Lewatkan, langsung lihat konten
    Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan
    Panduan kebersihan untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19

    Panduan kebersihan untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19

    Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui mulai dari mensterilkan hingga mempersiapkan persediaan yang tepat.
    Oleh Airbnb pada 23 Mar 2020
    Bacaan 6 menit
    Diperbarui 15 Jun 2020

    Pada awal Juni, kami meluncurkan protokol kebersihan intensif Airbnb untuk membantu tuan rumah mempersiapkan kebutuhan tamu yang mengalami perkembangan selama COVID-19 dan seterusnya. Kami mulai dengan tuan rumah di AS dan tak lama kemudian memperluas akses ke negara dan wilayah lain. Kunjungi Airbnb.com/cleaningresources untuk menelusuri panduan terbaru mengenai menciptakan tempat menginap yang bersih dan steril, ketahui cara berkomitmen pada protokol kebersihan, dan banyak lagi.

    Kami tahu bahwa banyak dari Anda terus menerima tamu saat ini, baik dengan membuka rumah Anda untuk masa inap yang lebih lama, menyambut tamu lokal, maupun menawarkan tempat menginap kepada staf medis yang berjuang di garis depan untuk memerangi virus corona (COVID-19). Jika Anda terus menerima tamu, Anda harus mengevaluasi kembali prosedur kebersihan di tempat Anda guna memastikan Anda melakukan semua yang diperlukan untuk melindungi diri Anda dan tamu Anda.

    Kami ingin membantu, jadi kami telah menyusun panduan berdasarkan pandangan dan rekomendasi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

    Mengapa pembersihan menjadi semakin penting

    Kebersihan selalu menjadi prioritas penting bagi tuan rumah dan tamu. Tapi kebersihan menjadi lebih penting lagi saat kita semua berupaya mengurangi penyebaran penyakit. Menurut CDC, seseorang dapat terinfeksi COVID-19 dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi —seperti gagang pintu atau sakelar lampu—dan virus dapat hidup di permukaan tertentu selama beberapa jam atau bahkan hari. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk membersihkan dan mensterilkan permukaan yang sering disentuh sesering mungkin, terutama di antara reservasi.

    Catatan: CDC AS menyarankan agar kita memberi jeda waktu 24 jam, atau selama mungkin, sebelum memasuki tempat yang sebelumnya ditempati oleh orang yang mungkin terpapar pada virus corona. Tuan rumah yang bermitra dalam program Frontline Stay Airbnb diwajibkan untuk menunggu 72 jam di antara reservasi—ini mencakup periode tunggu 24 jam, waktu untuk membersihkan dan mensterilkan dengan baik semua area yang dapat diakses oleh tamu, dan jeda waktu tambahan.

    Perbedaan antara membersihkan dan mensterilkan

    Dalam mencegah penyebaran kuman penyakit, kita perlu memahami perbedaan antara membersihkan dan mensterilkan. Membersihkan adalah tindakan untuk menghilangkan kuman, noda, dan kotoran (seperti menggunakan spons dan sabun untuk menyeka meja atau kompor yang terlihat kotor). Mensterilkan adalah menggunakan bahan kimia untuk mengurangi kuman dan bakteri. Dengan membersihkan terlebih dahulu, kemudian mensterilkan, Anda dapat mengurangi risiko infeksi.

    Ikuti panduan kebersihan ini

    Berikut beberapa panduan yang perlu dipatuhi saat membersihkan tempat Anda di antara reservasi. Jika Anda menggunakan layanan petugas kebersihan profesional, perintahkan agar ia juga mengikuti daftar ini.

    1. Kenakan perlengkapan pelindung saat Anda membersihkan. Alat pelindung diri, seperti sarung tangan sekali pakai, celemek atau jubah, dan penutup wajah (seperti masker buatan pabrik atau buatan sendiri) dapat memberikan perlindungan tambahan. Pastikan Anda juga langsung mencuci tangan setelah melepas sarung tangan.

    2. Buka ventilasi ruangan sebelum Anda membersihkan. CDC menyarankan Anda membuka pintu dan jendela luar dan menggunakan kipas ventilasi untuk meningkatkan sirkulasi udara di ruangan sebelum mulai membersihkan dan mensterilkan ruangan. Pelajari selengkapnya mengenai cara membuka ventilasi dengan benar sebelum membersihkan dari CDC.

    3. Cuci tangan Anda secara menyeluruh sebelum dan sesudah setiap pembersihan. Gunakan sabun dan air, dan cuci selama setidaknya 20 detik. Jika itu tidak memungkinkan, gunakan cairan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Pelajari lebih lanjut tentang cara mencuci tangan dengan benar

    4. Bersihkan, kemudian sterilkan. Gunakan detergen atau sabun dan air untuk menghilangkan kotoran, bekas minyak, debu, dan kuman. Setelah permukaan bersih, semprot dengan disinfektan. Biarkan selama beberapa menit, lalu lap—dan jika Anda tidak menggunakan lap kertas atau tisu sekali pakai, sebaiknya gunakan kain pembersih baru untuk setiap tamu.

      5. Hindari menyentuh wajah Anda saat membersihkan. Untuk mencegah penyebaran kuman, CDC menyarankan agar Anda tidak menyentuh wajah, hidung, dan mata Anda dengan tangan yang belum dicuci—jadi beri perhatian ekstra saat membersihkan.

      6. Gunakan disinfektan yang tepat. Disinfektan rumah tangga biasa yang terdaftar di Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), serta cairan pembersih dengan pemutih rumah tangga yang diencerkan atau setidaknya 70% alkohol, diyakini efektif melawan virus corona. Beri perhatian khusus pada permukaan yang sering disentuh, seperti sakelar lampu, gagang pintu, remote control, dan pegangan keran. (Lihat daftar lengkap permukaan yang perlu disterilkan di bagian bawah halaman.)

        7. Jangan lupakan sofa, karpet, tirai, dan permukaan lembut berpori lainnya. Singkirkan segala kotoran atau noda yang terlihat dengan hati-hati, lalu bersihkan dengan pembersih yang sesuai untuk digunakan di permukaan tersebut. Jika memungkinkan, cucilah barang dengan mesin sesuai instruksi produsen.

        8. Cuci semua kain dengan pengaturan panas tertinggi yang direkomendasikan oleh produsen. Ini termasuk seprai, penutup kasur, handuk tangan dan handuk mandi, handuk dapur, dan selimut. Jangan lupa mengenakan sarung tangan saat mengurus cucian kotor dan jangan mengguncang cucian kotor karena dapat meningkatkan penyebaran kuman.

        9. Bersihkan dan sterilkan wadah dan keranjang cucian. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan pelapis sekali pakai atau dapat dimasukkan ke mesin cuci.

        10. Kosongkan alat penyedot debu setelah setiap pembersihan. Anda harus mengelap alat penyedot debu dengan disinfektan, begitu pula peralatan seperti mesin pencuci piring dan mesin cuci.

        11. Saat mengisi kembali persediaan perlengkapan Anda, sempatkan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa. Dan ingatlah untuk tidak mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau larutan pembersih lainnya yang dapat menimbulkan gas beracun yang berbahaya apabila terhirup.

        12. Beri pelapis di dalam tempat sampah. Menempatkan kantong di dalam tempat sampah akan memudahkan pembuangan tisu dan sampah lainnya.

          13. Buang atau cuci perlengkapan kebersihan Anda. Jika Anda menggunakan handuk kertas, lap disinfektan, dan perlengkapan kebersihan sekali pakai lainnya, segera buang sampah setelah Anda selesai membersihkan. Bila Anda menggunakan kain pembersih dan produk yang dapat digunakan kembali, pastikan Anda mencucinya menggunakan mesin dengan pengaturan panas tertinggi yang sesuai untuk bahan tersebut.

          14. Lepaskan perlengkapan diri dengan aman. Setelah Anda selesai membersihkan, segera lepaskan pakaian pelindung, seperti jubah, sarung tangan, atau masker, dan segera buang atau cuci. Jangan lupa mencuci tangan Anda selama setidaknya 20 detik setelahnya.

          Membantu tamu melindungi diri mereka sendiri

          Seperti Anda, banyak tamu yang ingin mengambil langkah ekstra guna mengurangi risiko infeksi. Anda bisa membantu menganjurkan pembatasan sosial dengan menawarkan check-in dan check-out mandiri. Pertimbangkan untuk memasang kotak penyimpanan kunci atau smart lock dengan keypad, dan ingatlah untuk memperbarui iklan Anda untuk menambahkan petunjuk check-in mandiri. Anda juga bisa meminimalkan kontak langsung dengan menghindari pemeliharaan rutin selama tamu menginap.

          Untuk membantu tamu menjaga standar kebersihan dan kesehatan yang lebih tinggi, pastikan tempat Anda dilengkapi dengan perlengkapan dasar, dan pertimbangkan untuk menambahkan beberapa perlengkapan ekstra. Hal-hal seperti:

          • Sabun tangan
          • Tisu dapur
          • Tisu
          • Tisu Toilet

          Pastikan Anda memiliki persediaan handuk dan seprai tambahan yang banyak, khususnya untuk tamu yang menginap selama beberapa hari atau lebih. Anda bisa mengajak tamu untuk membersihkan sendiri dengan menyediakan disinfektan dan perlengkapan kebersihan lainnya yang dapat digunakan tamu. Anda bahkan dapat mencetak dan membagikan panduan kebersihan di atas sehingga jika tamu memutuskan untuk membersihkan atau mencuci seprai, tamu dapat melakukannya sesuai dengan panduan CDC.

          Beri tahu tamu mengenai prosedur pembersihan rutin yang telah Anda tingkatkan

          Tamu akan ingin mengetahui semua langkah tambahan yang Anda lakukan untuk meminimalkan penyebaran penyakit. Jadi, ada baiknya Anda menyebutkan prosedur kebersihan intensif yang Anda lakukan pada deskripsi iklan Anda. Jika Anda melakukannya, harap pilih kata-kata Anda dengan hati-hati—walau Anda boleh mengatakan bahwa Anda mengambil langkah pencegahan ekstra dengan mensterilkan tempat Anda karena COVID-19, Anda tidak boleh memberi klaim berlebihan, seperti menyebutkan tempat Anda "bebas COVID".

          Kami harap panduan kebersihan ini bermanfaat saat Anda menerima tamu selama masa sulit ini. Kami akan terus memperbarui rekomendasi kami sesuai perkembangan situasi. Sementara itu, pastikan Anda meninjau pedoman yang diterbitkan oleh pemerintah atau otoritas kesehatan daerah Anda.

          * Konten ini disusun berdasarkan informasi yang tersedia untuk umum dari CDC. CDC tidak mendukung konten ini atau Airbnb. Airbnb tidak memberikan pernyataan atau jaminan apa pun, secara tersurat maupun tersirat, mengenai kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan terkait konten ini yang disediakan untuk tujuan apa pun. Segala risiko atas kepercayaan Anda terhadap informasi tersebut sepenuhnya ditanggung oleh Anda sendiri.

          Daftar periksa barang-barang yang harus dibersihkan dan disterilkan

          Umum:

          • Gagang pintu
          • Permukaan
          • Sakelar lampu
          • Remote control
          • Meja
          • Kipas angin dan rantai lampu
          • Tepi jendela dan gagang jendela
          • Termostat
          • Kunci
          • Pengering rambut
          • Susuran (tangga, kamar mandi, dsb.)
          • Meja setrika dan setrika
          • Tempat sampah dan wadah daur ulang

          Dapur:

          • Wastafel
          • Pegangan dan penarik rak
          • Perkakas: oven, pemanggang, panci bertekanan, mesin pembuat kopi, dsb.
          • Bumbu masak: minyak goreng, tempat garam dan lada, bumbu dan wadah yang biasa digunakan, dsb.
          • Perlengkapan dapur yang tidak bisa dicuci dengan mesin cuci piring: mangkuk keramik, alat makan anak yang terbuat dari plastik, dsb.
          • Kursi dengan sandaran kokoh

          Kamar mandi:

          • Wastafel
          • Toilet
          • Gagang keran
          • Pancuran dan bak mandi
          • Tirai pancuran dan pintu
          • Sampo, kondisioner, sabun mandi, dan dispenser sabun

          Kamar tidur

          • Gantungan baju dan rak barang
          • Lampu tidur

          Peralatan kebersihan:

          • Mesin cuci piring
          • Alat penyedot debu
          • Mesin cuci/pengering pakaian

          Keperluan anak:

          • Mainan
          • Tempat tidur dan boks anak portabel
          • Kursi makan anak

          Fasilitas lainnya:

          • Sepeda
          • Payung
          • Permainan
          • Buku

          Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak diterbitkan.

          Airbnb
          23 Mar 2020
          Apakah ini membantu?