Apa itu Kebijakan Kejadian dengan Gangguan Skala Besar?

Pelajari cara Airbnb menangani pembatalan ketika ada kejadian berskala besar.
Oleh Airbnb pada 28 Mar 2024
Bacaan 3 menit
Diperbarui 28 Mar 2024

Keselamatan Tuan Rumah dan tamu adalah prioritas utama kami. Ketika peristiwa bencana alam, krisis kesehatan masyarakat, atau kejadian berskala besar lainnya membuat Anda tidak bisa menerima tamu, kami memberlakukan kebijakan yang membantu melindungi Anda maupun tamu Anda. 

Kebijakan ini sebelumnya disebut sebagai Kebijakan Kejadian Luar Biasa. Kami memperbarui kebijakan tersebut dan mengubah namanya agar lebih mudah dipahami. 

Kebijakan Kejadian dengan Gangguan Skala Besar yang direvisi ini akan berlaku terhadap semua perjalanan dan Pengalaman yang berlangsung pada atau setelah 6 Juni 2024, terlepas dari tanggal pemesanannya.*

Apa saja yang tercakup dalam Kebijakan Kejadian dengan Gangguan Skala Besar?

Kebijakan menjelaskan bagaimana Airbnb menangani pembatalan dan pengembalian uang apabila ada kejadian berskala besar yang memengaruhi reservasi. 

Kejadian berikut tercakup apabila memengaruhi lokasi reservasi, terjadi setelah pemesanan dilakukan, dan menghalangi atau secara hukum melarang penyelesaian reservasi yang sedang berjalan atau yang akan datang:

  • Pengumuman keadaan darurat kesehatan masyarakat dan wabah. Hal ini termasuk wabah, pandemi, dan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang diumumkan pemerintah. Hal ini tidak termasuk penyakit endemis atau yang umum dikaitkan dengan area tertentu. COVID-19 tidak tercakup dalam Kejadian dengan Gangguan Skala Besar.
  • Pembatasan perjalanan oleh pemerintah. Ini termasuk pembatasan wajib yang diberlakukan oleh badan pemerintah, seperti perintah evakuasi. Ini tidak termasuk imbauan perjalanan dan panduan serupa dari pemerintah.
  • Tindakan militer dan agresi lainnya. Hal ini termasuk tindakan perang, agresi, invasi, perang sipil, terorisme, ledakan, pengeboman, pemberontakan, kerusuhan, dan huru-hara.
  • Pemadaman utilitas penting berskala besar. Hal ini termasuk pemadaman utilitas penting yang berkepanjangan, misalnya, pemanas, air, dan listrik, yang memengaruhi mayoritas rumah di lokasi tertentu.
  • Bencana alam. Hal ini termasuk bencana alam dan kejadian cuaca ekstrem lainnya. Kondisi alam atau cuaca yang cukup umum diprediksi di lokasi terkait hanya tercakup apabila merupakan akibat dari peristiwa lainnya yang tercakup kebijakan, yang menyebabkan reservasi tidak dapat diselesaikan. Contohnya, badai selama musim badai di Meksiko hanya tercakup jika terdapat perintah evakuasi wajib akibat kejadian tersebut.

Bagaimana cara kerja kebijakan ini?

Jika suatu kejadian tercakup:

  • Tuan Rumah bisa membatalkan reservasi tanpa biaya atau konsekuensi merugikan lainnya. Tanggal-tanggal yang dibatalkan dalam kalender iklannya akan diblokir.
  • Tamu bisa membatalkan reservasi dan menerima pengembalian uang atau kredit perjalanan, terlepas dari kebijakan pembatalan Tuan Rumah. Kalender iklan akan tetap terbuka jika reservasi dibatalkan oleh tamu.
  • Tuan Rumah tidak akan menerima bayaran masuk jika reservasi dibatalkan oleh Tuan Rumah atau tamu.
  • Tuan Rumah dan tamu dapat membatalkan sisa masa inap meskipun tamu sudah check-in.

Jika suatu kejadian tidak tercakup:

  • Pembatalan oleh tamu harus mematuhi kebijakan pembatalan tempat.
  • Pembatalan oleh Tuan Rumah harus mematuhi Kebijakan Pembatalan Tuan Rumah, yang mungkin mencakup biaya-biaya dan konsekuensi lainnya. 
  • Tuan Rumah dan tamu tetap dapat membuat kesepakatan pengembalian uang sendiri di luar kebijakan tersebut. 

Apa saja perubahan pada kebijakan tersebut?

Kami memperbarui dan mengubah nama kebijakan ini sebagai tanggapan atas umpan balik yang kami terima dari Tuan Rumah dan tamu. Contohnya, beberapa Tuan Rumah tidak bisa memastikan ketercakupan kejadian cuaca yang dapat diprediksi atau kejadian yang memengaruhi kemampuan tamu untuk bepergian. 

Berikut beberapa pembaruan penting: 

  • Kebijakan ini hanya akan berlaku pada kejadian yang terjadi di lokasi reservasi. Kejadian yang memengaruhi kemampuan tamu untuk bepergian ke lokasi reservasi tidak tercakup lagi. 
  • Kejadian cuaca yang dapat diprediksi di lokasi reservasi secara eksplisit memenuhi syarat untuk tercakup jika kejadian tersebut adalah akibat dari kejadian yang tercakup. Misalnya, pembatasan perjalanan oleh pemerintah atau pemadaman utilitas berskala besar. 

Apakah Kebijakan Pembatalan Tuan Rumah memengaruhi kebijakan ini?

Kebijakan Pembatalan Tuan Rumah merupakan aturan yang terpisah dari Kebijakan Kejadian dengan Gangguan Skala Besar. Menurut Kebijakan Pembatalan Tuan Rumah, Airbnb akan membebaskan biaya-biaya yang berlaku dan, dalam kasus tertentu, konsekuensi lainnya, jika Tuan Rumah membatalkan reservasi karena alasan valid tertentu yang di luar kendali Tuan Rumah, misalnya, pipa pecah. Tuan Rumah diharapkan untuk tetap melayani reservasi terkonfirmasi menurut Kebijakan Pembatalan Tuan Rumah. 

Menurut kedua kebijakan tersebut, Tuan Rumah wajib membatalkan reservasi jika tempatnya tidak layak dihuni atau tidak sesuai dengan tempat yang dipesan oleh tamu. Contohnya, jika kolam renang Anda tidak bisa digunakan setelah badai besar, namun di iklan Anda tercantum bahwa Anda menyediakan kolam renang, Anda harus membatalkan reservasi atau membuat kesepakatan dengan tamu sebelum proses check-in.

*Kecuali Airbnb menyampaikan sebaliknya kepada pengguna tertentu.

Kebijakan ini tidak membatasi hak Tuan Rumah dan tamu berdasarkan undang-undang dan peraturan setempat, dan keputusan yang dibuat oleh Airbnb berdasarkan kebijakan ini tidak akan memengaruhi hak hukum Tuan Rumah dan tamu.

Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

Airbnb
28 Mar 2024
Apakah ini membantu?