Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.
Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.

3 cara untuk memikat lebih banyak tamu

Tinjau ketersediaan, harga, dan area layanan Anda.
Oleh Airbnb pada 22 Sep 2025

Menawarkan lebih banyak fleksibilitas akan membantu iklan Anda muncul lebih sering di hasil pencarian. Tarik perhatian tamu sebanyak mungkin dengan memperluas area layanan Anda serta menyediakan variasi harga dan jam operasional.

Mengelola ketersediaan Anda

Pastikan Anda menambahkan semua waktu yang bisa Anda gunakan untuk menerima tamu. Saat mengedit ketersediaan Anda, tambahkan jam operasional dan pilih rentang waktu ketersediaan. Tamu hanya bisa menemukan layanan yang memiliki keduanya.

Di tab Iklan:

  • Tetapkan jam operasional. Jam operasional Anda adalah waktu ketika tamu dapat melihat ketersediaan Anda dan dapat memesan layanan Anda. Anda bisa menambahkan jam yang sama atau jam yang berbeda untuk masing-masing pilihan layanan. Pertimbangkan waktu ramai—misalnya, waktu paling populer mungkin adalah pagi hari untuk personal trainer dan malam hari untuk chef pribadi. 
  • Masukkan rentang waktu ketersediaan. Pilih apakah tamu bisa memesan untuk 3, 6, 9, 12, atau 24 bulan ke depan. Rentang waktu ini bisa bervariasi untuk setiap pilihan layanan.

Di kalender Anda:

  • Sesuaikan ketersediaan Anda. Anda bisa menambahkan jam di luar jam operasional rutin dan memblokir waktu yang tidak bisa Anda gunakan untuk bekerja. Waktu yang diblokir berlaku untuk semua pilihan layanan.
  • Sinkronkan kalender. Hubungkan kalender Airbnb dan Google Anda. Semua acara di Google Calendar Anda akan memblokir waktu tersebut pada kalender Airbnb Anda.

Setelah selesai, lihat pratinjau iklan Anda untuk memverifikasi ketersediaan Anda dan melihat apa yang dilihat tamu.

Buka tab Iklan untuk mengedit jam operasional dan rentang waktu ketersediaan Anda.

Menetapkan harga yang kompetitif

Ada baiknya Anda menyediakan sedikitnya 3 pilihan layanan dengan harga dasar, standar, dan premium agar tetap bersaing dan memikat lebih banyak tamu. Pilihan harga yang beragam dapat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dan ulasan yang lebih banyak. Misalnya, tamu biasanya ingin membayar $52 hingga $95 USD untuk hidangan dengan 3 menu, $54 hingga $96 USD untuk perawatan spa, atau $46 hingga $75 USD untuk sesi pemotretan.*

  • Sertakan pilihan layanan dengan harga dasar. Tamu akan melihat pilihan layanan Anda dengan harga paling murah di hasil pencarian. Pilihan layanan dengan harga dasar bisa membantu memikat tamu baru dan membangkitkan minat pada pilihan layanan Anda yang lain.
  • Berikan penawaran khusus. Kirimkan penawaran khusus dengan permohonan pembayaran di tab Pesan sebelum tamu memesan. Contohnya, jika Anda menawarkan latihan pribadi, tamu mungkin bertanya apakah Anda bisa mengakomodasi olahraga pada pagi hari atau perjalanan di luar area layanan Anda. 
  • Sesuaikan dengan perubahan. Anda juga bisa mengirimkan perubahan harga di tab Pesan setelah tamu memesan. Misalnya, tamu mungkin ingin pilihan layanan khusus dengan menambahkan riasan kuku bergaya Prancis ke manikurnya atau bahan tertentu ke dalam hidangannya. 
  • Tambahkan harga minimum. Jika Anda memutuskan untuk mengenakan harga per tamu, Anda bisa menetapkan harga minimum per pemesanan. Ini bisa sangat membantu untuk layanan yang biasanya dilakukan secara berkelompok, seperti katering atau makanan jadi. Misalnya, jika tamu ingin memesan pilihan layanan senilai $50 USD untuk 2 tamu dan harga minimum Anda adalah $120 USD, mereka harus membayar $120 USD untuk memesan.
  • Tawarkan diskon. Anda bisa menambahkan diskon waktu terbatas, early bird, dan diskon grup besar untuk membantu memikat tamu agar melakukan pemesanan. Saat Anda menerapkan diskon, tamu akan melihat harga awal yang tercoret di hasil pencarian dan di iklan Anda.
Anda bisa memilih untuk membuat penawaran khusus jika tamu memiliki permintaan khusus.

Memperluas area layanan Anda

Tinjau kembali apakah Anda akan pergi menemui tamu, tamu akan datang menemui Anda, atau keduanya. Jika tamu datang menemui Anda, ingatlah bahwa mereka hanya akan menemukan Anda jika mereka mencari layanan yang dekat dengan lokasi Anda.

Jika Anda pergi menemui tamu:

  • Pertimbangkan area layanan Anda. Agar muncul lebih sering di hasil pencarian, pastikan Anda sudah menambahkan semua kota, lingkungan tinggal, atau kode pos yang bisa Anda masukkan ke area layanan Anda. 
  • Perhatikan fleksibilitas. Dalam deskripsi iklan Anda, Anda bisa menyebutkan area yang bisa Anda kunjungi sesekali, atau bahwa tamu bisa menghubungi Anda jika mereka berada di luar area layanan Anda.

Jika tamu datang menemui Anda:

  • Verifikasikan alamat Anda. Tamu yang melihat iklan Anda akan melihat jarak dan waktu perjalanan ke lokasi Anda.
  • Cantumkan nama bisnis Anda. Ini akan membantu tamu menemukan Anda saat mereka tiba.
  • Tambahkan foto profesional. Baik Anda menerima tamu di spa, gym, salon, atau di tempat lain, foto lokasi Anda menunjukkan kualitas layanan Anda dan membantu tamu menemukan Anda.

*Berdasarkan survei online pada Maret 2025 terhadap lebih dari 700 tamu Airbnb dan calon pemesan pertama kali di AS.

Pengalaman pengguna bisa bervariasi tergantung lokasi. Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

Airbnb
22 Sep 2025
Apakah ini membantu?