Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.
Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.

Cara melampaui ekspektasi tamu

Gunakan ulasan tamu untuk menjadikan layanan Anda tampil menonjol di Airbnb.
Oleh Airbnb pada 13 Mei 2025
Diperbarui 25 Agu 2025

Penilaian tinggi dan ulasan positif dapat menghasilkan pemesanan dan penghasilan yang lebih tinggi. Gunakan umpan balik tamu untuk terus meningkatkan layanan Anda.

Bagian informasi menampilkan penilaian keseluruhan Anda, ulasan terbuka, catatan pribadi, dan penilaian mendetail mengenai keramahtamahan, lokasi (bila berlaku), keandalan, dan nilai ekonomis.

Keramahtamahan

Tamu akan senang bila mereka merasa diperhatikan dan disambut dengan baik. Berikan upaya maksimal ketika menawarkan pilihan layanan berkualitas tinggi dan mengantisipasi kebutuhan tamu.

  • Hubungi tamu saat mengonfirmasi pemesanan. Kirimkan pesan kepada tamu untuk menanyakan preferensi mereka sehingga Anda bisa menyesuaikan layanan untuk tamu. Penyedia katering bisa menanyakan jenis acara dan alergi atau pantangan makanan.
  • Bagikan detail penting. Pastikan tamu memiliki informasi penting sebelum layanan berlangsung, termasuk siapa yang akan menyediakannya—Anda atau rekan tuan rumah. Seorang fotografer mungkin juga menyampaikan prediksi mendetail dan pertimbangan pakaian.
  • Pertimbangkan sudut pandang tamu. Sebagian tamu mungkin baru mengenal kota atau negara Anda. Mereka mungkin membutuhkan bantuan ekstra terkait navigasi atau memahami kebiasaan setempat. Berusahalah untuk bersikap hangat dan membantu, serta berkomunikasi dengan sopan.
  • Bawa perlengkapan ekstra. Pastikan Anda siap menghadapi kemungkinan masalah, seperti jika alat atau peralatan rusak atau tamu lupa membawa barang penting. Personal trainer mungkin membawa matras yoga cadangan.
  • Tindak lanjuti setelahnya. Kirimkan pesan untuk mengucapkan terima kasih kepada tamu dan membahas langkah selanjutnya. Ini bisa mencakup tanggal untuk jadwal sesi foto akan dilangsungkan atau resep yang sangat disukai tamu.

Lokasi

Jika Anda mengadakan layanan di lokasi bisnis Anda atau ruang publik, tamu diminta untuk menilai lokasi. Terapis perawatan kulit mungkin memberikan perawatan wajah di spa atau fotografer bisa menawarkan sesi foto di taman. Tamu menyukai ruang yang bersih dan berperabot lengkap.

  • Fokus pada kenyamanan tamu. Menyediakan tempat yang aman dan bersih akan membantu tamu menikmati layanan. Terapis pijat sebaiknya menyediakan area spa yang bersih sehingga tamu bisa nyaman selama sesi pijat otot dalam.
  • Kirimkan petunjuk arah. Jelaskan seperti apa lokasi Anda kepada tamu dan di mana Anda akan bertemu dengan mereka. Pertimbangkan kemungkinan masalah parkir dan transportasi umum. Sertakan petunjuk check-in jika tempat berupa ruang bersama. Perhatikan juga aksesibilitas. Misalnya, apakah lokasi sesi foto Anda dapat diakses kursi roda? 

Tamu tidak akan diminta untuk memberikan umpan balik mengenai tempat jika Anda yang menghampiri tamu di lokasi mereka.

Keandalan

Tamu mengharapkan tuan rumah mereka memberikan layanan tanpa gangguan. Ini berarti Anda sebaiknya menetapkan ekspektasi yang jelas dengan tamu, memberikan komunikasi yang jelas dan tanggap, serta memiliki agenda yang tersusun rapi.

  • Utamakan keakuratan. Pastikan deskripsi dan foto Anda sesuai dengan apa yang akan didapatkan tamu. Seorang hairstylist bisa menjelaskan produk dan teknik yang ia gunakan dan menyertakan foto jenis tata rambut updo dan kepang yang mereka tawarkan.
  • Bersikap responsif. Atur jam kerja rutin Anda di tab Iklan untuk memperjelas kapan Anda bisa dihubungi. Aktifkan notifikasi di aplikasi Airbnb dan di pengaturan perangkat Anda agar Anda bisa segera melihat pesan tamu dan merespons dengan cepat.
  • Rencanakan lebih awal. Siapkan semua perlengkapan lebih awal untuk memastikan layanan Anda dimulai sesuai jadwal. Seorang chef mungkin akan memotong sayuran terlebih dahulu untuk sup yang akan dia masak di tempat tamu.
  • Bawa dukungan apa pun yang Anda butuhkan. Anda mungkin perlu dibantu rekan tuan rumah atau asisten jika melayani grup besar atau menawarkan layanan yang lebih kompleks. Anda wajib memberi tahu tamu jika Anda akan ditemani orang lain selama layanan berlangsung dengan pemberitahuan yang cukup awal sehingga tamu memiliki waktu untuk membatalkan tanpa biaya.
  • Tiba tepat waktu. Jika Anda yang pergi ke lokasi tamu, pertimbangkan rute Anda dan perhitungkan kondisi lalu lintas.
  • Perlakukan properti dengan baik. Jika Anda menyediakan layanan di rumah orang lain, tinggalkan tempat seperti kondisi semula.

Nilai ekonomis

Tamu mencari layanan yang memberikan kualitas luar biasa sesuai harganya. Pikirkan cara menjadikan pilihan layanan Anda lebih istimewa dan sepadan dengan harga yang dibayarkan tamu.

  • Sertakan beberapa opsi. Tambahkan sedikitnya 3 pilihan layanan dengan harga yang berbeda untuk memberikan lebih banyak opsi kepada tamu dan membantu mencapai target penghasilan Anda. Praktik terbaiknya adalah menetapkan pilihan layanan dengan harga dasar, standar, dan premium. Misalnya, seorang fotografer di AS dapat menawarkan sesi setengah jam dengan biaya kurang dari $50 USD, sesi pemotretan pribadi dengan biaya antara $50 USD dan $150 USD, dan sesi keluarga dengan biaya lebih dari $150 USD.
  • Sesuaikan penawaran Anda. Fitur pesan Airbnb membantu Anda berkomunikasi dengan tamu untuk mempersonalisasi pilihan layanan Anda dan menetapkan harga khusus.
  • Berikan layanan yang luar biasa.Dengan menggunakan bahan berkualitas lebih tinggi dan menambahkan sentuhan ekstra, layanan Anda akan makin istimewa. Seorang terapis perawatan kulit mungkin akan menyertakan minyak esensial gratis.

Semua tuan rumah, foto, dan detail iklan harus memenuhi standar dan persyaratan Airbnb Services.

Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

Airbnb
13 Mei 2025
Apakah ini membantu?