Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.
Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.

Cara melampaui ekspektasi tamu

Gunakan ulasan tamu untuk menjadikan layanan Anda tampil menonjol di Airbnb.
Oleh Airbnb pada 13 Mei 2025
Diperbarui 13 Mei 2025

Penilaian tinggi dan ulasan positif dapat mengarah ke peningkatan jumlah pemesanan dan penghasilan yang lebih tinggi. Gunakan umpan balik tamu untuk terus meningkatkan layanan Anda.

Bagian sumber informasi menampilkan penilaian keseluruhan Anda, ulasan terbuka, catatan pribadi, dan penilaian mendetail mengenai keramahtamahan, lokasi (bila berlaku), keandalan, dan nilai Anda.

Keramahtamahan

Tamu merasa diperhatikan dan disambut dengan baik. Usahakan semaksimal mungkin untuk memberikan pilihan layanan berkualitas tinggi dan mengantisipasi kebutuhan mereka.

  • Jadwalkan pesan sambutan. Pastikan tamu memiliki informasi yang mereka butuhkan sebelum layanan berlangsung. Seorang fotografer mungkin menyampaikan prediksi mendetail dan pertimbangan pakaian.
  • Pelajari tentang tamu Anda. Kirimkan pesan untuk menanyakan preferensi dan kebutuhan tamu untuk menjadikan layanan ini lebih personal. Seorang penyedia katering bisa bertanya tentang alergi dan penyesuaian menu.
  • Pertimbangkan sudut pandang tamu. Sebagian tamu mungkin baru mengenal kota atau negara Anda. Mereka mungkin membutuhkan bantuan ekstra untuk menavigasi area atau memahami kebiasaan setempat. Berusahalah untuk bersikap hangat dan membantu, serta berkomunikasi dengan rasa hormat.
  • Bawa perlengkapan ekstra. Pastikan Anda siap menghadapi potensi masalah, seperti jika alat atau peralatan rusak atau tamu lupa membawa barang penting. Personal trainer mungkin membawa matras yoga cadangan.
  • Tindak lanjuti setelahnya. Kirimkan pesan untuk mengucapkan terima kasih kepada tamu dan membahas langkah selanjutnya. Ini bisa mencakup jadwal yang menunjukkan kapan sesi foto akan dilangsungkan atau resep yang sangat disukai tamu.

Lokasi

Jika Anda mengadakan layanan di lokasi bisnis Anda atau ruang publik, tamu diminta untuk menilai lokasi. Terapis perawatan kulit mungkin memberikan perawatan wajah di spa mereka atau fotografer bisa menawarkan sesi foto di taman. Tamu menyukai ruang yang bersih dan berperabot lengkap.

  • Prioritaskan kenyamanan tamu. Menyediakan tempat yang aman dan bersih akan membantu tamu menikmati layanan ini. Terapis pijat sebaiknya menyediakan spa yang bersih cemerlang sehingga tamu bisa nyaman selama perawatan deep-tissue.
  • Kirimkan petunjuk arah mendetail. Jelaskan apa yang akan dihadapi tamu di lokasi dan di mana Anda akan bertemu mereka. Pertimbangkan kemungkinan masalah parkir dan transportasi umum. Sertakan petunjuk check-in jika Anda berada di ruang bersama. Perhatikan juga aksesibilitas. Misalnya, apakah lokasi sesi foto Anda dapat diakses kursi roda?

Tamu tidak akan diminta untuk memberikan umpan balik mengenai tempat jika Anda yang menghampiri tamu di lokasi mereka.

Keandalan

Tamu mengharapkan tuan rumah mereka memberikan layanan tanpa gangguan. Ini berarti Anda sebaiknya menetapkan ekspektasi yang jelas dengan tamu, memberikan komunikasi yang jelas dan tepat waktu, serta memiliki agenda yang tersusun rapi.

  • Utamakan keakuratan. Pastikan deskripsi dan foto Anda sesuai dengan apa yang didapatkan tamu. Seorang hairstylist bisa menjelaskan produk dan teknik yang ia gunakan dan menyertakan foto jenis layanan updo dan kepang yang mereka tawarkan.
  • Bersikap responsif. Atur jam rutin Anda di tab Iklan untuk memperjelas kapan Anda siap memberikan layanan. Aktifkan notifikasi di aplikasi Airbnb dan di pengaturan perangkat Anda agar Anda bisa segera melihat pesan tamu dan merespons dengan cepat.
  • Rencanakan lebih awal. Siapkan perlengkapan lebih awal untuk memastikan layanan Anda tetap sesuai jadwal. Seorang chef mungkin akan memotong sayuran terlebih dahulu untuk sup yang akan dimasak di tempat tamu.
  • Bawa dukungan apa pun yang Anda butuhkan. Anda mungkin perlu dibantu asisten jika melayani grup besar atau menawarkan layanan yang lebih kompleks. Anda wajib memberi tahu tamu jika Anda akan dibantu seorang asisten selama layanan berlangsung dengan pemberitahuan yang cukup awal sehingga tamu memiliki waktu untuk membatalkan tanpa biaya.
  • Tiba tepat waktu. Jika Anda yang pergi ke lokasi tamu, pertimbangkan rute Anda dan perhitungkan lalu lintas.
  • Perlakukan properti dengan baik. Jika Anda menyediakan layanan di rumah orang lain, tinggalkan tempat seperti kondisi semula.

Nilai ekonomis

Tamu mencari layanan yang memberikan kualitas luar biasa sesuai harganya. Pikirkan cara menjadikan pilihan layanan Anda lebih istimewa dan sepadan dengan harga yang dibayarkan tamu.

  • Sertakan beberapa opsi. Tambahkan sedikitnya 3 pilihan layanan dengan harga yang berbeda untuk memberikan lebih banyak opsi kepada tamu dan membantu mencapai target penghasilan Anda. Praktik terbaiknya adalah menetapkan pilihan layanan pada harga dasar, standar, dan premium. Misalnya, seorang fotografer di AS dapat menawarkan sesi setengah jam dengan biaya kurang dari $50 USD, sesi pemotretan pribadi dengan biaya antara $50 USD dan $150 USD, dan sesi keluarga dengan biaya lebih dari $150 USD.
  • Sesuaikan penawaran Anda. Fitur pengiriman pesan Airbnb membantu Anda berkomunikasi dengan tamu untuk mempersonalisasi pilihan layanan Anda dan menetapkan harga khusus.
  • Berikan layanan yang luar biasa. Menggunakan bahan berkualitas lebih tinggi dan menambahkan sentuhan ekstra yang membuat pilihan layanan Anda semakin istimewa. Seorang terapis perawatan kulit mungkin menyertakan minyak esensial gratis.

Semua tuan rumah, foto, dan detail iklan harus memenuhi standar dan persyaratan untuk Layanan Airbnb.

Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

Airbnb
13 Mei 2025
Apakah ini membantu?