Tips untuk memudahkan Anda menerima tamu selama musim ramai

Patuhi daftar periksa kebersihan, gunakan fitur check-out, dan perbarui fasilitas Anda.
Oleh Airbnb pada 5 Jul 2023
Bacaan 4 menit
Diperbarui 5 Jul 2023

Ada alasannya mengapa musim sibuk disebut demikian: Kalender yang terisi penuh dengan waktu yang singkat di antara pergantian tamu bisa sangat merepotkan Anda. Coba tips berikut untuk mempertahankan layanan keramahtamahan yang luar biasa selama musim ramai.

Menangani pergantian tamu yang cepat

Mengikuti rutinitas yang sama setelah setiap check-out akan membantu Anda memperlancar proses pergantian tamu bila Anda memiliki pemesanan yang berturut-turut. Robin, HosTeladan di Mount Barker, Australia, merekomendasikan untuk menggunakan daftar periksa, baik Anda membersihkan tempat Anda sendiri atau mengandalkan orang lain.

"Menggunakan daftar periksa membuat saya tetap fokus dan memastikan saya tidak melewatkan apa pun," kata Robin. “Saat ada gangguan, segala yang sudah direncanakan bisa dengan mudah terbengkalai. Mengingat semua detail kecil bisa menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi tamu dan saya ketika menerima tamu.”

Tips lain untuk menangani pergantian tamu yang cepat:

  • Siapkan seprai dan handuk dalam jumlah dua atau tiga kali lipat. Seprai dan handuk ekstra akan memudahkan Anda membereskan kamar tidur, kamar mandi, dan dapur tanpa perlu tergesa-gesa karena harus mencucinya lebih dulu. Anda akan memiliki cadangan jika ada noda membandel seperti makeup atau minyak goreng.

  • Gunakan sarung duvet dan pelindung bantal dan kasur. Pastikan juga Anda memiliki cadangan untuk item-item ini untuk pergantian antar tamu yang cepat.

  • Mendaftar ke layanan pengiriman barang. Pastikan persediaan yang memadai untuk perlengkapan kebersihan, perlengkapan mandi, bahan makanan, atau barang lain yang Anda butuhkan secara rutin atau sediakan untuk tamu tanpa harus pergi ke toko.

  • Memiliki rencana cadangan yang bisa diandalkan untuk pembersihan, pemeliharaan, dan perawatan taman. Ini memungkinkan segalanya berjalan sesuai jadwal bahkan ketika Anda dan kru Anda tidak bisa melakukannya. Jika Anda merasa kewalahan, pertimbangkan untuk menambahkan Rekan Tuan Rumah.

Menghemat waktu dengan fitur check-out

Proses check-out sebaiknya tidak merepotkan Anda dan tamu Anda. Pada bulan Mei, kami meluncurkan fitur check-out yang dirancang untuk memudahkan semua orang.

Fitur baru ini mencakup notifikasi push otomatis dan check-out sekali ketuk. Airbnb akan mengirimkan jadwal dan petunjuk check-out Anda kepada tamu pada pukul 17.00 waktu setempat sehari sebelum check-out. Tamu yang menggunakan aplikasi di perangkat seluler yang mengaktifkan notifikasi push, akan menerima pesan ini. Tamu juga bisa mengetuk tombol untuk memberi tahu Anda bahwa mereka sudah check-out, dan Anda bisa mulai bersiap untuk tamu berikutnya.

Joh, HosTeladan di Forestville, California, suka mengirimkan pesan terjadwal seputar check-out—terutama selama musim ramai. “Saya memberitahukan kepada tamu bahwa petugas kebersihan akan tiba pukul 11.00 pagi untuk mempersiapkan apartemen bagi tamu berikutnya sehingga mereka memahami betapa pentingnya meninggalkan tempat tepat waktu,” katanya.

Tips lain untuk menghemat waktu dengan fitur check-out:

  • Siapkan petunjuk check-out standar. Anda bisa dengan cepat membuat petunjuk dengan memilih dari daftar lima tugas umum. Anda bisa menambahkan detail untuk masing-masing tugas. Contohnya, di bagian "Buang sampah", Anda bisa meminta tamu membuang sampah di satu tempat sampah dan membuang sampah daur ulang di tempat sampah lain.

  • Sertakan permintaan khusus untuk rumah Anda. Jika fasilitas Anda mencakup pemanggang luar ruangan, Anda bisa meminta tamu untuk menutup kembali pemanggang setelah digunakan.

  • Tambahkan kartu check-out. Begitu Anda menyiapkan petunjuk check-out standar, Anda bisa menambahkan kartu check-out ke pesan terjadwal atau balasan cepat yang terhubung kembali ke petunjuk tersebut. Dengan cara ini, tamu yang tidak menggunakan aplikasi Airbnb dengan notifikasi push aktif akan mendapatkan pengingat.

Menampilkan fasilitas musiman

Pencarian untuk tempat dengan kolam renang naik 60% dalam tiga bulan pertama tahun 2023 dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun 2022, menurut data global Airbnb. Kategori Airbnb yang paling banyak dipesan adalah Dekat Pantai, Kolam Renang Keren, dan Kabin.

Memperbarui iklan Anda dengan menampilkan fitur dan fasilitas musiman bisa membantu tamu mencari apa yang Anda tawarkan, lalu menemukan dan memesan tempat Anda.

“Adik perempuan saya seorang dekorator interior, dan dia mengubah tampilan tempat kami setiap musim, dengan meminjam barang-barang dari toko suvenir di kota kami,” kata Fred, HosTeladan di Placencia, Belize. “Setiap tahun kami juga menambahkan fasilitas baru—sesuatu yang istimewa untuk membuat tamu yang pernah menginap datang kembali. Kami menambahkan gazebo, observatorium, dan area bar di atas air.”

Tips lain untuk menonjolkan fasilitas musiman:

  • Tambahkan foto dengan sentuhan musiman. Pada bulan-bulan yang lebih hangat, tampilkan kolam renang keren Anda, pemanggang luar ruangan, tempat tidur gantung, atau jalur ke pantai kepada calon tamu. Untuk bulan-bulan yang lebih dingin, tampilkan foto perapian, bak mandi air panas, atau rute akses ski ke gondola.

  • Perbarui deskripsi iklan Anda. Apakah Anda baru-baru ini menambahkan fasilitas ke properti, seperti Fred dan saudara perempuannya? Sebutkan sebagai fasilitas baru dalam deskripsi iklan Anda dan tambahkan foto.

  • Perbarui detail iklan Anda. Tinjau pengaturan akun Anda, pastikan Anda sudah memilih tanda centang di samping semua fasilitas yang saat ini Anda tawarkan. Sertakan detail lengkap setiap kali Anda diminta untuk melakukannya.

Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

Airbnb
5 Jul 2023
Apakah ini membantu?