Cara menangani ulasan negatif
Ulasan negatif bisa terasa menyakitkan, namun tuan rumah berperingkat tinggi sekalipun bisa mendapatkannya sesekali. Berikut beberapa tips untuk menangani umpan balik negatif dari tamu.
Menanggapi ulasan negatif
Memberikan tanggapan yang dapat dilihat publik akan membantu menunjukkan kepada tamu bahwa Anda bersedia menerima saran. Jawaban singkat dan ramah bisa membantu meyakinkan tamu lain bahwa Anda peduli dengan pengalaman mereka.
“Saya tidak mengharapkan tuan rumah selalu mendapatkan ulasan yang 100% sempurna,” kata Andrew, tamu yang juga HosTeladan di Berlin. “Saya jauh lebih terkesan dengan mereka yang menanggapi umpan balik yang sangat penting dengan serius.”
Pertimbangkan tips berikut untuk menanggapi ulasan negatif:
- Ucapkan terima kasih kepada tamu atas umpan balik mereka. Cukup dengan menyampaikan: “Terima kasih atas ulasan Anda. Kami sangat menghargai waktu yang Anda luangkan untuk menceritakan pengalaman perjalanan Anda.”
- Beri tahukan bagaimana Anda akan meningkatkan tempat Anda. Anda bisa menuliskan: “Kami mohon maaf karena tempat tidurnya kurang nyaman. Kualitas tidur Anda sangat penting, jadi kami telah menambahkan bantalan kasur.”
Anda bisa meminta penghapusan untuk ulasan yang Anda terima yang menurut Anda tidak mematuhi Kebijakan Ulasan kami, misalnya ulasan yang bersifat pembalasan.
Menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu
Masalah yang berkaitan dengan keakuratan dan kebersihan adalah dua alasan paling umum yang membuat tamu memberikan nilai kurang dari lima bintang kepada tuan rumah. Gunakan umpan balik tamu sebagai kesempatan untuk menyempurnakan cara Anda menerima tamu.
Berikut beberapa cara untuk menunjukkan kepada tamu bahwa Anda selalu terbuka untuk melakukan peningkatan:
- Menganggap umpan balik sebagai peluang. Tamu biasanya menawarkan perspektif yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda, seperti proses check-in bisa lebih mudah atau Anda bisa menambahkan lebih banyak handuk.
Bersikap transparan. Selalu perbarui foto dan deskripsi iklan Anda untuk menampilkan apa yang Anda tawarkan saat ini. Jelaskan bagaimana Anda menangani kemungkinan kendala, seperti menyediakan penyumbat telinga jika jalan di sekitar tempat Anda berisik.
- Mempraktikkan cara menerima tamu inklusif. Berfokuslah untuk membuat setiap tamu merasa disambut hangat dengan menggunakan bahasa yang netral gender dan menonjolkan fitur-fitur aksesibilitas.
- Berkomunikasi dengan tamu selama mereka menginap. Gunakan pesan terjadwal untuk menanyakan kabar, dan segera atasi masalah apa pun.
Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.