Lewatkan, langsung lihat konten
Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan
    Menggunakan pesan tersimpan Airbnb untuk menghemat waktu

    Menggunakan pesan tersimpan Airbnb untuk menghemat waktu

    Buat pesan tersimpan untuk semua keperluan, dari salam penyambutan hingga petunjuk arah mengemudi.
    Oleh Airbnb pada 12 Des 2018
    Bacaan 5 menit
    Diperbarui 20 Nov 2019

    Jika Anda merasa seperti deja vu tiap kali membuka pesan dari tamu, Anda tidak sendirian. Ada beberapa topik yang berulang-ulang ditanyakan kepada tuan rumah, seperti pengecualian untuk hewan peliharaan, kode wifi, petunjuk arah, tempat makan terbaik, dan lainnya. Untuk itu, ada fitur template Airbnb yang dapat membantu: pesan tersimpan.

    “Saya menyukai [pesan tersimpan] dan menggunakannya sepanjang waktu,” ungkap tuan rumah Sally dari Snoqualmie, Washington. “Adanya template menghemat waktu saya—Saya bisa menjawab empat pertanyaan tamu dalam waktu kurang dari 10 menit! [Template] juga membuat saya tidak lupa tentang beberapa informasi penting dan memberi saya waktu untuk menyusun tanggapan yang apik—tanggapan yang telah diperiksa dengan baik, sangat jelas, dan jika sesuai, terutama peka terhadap kebutuhan tamu kami.”

    Berikut panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan fitur pesan tersimpan, bersama dengan beberapa tanggapan terbaik yang selalu diberikan Sally dan tuan rumah lainnya.

    Bagaimana cara membuat pesan tersimpan

    Di web:

    1. Buka utas pesan Anda dengan tamu
    2. Klik "Gunakan Pesan Tersimpan" di kotak pesan. Jika belum memiliki pesan tersimpan, Anda akan diminta untuk membuat pesan pertama Anda
    3. Buat judul, tulis pesan, lalu klik “Simpan”
    4. Pesan tersimpan akan muncul saat Anda mengklik “Gunakan Pesan Tersimpan.” Cukup pilih pesan yang ingin dikirimkan lalu klik “Kirim pesan”

    Di ponsel:

    1. Buka utas pesan Anda dengan tamu
    2. Ketuk “Ikon Dokumen” di samping kotak pesan. Jika belum memiliki tanggapan tersimpan, Anda akan diminta untuk membuat tanggapan pertama Anda
    3. Ketuk "Tulis tanggapan baru" dan buat judul
    4. Ketuk "Tulis tanggapan," tulis pesan, lalu ketuk “Simpan” dan “Selesai”
    5. Tanggapan tersimpan akan muncul saat Anda mengetuk “Ikon Dokumen” di samping kotak pesan. Cukup pilih tanggapan yang ingin dikirimkan, ketuk, lalu klik “Kirim”

    8 saran pesan dari tuan rumah

    1. Terima kasih telah memesan

      Pesan “terima kasih” segera akan memberi tahu tamu bahwa Anda sudah menerima permohonan mereka. John dari Westcliffe, Colorado, mengatakan, “Saya biasanya mengedit beberapa kalimat pertama agar pesannya terasa lebih personal. Sejauh ini, semua tamu memberikan reaksi yang baik dan sepertinya menyukai adanya info yang diberikan sejak awal.”

      Tuan Rumah Emily dari Italia membagikan contoh ini:

      “[nama tamu] yang terhormat,
      Terima kasih atas konfirmasi reservasi Anda. Apakah Anda tahu pukul berapa Anda akan tiba? Jika Anda membutuhkan petunjuk arah untuk mencapai rumah saya atau beberapa saran tentang [kota terkait], jangan ragu untuk bertanya kepada saya. Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk membantu Anda. Semoga hari Anda menyenangkan, sampai jumpa di [bulan menginap]."

        2. Mohon maaf, kami tidak dapat melayani Anda di tempat kami

        Meskipun sebagai tuan rumah rasanya ingin sekali menerima semua tamu, terkadang kita terpaksa menolak. Dan itu boleh dilakukan. Namun tetap saja, “respons ini harus disampaikan dengan halus, sopan, dan jelas,” kata Sally. “Karena itu, saat seseorang meminta Anda untuk membuat pengecualian untuk mereka, Anda tidak perlu mencemaskannya atau merasa bersalah—Anda cukup mengkliknya.” Dia juga menawarkan beberapa pesan tersimpan miliknya:

        • “Halo [nama tamu],
          Saya mohon maaf. Demi keamanan anak Anda, kami tidak dapat menerima keluarga muda.
        • “Halo [nama tamu], saya mohon maaf. Kami memiliki anjing jantan sehingga kami tidak ingin ada masalah apa pun antara anjing kami dan anjing tamu lain.
        • Halo [nama tamu],
          Mohon maaf, kami terpaksa membatalkan reservasi Anda. Kami berharap Anda berkesempatan untuk mengunjungi kami di lain waktu.”

        3. Cara menuju ke tempat penginapan

        Beberapa hari sebelum tamu tiba, Anda mungkin harus mengirimkan petunjuk arah. (Airbnb secara otomatis mengirimkan petunjuk arah kepada tamu sehingga Anda bisa mengirimkan pesan yang singkat.) Ionnis dari Artemida, Yunani, menawarkan contoh berikut:

        “Halo [nama tamu].
        Kami menantikan kedatangan Anda. Berikut ini petunjuk arah menuju rumah kami melalui…
        Google maps: [tautan]
        Sistem GPS lainnya: [tautan]
        Petunjuk mengemudi:
        Petunjuk angkutan umum:
        Opsi transportasi lainnya:
        Kami memiliki banyak saran di bagian “Jalan-jalan” di iklan tempat kami dan kami menganjurkan Anda untuk membacanya agar perjalanan Anda lebih maksimal. Cuaca selama [tanggal menginap] diperkirakan akan [ramalan cuaca]. Sebelum tiba, jangan ragu untuk mengirimkan detail penerbangan, nama kapal dan waktu kedatangan di pelabuhan, pilihan transportasi (taksi, angkutan umum, mobil sendiri). Beri tahu kami juga jika Anda mengaktifkan roaming di ponsel dan metode komunikasi pilihan Anda saat tiba (panggilan suara, pesan teks SMS, Viber, WhatsApp).”

        4. Pesan sambutan dan perlengkapan

        “Dalam pesan pra-kedatangan saya, saya mengirimkan kode pintu, kode wifi, petunjuk arah yang lengkap, serta menegaskan kembali peraturan dan kebijakan saya sekali lagi sebagai pengingat,” ungkap John. (Airbnb juga memiliki instruksi check-in sehingga Anda memiliki cara lain untuk mengingatkan tamu tentang detailnya.) John menyediakan beberapa detail lebih lanjut:

        “[nama tamu] yang terhormat,
        Sekarang, Anda seharusnya telah menerima petunjuk arah ke rumah kami. Beberapa hal lain yang Anda perlu ketahui untuk menikmati pengalaman menginap luar biasa:
        Kontak: [nomor telepon atau nama panggilan atau nama pengguna]
        Tempat pertemuan: [di rumah, pelabuhan, bandara, atau titik pertemuan lainnya]
        Kode pintu: [kode masuk atau empat digit terakhir nomor ponsel Anda]
        Wifi: [kata sandi]
        Panduan rumah: [tautan atau instruksi]”

          5. Aktivitas

          Berkenaan dengan aktivitas, tuan rumah memiliki pengetahuan lokal yang tidak bisa ditandingi oleh pemandu wisata. Heather dari Stowe, Vermont, menyarankan menyusun daftar “Aktivitas saat hujan” dan “Reservasi populer” yang siap digunakan. Sally membuat daftar rekomendasi yang cukup humoris:

          “Wah, [nama tamu], saya pikir Anda akan menyukai salah satu aktivitas ini:
          [Lintas alam yang seru di area ini]
          [Lintas alam ringan]
          [Lintas alam untuk mereka yang lebih ambisius]
          [Tempat makan enak, dalam perjalanan]
          [Info yang perlu diketahui pelari maraton]
          [Aktivitas pernikahan tamu]”

            6. Tidur Anda nyenyak?

            Setelah malam pertama, tuan rumah merekomendasikan untuk mengirimkan pesan sambutan lain yang menanyakan apakah semuanya baik-baik saja. “Ini sangat penting,” Ionnis menambahkan. “Jika mereka menginap lebih lama, saya akan mengulangi pesan ini setiap dua sampai tiga hari.” Contohnya:

            “Selamat pagi, [nama tamu],
            Tidur Anda nyenyak? Kami harap pengalaman menginap Anda nyaman. Harap beri tahu kami apakah segalanya baik-baik saja dan jika Anda perlu sesuatu.
            N.B. Berikut tautan tentang pantai terdekat dari rumah kami.”

              7. Check-out

              “Satu [pesan tersimpan] yang menurut saya cukup berguna adalah pesan yang saya kirimkan sehari sebelum meninggalkan tempat untuk mengingatkan tamu tentang waktu check-out,” kata Kate Mary dari Kiev, Ukraina. Berikut detail lainnya yang dia sarankan untuk mengingatkan tamu:

              “Hai [nama tamu],
              Waktu kepulangan sudah dekat ya? Kami sedih Anda harus pergi. Sekadar pengingat tentang check-out:
              Waktu check-out: Besok, pukul [waktu check-out]
              Petunjuk arah: [ke bandara, pelabuhan, atau nomor konfirmasi transportasi lainnya]
              Jangan lupa untuk mengunci pintu. Terima kasih telah menginap di tempat kami, kami berharap bisa melayani Anda lagi!”

                8. Terima kasih telah menjadi tamu yang luar biasa

                “Terkadang saya ingin tahu apakah tamu merasa cemas akan menerima ulasan buruk jika saya meninggalkan ulasan terlalu cepat setelah mereka pulang. Semoga [pesan terima kasih seperti ini] akan meredakan kecemasan dan mendorong mereka untuk meninggalkan ulasan sebagai balasannya,” ungkap Heather.

                • “[nama tamu] yang terhormat,
                  Terima kasih telah memilih rumah kami selama perjalanan Anda ke [kota]. Kami berharap Anda menikmati pengalaman menginap bintang 5 dan pulang ke rumah dengan selamat. Setelah perjalanan Anda selesai, harap beri ulasan tentang pengalaman menginap Anda.
                • “[nama tamu] yang terhormat,
                  Kami harap Anda bersedia memberikan ulasan tentang pengalaman menginap Anda dengan kami. Sekali lagi terima kasih karena telah memilih rumah kami. Kami berharap Anda pulang ke rumah dengan selamat.”

                Informasi yang terdapat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak diterbitkan.

                Airbnb
                12 Des 2018
                Apakah ini membantu?