Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.
Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.

Mengapa ulasan itu penting

Ulasan di Airbnb membantu meningkatkan bisnis Anda dan membangun kepercayaan.
Oleh Airbnb pada 17 Sep 2025

Ulasan dan penilaian membantu tamu memutuskan apakah tempat Anda cocok untuk mereka. Ulasan dan penilaian yang lebih baik bisa meningkatkan jumlah pemesanan dan penghasilan.

Cara kerja ulasan

Anda dan tamu yang memesan penginapan memiliki waktu 14 hari setelah check-out untuk saling memberi ulasan. Ulasan akan dipublikasikan setelah Anda berdua mengirimkan ulasan atau setelah periode pemberian ulasan 14 hari berakhir—yang mana yang lebih dulu.

Tamu bisa menyampaikan umpan balik melalui:

  • Ulasan terbuka. Ulasan mereka akan ditampilkan pada iklan dan profil Anda. Jika Anda membalas ulasan terbuka, tanggapan Anda akan muncul di bawah ulasan tersebut.
  • Catatan untuk tuan rumah. Catatan hanya bisa dilihat oleh Anda dan Airbnb. Bersama dengan ulasan, catatan bisa membantu Airbnb meningkatkan hasil pencarian dan mengidentifikasi penginapan yang disukai tamu.

Ulasan yang paling relevan akan ditampilkan terlebih dahulu secara default. Tamu juga bisa mencari ulasan dan mengurutkannya berdasarkan yang terbaru, nilai tertinggi, atau nilai terendah.

Anggap umpan balik tamu sebagai kesempatan untuk meningkatkan apa yang Anda tawarkan. Baca setiap ulasan, dan tanggapi secara konstruktif untuk menunjukkan bahwa Anda memperhatikan umpan balik tersebut dengan serius.

Cara kerja nilai bintang

Tamu diminta untuk menilai pengalaman mereka secara keseluruhan dan menilai 6 kategori dengan menggunakan 1-5 bintang. Pengalaman secara keseluruhan bukan merupakan rata-rata dari kategori lainnya.

Kategori tersebut adalah:

  • Check-in. Seberapa mudah untuk menemukan tempat Anda dan masuk ke dalam?
  • Kebersihan. Seberapa bersih rumah sebelum tamu tiba?
  • Keakuratan. Berdasarkan iklannya, apakah tempat sesuai dengan ekspektasi tamu?
  • Komunikasi. Mulai dari pemesanan hingga check-out, bagaimana komunikasi Anda dengan tuan rumah?
  • Lokasi. Menurut tamu, bagaimana area dan lingkungan sekitar tempat menginap?
  • Nilai ekonomis. Bagaimana nilai tempat untuk harga yang ditawarkan?

Nilai bintang keseluruhan dari setiap tamu muncul di samping ulasan mereka. Setelah 3 tamu menilai tempat Anda, nilai bintang keseluruhan rata-rata akan muncul di hasil pencarian dan di iklan Anda.

Halaman penilaian menampilkan nilai bintang keseluruhan dan kategori iklan di atas ulasan tamu.

Penilaian membantu Airbnb mengidentifikasi dan mengenali tuan rumah dan tempat terbaik, termasuk program HosTeladan dan Pilihan Tamu.

HosTeladan dikenal dengan rekam jejak mereka yang menunjukkan keramahtamahan luar biasa. HosTeladan harus mempertahankan nilai keseluruhan rata-rata minimal 4,8 bintang dan memenuhi kriteria lainnya.

Pilihan Tamu adalah sekumpulan penginapan yang paling disukai di Airbnb, menurut tamu. Ada berbagai faktor yang membantu mengidentifikasi Pilihan Tamu, termasuk ulasan dan nilai yang sangat baik dengan rata-rata di atas 4,9 bintang, ditambah nilai tinggi untuk keenam kategori.

Mengulas tamu

Memberikan ulasan untuk tamu adalah salah satu cara untuk mengingatkan mereka agar meninggalkan ulasan untuk Anda. Ulasan Anda akan muncul di halaman profil tamu yang memesan dan tamu yang menerima undangan untuk reservasi tersebut. Berusaha untuk:

  • Menunjukkan rasa terima kasih. Sederhananya, bisa dengan mengatakan: “Terima kasih telah menjadi tamu kami!”
  • Menjelaskan secara detail. Anda bisa menulis: "Tamu ini mengikuti petunjuk check-out kami dengan sangat baik."
  • Menghormati tamu Pertimbangkan untuk membahas masalah sensitif lewat pesan langsung.

Anda akan diminta untuk menilai tamu terkait kebersihan, komunikasi, dan kepatuhan terhadap peraturan rumah Anda. Umpan balik Anda membantu tamu menerapkan aturan dasar, yang mewajibkan tamu memperlakukan rumah Anda seperti rumah mereka sendiri dan mematuhi peraturan rumah Anda.

Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

Airbnb
17 Sep 2025
Apakah ini membantu?