Buat iklan tempat tuan rumah tampil lebih menonjol
Bagikan pengetahuan yang telah Anda peroleh selama menerima tamu untuk menghasilkan iklan yang luar biasa. Bekerja sama dengan tuan rumah untuk membuat iklan baru atau memperbarui iklan yang sudah ada.
Tamu cenderung memprioritaskan foto, deskripsi tempat, dan ulasan dari tamu saat memutuskan apakah akan memesan tempat atau tidak.*Fokus pada faktor-faktor ini, ditambah fasilitas dan harga, untuk menyiapkan iklan yang berhasil.
Foto
Penelitian terhadap pengguna menunjukkan bahwa gambar berkualitas tinggi adalah salah satu faktor utama bagi tamu ketika mempertimbangkan akan memesan tempat yang mana. Jika tuan rumah tidak memiliki foto profesional terkini untuk tempatnya, jelaskan pentingnya foto dan rekomendasikan fotografer atau program fotografi profesional Airbnb.
Deskripsi tempat
Tuan rumah harus memahami bahwa deskripsi adalah salah satu aspek terpenting dari iklan yang efektif. Jimmy, seorang rekan tuan rumah di Palm Springs, California, mengatakan bahwa “deskripsi pada setiap iklan bisa dioptimalkan,” jadi dia selalu menawarkan untuk membantu tuan rumah menuliskan deskripsi tempat mereka.
"Saya fokus pada fakta," kata Jimmy. “Anda memiliki kolam air asin atau tidak. Lingkungan ini tertutup atau tidak. Ada begitu banyak kata sifat yang menunjukkan perasaan, ini adalah hal yang subjektif dan tidak menunjukkan deskripsi yang akurat. Menuliskan fakta berarti menjelaskan gambaran.”
Fasilitas
Tamu sering memfilter hasil yang mereka peroleh agar bisa menemukan tempat dengan fasilitas yang mereka inginkan. Fasilitas yang paling banyak dicari termasuk kolam renang, wifi, parkir gratis, dapur, bak mandi air panas, AC, mesin cuci, dan check-in mandiri.**
Evaluasi hal-hal yang berhasil diterapkan di tempat yang pernah Anda layani sebagai tuan rumah dan bagikan pengetahuan Anda kepada tuan rumah. Hal ini dapat mencakup:
- Memastikan semua fasilitas yang mereka tawarkan tersedia
- Menjelaskan nilai ekonomis dari menambahkan atau meningkatkan fasilitas seperti wifi atau smart lock
- Memberikan contoh tanggapan tamu terhadap peningkatan di tempat lain yang Anda dukung
- Meninjau fitur aksesibilitas dan keselamatan dengan tuan rumah untuk mengetahui hal-hal lain yang bisa ditambahkan ke iklan mereka
Strategi harga
Tuan Rumah mungkin tidak memiliki pengalaman mengenai harga. Anda bisa menggunakan keahlian lokal Anda dan fitur pengatur harga Airbnb untuk memberikan panduan. Strategi dapat mencakup:
- Menambahkan diskon mingguan atau bulanan
- Menurunkan atau menghapus biaya pembersihan atau hewan peliharaan
- Menyesuaikan harga per malam dengan permintaan musiman
Bekerja sama untuk memilih pendekatan dan menentukan seberapa besar kendali yang Anda miliki. Dominic, seorang rekan tuan rumah di Cornwall, Inggris, menyarankan untuk terus menyesuaikan harga per malam.
“Saya meninjau properti setiap minggu atau setiap dua minggu sekali,” kata Dominic. "Jika properti terpesan dengan cepat, berarti harga tersebut memiliki potensi. Namun, jika orang hanya melihat-lihat dan tidak memesan, kemungkinan harganya terlalu tinggi.”
Ulasan tamu
Banyak tamu membaca ulasan untuk menemukan tempat yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Bantu tuan rumah memahami bahwa menanggapi ulasan adalah kesempatan untuk menunjukkan kepada tamu bahwa Anda peduli dengan pengalaman mereka dan terbuka untuk menerima saran.
Tentukan siapa yang akan menanggapi ulasan dari tamu. Jika tuan rumah lebih suka menanganinya, Anda bisa memberikan contoh tanggapan untuk menanggapi berbagai jenis umpan balik.
- Berterima kasih kepada tamu: “Terima kasih atas ulasan Anda! Kami sangat menghargai waktu yang telah Anda luangkan untuk menceritakan pengalaman perjalanan Anda.”
- Memberitahukan perbaikan: “Kami mohon maaf karena tempat tidurnya tidak nyaman. Kualitas tidur Anda sangat penting, jadi kami telah menambahkan pelapis kasur.”
“Saya tidak mengharapkan Tuan Rumah mendapatkan ulasan yang 100% sempurna,” kata Andrew, tamu yang juga merupakan HosTeladan di Berlin. “Saya jauh lebih terkesan dengan mereka yang menanggapi umpan balik yang sangat penting dengan serius.”
Harap ingat untuk memperbarui deskripsi iklan dan foto setiap kali Anda atau tuan rumah melakukan perbaikan pada tempat tersebut.
*Menurut penelitian Airbnb yang dilakukan pada bulan November dan Desember 2023 terhadap hampir 7.000 tamu di Australia, Brasil, Kanada, Prancis, Jerman, Meksiko, Korea Selatan, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.
**Menurut data internal Airbnb yang mengukur fasilitas yang paling sering dicari di seluruh dunia mulai 1 Januari hingga 30 Juni 2024.
Jejaring Rekan Tuan Rumah saat ini tersedia di Australia, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Meksiko, Korea Selatan, Spanyol, dan Inggris (didukung oleh Airbnb Global Services); Kanada, Amerika Serikat (didukung oleh Airbnb Living LLC); dan Brasil (didukung oleh Airbnb Plataforma Digital Ltda).
Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.