Tips untuk mencegah terjadinya pembatalan yang bisa dihindari

Perbarui kalender, sesuaikan pengaturan, dan ketahui tanggung jawab Anda.
Oleh Airbnb pada 4 Mei 2021
Bacaan 3 menit
Diperbarui 15 Agu 2024

Begitu terkonfirmasi, tamu tidak mengharapkan pemesanan itu berubah. Pembatalan oleh Tuan Rumah bisa mengganggu rencana perjalanan mereka, merusak kepercayaan dalam komunitas ini, dan menimbulkan biaya atau konsekuensi lainnya. 

Berikut sejumlah tips untuk membantu Anda menghindari pembatalan reservasi karena alasan yang dapat dihindari.

Selalu perbarui kalender Anda

Beri tahu tamu kapan mereka bisa menginap di tempat Anda.

  • Buka tanggal dari tiga bulan hingga dua tahun sebelumnya.
  • Blokir tanggal saat Anda tidak bisa melayani tamu.
  • Periksa kalender Anda secara rutin untuk memastikan ketersediaan Anda.

Memperbarui ketersediaan kalender Anda sangatlah penting jika Anda menggunakan Pemesanan Instan. Pemesanan Instan memungkinkan tamu memesan tanggal yang Anda buka tanpa harus menunggu Anda meninjau permohonan mereka.

Ketika pemesanan tamu terkonfirmasi, kalender Anda otomatis diblokir untuk tanggal tersebut. Anda harus memblokir tanggal secara manual saat Anda tidak bisa menerima tamu karena alasan lain.

Mendapatkan pemesanan pada tanggal yang tidak bisa Anda layani bisa mengakibatkan biaya pembatalan atau konsekuensi lainnya.

Sesuaikan pengaturan kalender Anda

Pengaturan Anda dibagi menjadi dua tab: Harga dan Ketersediaan. Perangkat ini bisa membantu Anda mendapatkan pemesanan yang diinginkan, pada saat Anda menginginkannya. Contohnya, Anda bisa:

  • Mendukung strategi harga Anda. Andalah yang memegang kendali atas harga tempat, dan Anda bisa mengubahnya kapan saja. Perangkat harga memungkinkan Anda membandingkan harga tempat serupa di sekitar Anda, menawarkan diskon untuk masa inap jangka panjang, dan menetapkan harga khusus pada tanggal tertentu, seperti hari libur dan akhir pekan. Anda juga bisa mengaktifkan Smart Pricing untuk menyesuaikan harga Anda secara otomatis berdasarkan tingkat permintaan setempat.
  • Menetapkan preferensi pemesanan Anda. Gunakan rentang waktu ketersediaan untuk menentukan seberapa awal tamu bisa memesan, dari tiga hingga 24 bulan. Opsi lainnya meliputi: menentukan jumlah malam minimum dan maksimum per masa inap, mewajibkan pemberitahuan awal hingga tujuh hari sebelumnya untuk reservasi, dan memblokir satu atau dua malam di antara pemesanan sebagai waktu persiapan.
  • Menghubungkan kalender Anda. Sinkronkan kalender pribadi dan kalender menerima tamu lainnya (jika Anda mengiklankan tempat Anda di situs web lain) dengan kalender Airbnb Anda. Ini bisa membantu Anda mengelola tugas menerima tamu dan mencegah pemesanan ganda.

Ketahui tanggung jawab Anda sebagai Tuan Rumah

Kami memahami bahwa Anda mungkin harus membatalkan reservasi karena alasan yang di luar kendali Anda, seperti melakukan perbaikan darurat. Jika Anda harus membatalkan, pastikan Anda:

  • Membaca kebijakan kami. Kebijakan Pembatalan Tuan Rumah Airbnb menjelaskan biaya dan konsekuensi lainnya karena membatalkan, dan kapan pembatalan tersebut bisa ditiadakan. Bila Anda tidak yakin apakah situasi Anda memenuhi syarat, hubungi Dukungan Airbnb sebelum Anda membatalkan. Anda tidak bisa membatalkan reservasi karena alasan yang melanggar Kebijakan Nondiskriminasi atau Kebijakan Aksesibilitas Airbnb.
  • Memberikan pemberitahuan yang cukup kepada tamu. Bila Anda tidak bisa melayani reservasi—apa pun alasannya—Anda diharapkan segera membatalkannya. Anda tidak boleh meminta tamu membatalkan reservasi.
  • Mematuhi peraturan dan perundang-undangan setempat. Baca artikel kami tentang menerima tamu dengan bertanggung jawab untuk lebih memahami undang-undang, pajak, praktik terbaik, dan pertimbangan lainnya dalam mengakomodasi tamu di wilayah Anda.

Ketika Tuan Rumah membatalkan reservasi, kami bekerja sama dengan tamu untuk membantu mereka menemukan tempat menginap lain.

Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.
Airbnb
4 Mei 2021
Apakah ini membantu?