Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.
Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.

Cara menjadi HosTeladan

Dapatkan lebih banyak pemesanan, bantu tempat Anda tampil lebih menonjol, dan berikan layanan menginap 5 bintang.
Oleh Airbnb pada 6 Jan 2025
Diperbarui 19 Mar 2025

Program HosTeladan Airbnb mengakui tuan rumah dengan nilai ulasan tertinggi dan paling berpengalaman.

Kami menghargai dan memberi imbalan atas keramahtamahan yang luar biasa berupa lencana pada iklan tempat mereka, yang bisa membantu mendapatkan lebih banyak pemesanan. Sekitar 59% tamu mengatakan bahwa status HosTeladan membuat mereka lebih yakin dengan kualitas akomodasi, dan HosTeladan mendapatkan penghasilan 60% lebih besar daripada tuan rumah yang tidak memiliki status tersebut.* HosTeladan juga dapat mengakses Dukungan Komunitas khusus, mendapat undangan ke acara-acara khusus, kupon perjalanan, dan peningkatan hasil pencarian.

Lebih dari 1,3 juta tuan rumah telah menjadi HosTeladan—dan Anda juga bisa, dengan memaksimalkan pemesanan Anda dan memberikan layanan keramahtamahan yang luar biasa.** Membuat sedikit perubahan pada kalender Anda, memperbarui iklan tempat Anda, dan lebih berhati-hati dalam berkomunikasi bisa berdampak besar.

Penuhi persyaratannya

HosTeladan harus merupakan pemilik iklan dengan akun yang bereputasi baik dan memenuhi empat kriteria ini dalam 365 hari terakhir:

  • Dapatkan jumlah pemesanan yang cukup. Layani sedikitnya 10 reservasi, atau tiga reservasi dengan total durasi menginap minimum 100 malam selama tiga masa inap.
  • Hindari pembatalan. Pertahankan tingkat pembatalan kurang dari 1%, kecuali untuk pembatalan karena Kejadian dengan Gangguan Skala Besar atau alasan valid lainnya.
  • Tanggapi tamu. Pertahankan tingkat respons 90% atau lebih. Tingkat respons adalah persentase pertanyaan tamu baru yang telah Anda jawab dalam waktu 24 jam.
  • Prioritaskan keramahtamahan. Pertahankan nilai keseluruhan 4,8 ke atas.

Menanggapi dengan jelas dan cepat, menghindari pembatalan, dan memprioritaskan keramahtamahan juga bisa membantu penginapan Anda tampil menonjol di hasil pencarian dan meningkatkan penghasilan Anda.

Berikut tips untuk membantu Anda memenuhi kriteria ini dan mulai mendapatkan manfaat dari status HosTeladan.

Selalu perbarui kalender Anda

Membuka lebih banyak malam di kalender akan membantu tempat Anda tampil lebih sering di hasil pencarian dan meningkatkan peluang Anda menerima cukup banyak tamu untuk memenuhi kriteria HosTeladan.

Buka kalender iklan tempat Anda dan cari malam terblokir, yang berwarna abu-abu. Buka tanggal yang terblokir jika Anda bisa menerima tamu di tanggal tersebut.

Mengizinkan masa inap yang lebih singkat adalah cara lain agar iklan tempat Anda bisa muncul di lebih banyak hasil pencarian. Anda dapat menyesuaikan durasi menginap minimum menurut hari dalam seminggu. Sebagai contoh, jika tingkat permintaan tamu lebih tinggi pada akhir pekan, Anda bisa memilih untuk mengizinkan masa inap satu malam selama pertengahan minggu, tetapi tidak mengizinkannya saat tamu memesan untuk hari Jumat atau Sabtu malam.

Menawarkan pelayanan yang lebih fleksibel dan memungkinkan tamu memesan lebih dekat dengan waktu check-in juga akan membantu menarik lebih banyak pemesanan. Pilih waktu tunggu minimum yang singkat, misalnya di hari yang sama, tergantung berapa lama waktu yang Anda butuhkan antara pemesanan tamu dan kedatangan mereka.

Anda juga bisa mengizinkan permohonan dengan pemberitahuan yang lebih singkat dari waktu tunggu minimum Anda. Anda akan diminta untuk meninjau dan menyetujui permohonan ini.

Tetapkan harga yang kompetitif

Iklan tempat dengan harga yang lebih rendah dari iklan tempat serupa lainnya di sekitarnya cenderung menempati peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian. Pertimbangkan untuk menyesuaikan harga per malam Anda dibandingkan dengan pesaing Anda untuk membantu mendapatkan setidaknya 10 masa inap.

Untuk memeriksa harga tempat serupa di area Anda, buka kalender iklan tempat Anda dan pilih rentang tanggal hingga 31 hari.

Anda akan melihat harga rata-rata tempat serupa di peta area Anda. Faktor-faktor yang menentukan tempat mana saja yang serupa mencakup lokasi, luas, fitur, fasilitas, penilaian, ulasan, dan tempat lain yang ditelusuri tamu saat mempertimbangkan tempat Anda.

Jika Anda menawarkan harga yang sama untuk setiap malam, pertimbangkan untuk menyesuaikan harga pada hari kerja dan akhir pekan untuk menarik lebih banyak tamu. Memvariasikan harga berdasarkan malam bisa membantu memaksimalkan pemesanan dan penghasilan Anda.

Tambahkan diskon

Menambahkan diskon adalah cara lain untuk tampil menonjol di mata tamu. Anda bisa memenuhi kebutuhan beragam wisatawan dengan menawarkan:

  • Diskon mingguan dan bulanan. Tawarkan diskon mingguan untuk masa inap berdurasi tujuh malam ke atas dan diskon bulanan untuk masa inap berdurasi 28 malam ke atas. Ini bisa memperpanjang durasi menginap rata-rata di seluruh tempat Anda dan mengurangi pergantian tamu.
  • Diskon early-bird. Tambahkan diskon untuk pemesanan yang dibuat 1 hingga 24 bulan sebelum check-in, dan capai jumlah pemesanan yang banyak sebelum musim ramai.

Tamu akan melihat keterangan khusus di hasil pencarian dan di halaman iklan Anda untuk diskon mingguan atau bulanan sebesar 10% atau lebih dan untuk diskon early-bird sebesar 3% atau lebih. Harga diskon Anda muncul di samping harga semula, yang dicoret.

Harap perhatikan bahwa diskon early-bird tidak tersedia jika Smart Pricing diaktifkan dan bahwa diskon durasi menginap harus mematuhi peraturan dan perundang-undangan setempat.

Tekankan keramahtamahan bintang lima

Tamu menghargai komunikasi yang cepat dan jelas, dan kriteria HosTeladan mengharuskan tuan rumah memiliki tingkat respons setidaknya 90%. Mengaktifkan balasan cepat akan membantu Anda menanggapi tamu dengan mudah dan efisien.

Balasan cepat adalah templat pesan singkat yang membahas topik tertentu yang sering ditanyakan kepada tuan rumah. Anda bisa menulis atau mengeditnya terlebih dahulu untuk dikirimkan saat Anda mengobrol dengan tamu.

Menargetkan ulasan lima bintang juga berarti mengantisipasi kebutuhan tamu dan berupaya sebaik mungkin untuk memenuhinya bila memungkinkan.

  • Tambahkan sentuhan pribadi. Hal kecil, seperti menyediakan kopi lokal favorit Anda atau pesan sambutan yang ditulis tangan, bisa sangat membantu membuat tamu merasa istimewa.
  • Bantu tamu merasa seperti di rumah. Coba bayangkan tempat Anda dan semua yang Anda tawarkan dari sudut pandang mereka. Hal-hal seperti mengizinkan check-in awal dan melipat handuk serta menyimpannya dengan rapi bisa menjadi penentu yang membedakan antara penilaian keseluruhan yang baik dan yang luar biasa.
  • Tetap berkomunikasi. Beri tahukan kepada tamu bahwa mereka bisa menghubungi Anda atau rekan tuan rumah Anda kapan saja. Atur notifikasi untuk memberi tahu Anda saat tamu mengirimkan pesan.

Fokus pada daya tarik tempat Anda

Memperbarui halaman iklan Anda secara berkala bisa membantu menarik tamu yang sesuai untuk tempat Anda.

Foto yang bagus akan menarik perhatian, membantu menetapkan ekspektasi yang jelas, dan membuat tamu merasa lebih yakin untuk memesan penginapan Anda. Pertimbangkan untuk memperbarui foto tempat Anda guna membantu Anda meraih status HosTeladan.

  • Rancang foto Anda. Fokus untuk mendapatkan foto yang menampilkan detail unik penginapan Anda, fasilitas populer, dan fitur aksesibilitas. Abadikan setiap kamar dan area yang dapat digunakan tamu dari berbagai perspektif.
  • Unggah gambar horizontal beresolusi tinggi. Foto harus berukuran setidaknya 800 x 1.200 piksel. Ukuran file yang lebih besar akan lebih baik, hingga sekitar 10 megabyte.
  • Gunakan layanan profesional. Pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan dari jasa fotografer profesional. Airbnb bisa menghubungkan Anda dengan seorang profesional di kota-kota tertentu di seluruh dunia.
  • Buat tur foto. Perangkat Airbnb secara otomatis mengurutkan foto yang Anda unggah berdasarkan kamar untuk membantu tamu memahami tata letak penginapan Anda. Anda bisa memindahkan, menghapus, dan menambahkan foto, menambahkan detail ke setiap ruangan, dan menulis keterangan untuk setiap foto.

Apa yang tercantum dalam iklan tempat Anda sama pentingnya dengan tampilannya. Judul, deskripsi, dan fasilitas Anda memberikan lebih banyak kesempatan untuk memikat tamu dan menetapkan ekspektasi yang jelas mengenai pengalaman menginap mereka.

  • Sertakan judul iklan tempat yang singkat dan deskriptif. Pastikan bahwa judul Anda memberikan perspektif yang unik dan akurat mengenai penginapan dan lingkungan Anda. Misalnya, "Studio yang tenang dekat Uffizi" menyampaikan dengan singkat bahwa tempat ini adalah apartemen dengan suasana tenang dan berlokasi di pusat kota Florence, Italia.
  • Deskripsi iklan tempat yang jelas dan jujur biasanya lebih efektif. Sertakan detail konkret yang menjelaskan apa saja yang akan dilihat, didengar, dan dialami oleh tamu di tempat Anda. Misalnya, Anda dapat mengatakan bahwa halaman belakang dipagari dan memiliki area yang luas untuk tempat bermain anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Tambahkan setiap fasilitas yang Anda tawarkan. Pertimbangkan fasilitas populer mana yang bisa Anda tambahkan atau tingkatkan, seperti mengganti kotak penyimpanan dengan smart lock atau meningkatkan kecepatan wifi Anda. Fasilitas populer yang dicari tamu meliputi check-in mandiri, wifi, mesin cuci, pengering, TV atau TV kabel, dan area barbeku.***

*Berdasarkan median pendapatan untuk HosTeladan dan non-HosTeladan dari Oktober 2023 hingga Oktober 2024.

**Berdasarkan data internal Airbnb pada 7 Oktober 2024.

***Menurut data Airbnb yang mengukur fasilitas yang paling sering dicari di seluruh dunia mulai 1 Januari hingga 30 Juni 2024.

Andalah yang selalu mengontrol harga dan pengaturan lainnya. Hasil yang Anda peroleh bisa bervariasi.

Tuan rumah mendapatkan bayaran atas partisipasinya dalam wawancara.

Tips menerima tamu tunduk pada undang-undang setempat.

Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

Airbnb
6 Jan 2025
Apakah ini membantu?