Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.
Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.

Menggunakan balasan cepat untuk menghemat waktu

Sesuaikan pilihan layanan Anda dan jawab pertanyaan umum dengan mudah menggunakan templat pesan.
Oleh Airbnb pada 22 Sep 2025

Sebagian besar tamu yang memesan Airbnb Services akan terlebih dahulu mengirimkan pesan kepada tuan rumah. Anda bisa menjawab pertanyaan umum, meningkatkan peluang pemesanan, dan berkomunikasi dengan cepat menggunakan balasan cepat di tab Pesan.

Apa itu balasan cepat?

Balasan cepat adalah pesan singkat yang sudah ditulis sebelumnya dan disimpan sebagai templat di pengaturan pengiriman pesan Anda.

Placeholder untuk detail, seperti nama depan tamu, mempersonalisasi setiap pesan dengan mengambil data dari iklan Anda atau reservasi.

Anda bisa membuat balasan cepat Anda sendiri dan menggunakan templat untuk tuan rumah layanan Airbnb. Contohnya, jika Anda sering menjawab pertanyaan serupa tentang suatu penawaran sebelum tamu memesan, cobalah menyimpan respons standar Anda sebagai balasan cepat.

Pertimbangkan untuk mengirim balasan cepat saat Anda berkirim pesan dengan tamu dan menjadwalkan balasan cepat agar dikirimkan secara otomatis pada momen penting.

Bagaimana cara mengirim balasan cepat?

Untuk segera mengirim balasan cepat kepada tamu:

  • Buka tab Pesan.
  • Pilih percakapan yang ingin Anda balas.
  • Ketuk tanda tambah (+) di sebelah Tulis pesan.
  • Pilih Kirim balasan cepat.
  • Pilih balasan cepat, yang akan muncul dalam percakapan Anda.
  • Edit pesan atau kirimkan apa adanya.
  • Ketuk tanda panah () untuk mengirimkan pesan.

Tab Pesan juga memiliki balasan yang disarankan, yang menggunakan kecerdasan buatan untuk memahami pertanyaan tamu dan menyarankan salah satu balasan cepat Anda sebagai jawaban. Saran tersebut akan muncul dalam percakapan Anda, dan hanya Anda yang bisa melihatnya. Anda bisa mengedit balasan cepat sebelum mengirimkannya, atau menulis tanggapan lain.

Bagaimana cara menjadwalkan balasan cepat?

Untuk mengirimkan balasan cepat secara otomatis kepada semua tamu:

  • Buka tab Pesan.
  • Ketuk ikon pengaturan di sisi atas layar Anda.
  • Ketuk Kelola balasan cepat.
  • Pilih balasan cepat yang ingin Anda jadwalkan, lalu ketuk Selanjutnya.
  • Ketuk Jadwalkan untuk dan pilih kapan Anda ingin tamu menerima pesan, misalnya 5 menit setelah tamu memesan atau 2 jam setelah layanan berakhir.

Anda akan melihat pengingat dalam percakapan Anda dengan tamu saat balasan cepat terjadwal akan dikirim. Sesuaikan atau lewati pengiriman pesan jika pesan tersebut mengulangi informasi yang sudah Anda bagikan.

Anda bisa membuat, mengedit, dan menyimpan balasan cepat di pengaturan pengiriman pesan Anda.

Tips menggunakan balasan cepat

Balasan cepat paling cocok digunakan untuk percakapan singkat dan berfokus pada satu topik. Ini bisa mencakup penjelasan cara menambahkan lebih banyak tamu, memenuhi permintaan khusus, dan membuat rencana menghadapi situasi darurat.

Cobalah menjadwalkan balasan cepat untuk momen penting seperti berikut:

Konfirmasi pemesanan

Sapa tamu dan kumpulkan detail yang akan membantu Anda menyesuaikan penawaran dengan kebutuhan mereka. Contohnya, seorang fotografer mungkin bertanya:

  • Untuk momen apa sesi foto ini? 
  • Foto apa saja yang penting untuk diambil?

Jika rekan tuan rumah akan menyediakan layanan, atau asisten akan bergabung dengan Anda, pastikan Anda memperkenalkan dan menyampaikan kualifikasi mereka.

Sebelum layanan

Ingatkan tamu tentang waktu kedatangan dan lokasi pertemuan Anda, serta tawarkan tips untuk memanfaatkan layanan ini sebaik mungkin. Contohnya, personal trainer mungkin menyertakan daftar singkat pakaian yang direkomendasikan untuk aktivitas luar ruangan dan cuaca musiman.

Setelah layanan

Pertimbangkan untuk berterima kasih kepada tamu yang telah memesan layanan Anda. Mengajak tamu memberikan ulasan terbuka dapat membantu orang lain memutuskan apakah layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka. Minta umpan balik, termasuk ide-ide spesifik terkait cara Anda dapat membuat waktu yang dihabiskan bersama lebih mengesankan.

Mengirim foto atau video dengan balasan cepat dapat memudahkan Anda memperkenalkan diri, membuat pilihan layanan khusus, dan berbagi momen berkesan dengan tamu. Contohnya, seorang chef bisa mengirimkan foto sampel menu.

Anda bisa melampirkan file ke pesan kapan saja setelah pemesanan terkonfirmasi. Kirim foto dalam format PNG atau JPG (maksimal 50 MB) dan video dalam format MP4 atau MOV (maksimal 100 MB dan 60 detik).

Pengalaman pengguna bisa bervariasi tergantung lokasi. Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

Airbnb
22 Sep 2025
Apakah ini membantu?