan membantu Anda mempelajari bagaimana tuan rumah di dekat Anda menyesuaikan harga untuk musim tertentu, di akhir pekan, dan untuk acara khusus atau hari libur.

    Pertimbangkan lokasi dan fasilitas Anda

    Ingatlah bahwa hal-hal yang Anda pertimbangkan dalam harga Anda mungkin tidak jelas bagi tamu. Contohnya, keamanan dan keindahan lingkungan tempat tinggal Anda mungkin tidak berarti apa-apa bagi mereka yang tidak mengenal kota Anda. Jadi, pastikan Anda menjelaskannya di iklan Anda. Aspek keramahtamahan yang hebat, seperti sarapan atau paket sambutan lengkap, mungkin bisa dijadikan alasan untuk mengenakan harga yang lebih tinggi, tetapi Anda harus benar-benar menjelaskannya lewat iklan dan foto Anda.

    Tampil menonjol dengan harga menarik

    “Bila Anda baru saja memulai, sebaiknya harga Anda lebih kompetitif,” kata Ros, tuan rumah dari Durban, Afrika Selatan. Tamu biasanya ragu untuk memesan tempat yang tidak memiliki ulasan. Jadi, untuk tuan rumah baru, menetapkan harga sedikit lebih rendah dari angka ideal Anda adalah cara terbaik untuk memikat tamu. Ketika Anda sudah memiliki beberapa ulasan positif, Anda bisa menaikkan harga agar sesuai dengan permintaan di daerah Anda. Harga yang bersaing juga bisa membantu tempat Anda berada di peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian.

    Gunakan perangkat Smart Pricing

    Ingin pengaturan harga yang lebih pasti? Aktifkan Smart Pricing. Perangkat harga Airbnb memperhitungkan lebih dari 70 faktor yang berbeda—ditambah kontrol yang telah Anda tetapkan—untuk menentukan harga terbaik untuk setiap malam yang tersedia pada kalender Anda. Harga Anda akan diperbarui secara otomatis dengan memperhitungkan berbagai hal, seperti:

    • Waktu tunggu: Ketika tanggal check-in makin dekat
    • Popularitas lokal: Jumlah orang yang mencari penginapan di area Anda
    • Musiman: Perubahan musiman yang dapat diprediksi untuk permintaan penginapan di area Anda
    • Popularitas tempat: Berapa kali iklan tempat Anda ditayangkan dan dipesan
    • Riwayat ulasan: Jumlah ulasan positif dari masa inap yang sukses di tempat Anda

    Agar harga tempat Anda selalu sesuai dengan kebutuhan Anda, pastikan untuk menetapkan harga per malam minimum di perangkat Smart Pricing. Tarif Anda tidak akan pernah turun di bawah batas tersebut. Dan bila Anda tidak puas dengan harga yang ditetapkan oleh perangkat ini, Anda cukup mengetikkan harga baru di kalender Anda.

    Temukan cara yang sesuai dengan kondisi Anda

    Mungkin perlu waktu dan sedikit coba-coba untuk mendapatkan harga yang tepat. Anda sebaiknya bersikap fleksibel dan tetap fokus pada kepuasan tamu. Lagi pula, ulasan positif yang makin banyak akan dapat membantu meningkatkan bisnis penerimaan tamu Anda.

    Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

    Poin utama

    • Tetapkan harga yang lebih rendah untuk tempat baru agar pemesanan yang diperoleh meningkat

    • Tingkatkan penghasilan Anda dengan menyesuaikan harga secara musiman, di akhir pekan, dan untuk acara khusus atau hari libur

    • Perbarui harga Anda
    • Ketahui lebih lanjut dalam panduan lengkap Airbnb untuk membuat iklan yang sukses
    Airbnb
    1 Des 2020
    Apakah ini membantu?