Cara menyambut tamu Airbnb pertama Anda

Selalu hadirkan pengalaman berkesan untuk masa inap tamu Anda.
Oleh Airbnb pada 20 Nov 2019
Diperbarui 10 Jun 2024

Anda mungkin memiliki pertanyaan mengenai cara bersiap menyambut tamu pertama Anda. Berikut beberapa tips untuk mempersiapkan pengalaman yang lancar.

Persiapkan proses check-in yang mudah

Siapkan proses yang mudah dan andal. Tambahkan petunjuk arah ke tempat Anda, metode check-in, dan petunjuk check-in langkah demi langkah di panduan kedatangan tempat Anda. Sebagian besar tamu lebih suka check-in mandiri yang praktis, yang memungkinkan mereka masuk tanpa kehadiran Anda.

Tamu dapat mengakses petunjuk check-in Anda di detail perjalanan mereka 48 jam sebelum mereka dijadwalkan untuk check-in, atau 24 jam sebelumnya jika Anda memiliki kebijakan pembatalan fleksibel.

Perkirakan kebutuhan tamu

Setiap tamu memiliki kebutuhan yang berbeda, tetapi kebanyakan tamu ingin bisa mengakses item dan informasi tertentu. Ambil langkah-langkah berikut untuk memberikan pengalaman menginap yang nyaman.

  • Siapkan fasilitas dasar. Ini mencakup handuk, seprai, bantal, sabun, dan tisu toilet.

  • Pastikan Anda selalu siap membantu. Buat rencana untuk menyelesaikan masalah dengan cepat, dan ingatkan tamu bahwa mereka bisa menghubungi Anda jika terjadi sesuatu.

  • Tambahkan panduan rumah. Berikan informasi penting, seperti cara mengakses internet dan menggunakan peralatan rumah tangga. Sediakan versi cetak yang mudah diakses tamu.

  • Tambahkan buku panduan. Bagikan tips lokal Anda, termasuk tempat untuk bersantap, berbelanja, berjalan-jalan, dan menikmati alam.

Berkomunikasi lebih awal dan sering

Setiap interaksi yang Anda lakukan dengan tamu adalah kesempatan untuk menetapkan ekspektasi dan menunjukkan bahwa Anda peduli dengan kebutuhan mereka.

  • Ciptakan lingkungan yang ramah. Prioritaskan praktik inklusif untuk membantu setiap tamu merasa nyaman di tempat Anda. Mulailah dengan menanyakan kepada tamu tentang hal-hal yang dapat membuat mereka merasa seperti di rumah sendiri.

  • Pengertian. Cobalah untuk memahami setiap situasi dari sudut pandang tamu.

  • Beri tanggapan segera. Memiliki tingkat respons yang baik akan membantu iklan Anda muncul di bagian atas pada pencarian tamu di Airbnb. Gunakan aplikasi untuk berkomunikasi dengan cepat, dan atur pesan terjadwal untuk memberikan informasi bermanfaat di momen penting, misalnya, check-in.

Berikut beberapa contoh pesan yang bisa Anda pertimbangkan untuk dijadwalkan pada waktu-waktu tertentu. Contoh ini menggunakan shortcode, placeholder yang secara otomatis mengisi detail reservasi, iklan, dan tamu. Sisipkan shortcode dari menu drop-down, karena shortcode tidak akan berfungsi jika Anda mengetiknya secara manual.

Pastikan kebersihan dan kerapian tempat Anda terjaga

Tamu mengharapkan tempat yang bersih saat mereka tiba. Ciptakan rutinitas yang mencakup pembersihan semua permukaan, lantai, dan kain.

  • Periksa noda, kotoran, dan rambut. Area yang sering diabaikan, yaitu di bawah tempat tidur, di dalam laci, dan penutup jendela.

  • Pilih aroma netral. Segala jenis aroma yang kuat bisa membuat tamu tidak nyaman. Buka jendela saat membersihkan tempat dan gunakan disinfektan serbaguna yang ringan.

  • Singkirkan atau simpan barang pribadi. Tempat Anda akan terasa lebih nyaman dan lebih rapi.

Minta dan berikan ulasan

Anda dan tamu Anda memiliki waktu 14 hari setelah check-out untuk saling memberi ulasan. Ulasan akan disembunyikan sampai Anda dan tamu yang memesan mengirimkan ulasan atau sampai periode ulasan 14 hari berakhir. Tamu juga bisa memberikan nilai bintang untuk keseluruhan pengalaman mereka dan dalam enam subkategori: kebersihan, keakuratan, check-in, komunikasi, lokasi, dan nilai ekonomis.

Beberapa ulasan pertama sangat penting bagi Anda. Nilai keseluruhan Anda akan muncul di iklan Anda setelah Anda menerima tiga ulasan dan ini dapat berdampak pada peringkat tempat di hasil pencarian. Pertimbangkan untuk menjadwalkan pesan pada hari check-out yang meminta tamu untuk mengulas masa inapnya.

Bersikaplah jujur dan sopan saat menulis ulasan, dan terapkan standar yang sama untuk mengevaluasi setiap tamu. Proses ulasan ini membantu membangun kepercayaan bagi tamu dan Tuan Rumah.

Seri Pembelajaran: Menerima Tamu Pertama Kali

Dapatkan tips lainnya

Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

Airbnb
20 Nov 2019
Apakah ini membantu?