Menggunakan balasan cepat untuk menghemat waktu
Tuan Rumah sering kali harus menjawab pertanyaan yang sama dari tamu yang berbeda: Apakah rumah Anda tersedia pada bulan Juni? Bisakah Anda mengirimkan petunjuk arah kepada saya? Apa kata sandi wifi Anda?
Anda bisa menggunakan kembali jawaban Anda—dan menanggapi dengan cepat setiap saat—dengan fitur balasan cepat di tab Pesan.
Apa itu balasan cepat?
Balasan cepat adalah pesan singkat yang sudah ditulis sebelumnya dan disimpan sebagai templat di pengaturan pesan Anda.
Placeholder untuk detail, seperti nama depan tamu, mempersonalisasi setiap pesan dengan mengambil informasi dari iklan Anda atau reservasi.
Buat balasan cepat Anda sendiri atau edit templat Airbnb. Contohnya, jika Anda sering menjawab pertanyaan tentang pemanggang luar ruangan Anda, cobalah menyimpan respons standar Anda sebagai balasan cepat.
Anda bisa langsung mengirimkan balasan cepat atau menjadwalkannya untuk dikirimkan secara otomatis nanti.
Bagaimana cara mengirimkan balasan cepat?
Untuk segera mengirimkan balasan cepat kepada tamu:
- Buka tab Pesan.
- Pilih percakapan yang ingin Anda balas.
- Ketuk tanda tambah (+) di sebelah Tulis pesan.
- Pilih Kirim balasan cepat.
- Pilih balasan cepat, yang akan muncul dalam percakapan Anda.
- Edit pesan atau kirimkan apa adanya.
- Ketuk tanda panah (↑) untuk mengirimkan pesan.
Tab Pesan juga memiliki balasan yang disarankan, yang menggunakan kecerdasan buatan untuk memahami pertanyaan tamu dan menyarankan salah satu balasan cepat Anda sebagai jawaban. Saran tersebut akan muncul dalam percakapan Anda, dan hanya Anda yang bisa melihatnya. Anda bisa mengedit balasan yang disarankan sebelum mengirimkannya, atau menulis tanggapan lain.
Bagaimana cara menjadwalkan balasan cepat?
Untuk mengirimkan balasan cepat secara otomatis kepada semua tamu:
- Buka tab Pesan.
- Ketuk ikon pengaturan di sisi atas layar Anda.
- Ketuk Kelola balasan cepat.
- Pilih balasan cepat yang ingin Anda jadwalkan, lalu ketuk Selanjutnya.
- Ketuk Jadwalkan untuk dan pilih kapan Anda ingin tamu menerima pesan, misalnya 5 menit setelah tamu memesan atau 1 hari sebelum check-in pukul 10.00.
Anda akan melihat pengingat dalam percakapan Anda dengan tamu saat balasan cepat terjadwal akan dikirim. Sesuaikan atau lewatkan pengiriman pesan jika pesan tersebut mengulang informasi yang sudah Anda bagikan.
Tips menggunakan balasan cepat
Balasan cepat paling cocok digunakan untuk percakapan singkat dan berfokus pada satu topik. Anda akan menemukan templat yang telah ditulis sebelumnya di tab Pesan untuk topik umum seperti ini.
- Ketersediaan tempat: Beri tahu tamu bahwa mereka bisa memesan tanggal yang tersedia di kalender Anda.
- Pengaturan tempat tidur: Konfirmasikan jumlah kamar tidur, tempat tidur, dan kamar mandi yang ditawarkan penginapan Anda.
- Check-in awal: Setujui permohonan tamu untuk tiba di penginapan sebelum waktu check-in reguler Anda.
- Petunjuk arah dan transportasi: Konfirmasikan alamat penginapan, dengan petunjuk untuk menuju lokasi tersebut.
- Wifi: Sediakan jaringan wifi dan kata sandinya di penginapan atau lokasi Anda.
- Check-out terlambat: Setujui permohonan tamu untuk meninggalkan penginapan setelah waktu check-out reguler Anda.
Anda bisa menyesuaikan templat yang sudah ditulis sebelumnya sebelum mengirimkannya atau membuat templat Anda sendiri. Cobalah menjadwalkan balasan cepat pada momen penting seperti berikut.
- Konfirmasi pemesanan: Kirimkan pesan sambutan saat pemesanan tamu terkonfirmasi.
- Sebelum check-in: Tindak lanjuti 24 hingga 48 jam sebelum check-in, saat semua detail perjalanan tersedia.
- Setelah malam pertama: Hubungi tamu untuk menanyakan apakah ada yang mereka butuhkan untuk membuat masa inap mereka lebih nyaman.
- Sebelum check-out: Bagikan waktu dan petunjuk check-out pada malam sebelum tamu dijadwalkan untuk meninggalkan penginapan.
- Setelah meninggalkan penginapan: Ucapkan terima kasih kepada tamu karena telah menginap di tempat Anda dan minta umpan balik 24 hingga 48 jam setelah mereka check-out.
Menambahkan foto atau video ke balasan cepat dapat membantu memperkenalkan diri dan membagikan detail penting mengenai rumah Anda. Misalnya, panduan visual mungkin memudahkan tamu untuk memasuki penginapan, menyesuaikan AC atau pemanas, atau menyalakan dan mematikan bak mandi air panas.
Anda bisa melampirkan file ke pesan kapan saja setelah pemesanan terkonfirmasi. Kirim foto dalam format PNG atau JPG (maksimal 50 MB) dan video dalam format MP4 atau MOV (maksimal 100 MB dan 60 detik).
Pengalaman pengguna bisa bervariasi tergantung lokasi. Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.
