Dapatkan ulasan 5 bintang pertama
Penilaian dan ulasan dipublikasikan pada iklan Anda dan akan membantu tamu memutuskan apakah layanan Anda cocok untuk mereka. Umpan balik positif dari tamu membantu Anda membangun merek Anda di Airbnb dan dapat menghasilkan peningkatan jumlah pemesanan dan penghasilan yang lebih tinggi.
Memahami cara kerja ulasan
Tamu diminta untuk menulis ulasan segera setelah layanan selesai. Umpan balik mereka membantu Anda memberikan layanan dengan kualitas tertinggi. Mereka diminta untuk memberikan:
- Penilaian keseluruhan. Tamu menilai layanan Anda dengan skala 1 hingga 5 bintang. Nilai keseluruhan rata-rata ditampilkan di iklan Anda, di hasil pencarian, dan di profil Anda.
- Penilaian mendetail. Tamu memberikan umpan balik yang lebih spesifik dengan menilai layanan keramahtamahan, keandalan, dan nilai ekonomis. Jika Anda menyediakan layanan di lokasi bisnis Anda atau ruang publik, seperti hairstyling di salon Anda atau sesi yoga di pantai, tamu juga akan diminta untuk menilai lokasi.
- Ulasan terbuka. Ini ditampilkan di profil dan di bagian ulasan pada iklan Anda. Jika Anda membalas ulasan terbuka tamu, tanggapan Anda akan muncul tepat di bawah ulasan tersebut.
- Catatan pribadi. Umpan balik ini tidak muncul di iklan Anda—hanya Anda yang bisa melihatnya.
Begitu Anda mendapatkan 3 ulasan pertama, Anda akan mendapatkan akses ke informasi yang memuat umpan balik tamu. Gunakan menu untuk mengakses bagian informasi di aplikasi Airbnb.
Berfokus pada kualitas
Fitur-fitur untuk tuan rumah dapat membantu Anda melampaui ekspektasi tamu.
Berikan layanan luar biasa. Pikirkan cara mempersonalisasi penawaran Anda agar tamu merasa diperhatikan dan disambut dengan baik.
- Berkomunikasilah dengan tamu di tab Pesan untuk menanyakan preferensi tamu, menanggapi pertanyaan, dan membuat penawaran khusus.
- Gunakan balasan cepat untuk dengan mudah menyesuaikan dan mengirimkan pesan sambutan setelah pemesanan dibuat dan pesan tindak lanjut setelah layanan.
- Sertakan layanan tambahan yang membuat penawaran Anda terasa lebih istimewa.
Pastikan semuanya berjalan lancar. Tunjukkan bahwa Anda dapat diandalkan dengan mempersiapkan diri, menetapkan ekspektasi yang jelas, dan segera menanggapi pesan dari tamu sebelum dan sesudah setiap layanan.
- Siapkan persediaan lebih awal dan, jika Anda bepergian ke tempat tamu, pertimbangkan rute Anda untuk tiba dengan cepat. Gunakan kalender Airbnb Anda untuk menjadwalkan waktu di antara pemesanan untuk keperluan perjalanan dan penyiapan.
- Jadwalkan pesan yang akan dikirimkan pada waktu tertentu, seperti sehari sebelum layanan, sehingga tamu Anda tahu apa yang akan mereka dapatkan.
- Aktifkan notifikasi di aplikasi Airbnb dan di pengaturan perangkat Anda agar Anda tidak melewatkan pesan baru.
- Jika Anda menyediakan layanan di rumah orang lain, tinggalkan tempat seperti kondisi semula.
Berikan nilai ekonomis yang signifikan. Harga yang kompetitif adalah faktor penting terkait nilai ekonomis. Anda bisa mengatur harga Anda atau menambahkan diskon di tab Iklan.
- Tambahkan sedikitnya 3 pilihan layanan dengan harga yang berbeda untuk memberi tamu lebih banyak opsi dan membantu mencapai target penghasilan Anda. Praktik terbaiknya adalah menetapkan pilihan layanan pada harga dasar, standar, dan premium.
- Pertimbangkan untuk memulai dengan harga yang sedikit lebih rendah dan mengevaluasi ulang setelah Anda membangun reputasi di Airbnb dengan penilaian dan ulasan bagus.
- Tambahkan diskon waktu terbatas, early bird, dan grup besar untuk menarik tamu.
- Telusuri Airbnb dan platform lain untuk mencari layanan seperti milik Anda untuk membandingkan harga setempat agar kompetitif.
Selain tips keramahtamahan ini, perhatikan Aturan Dasar untuk Tuan Rumah dan Kebijakan Keselamatan Menerima Tamu Airbnb. Semuanya menguraikan harapan dasar untuk menyediakan layanan yang aman dan berkualitas tinggi.
Semua tuan rumah, foto, dan detail iklan harus memenuhi standar dan persyaratan untuk Layanan Airbnb.
Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.