Lewatkan, langsung lihat konten
Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan
    Tips dari tuan rumah Airbnb Plus: Cara memberi sambutan yang lebih hangat
    Konten ini tidak tersedia dalam bahasa yang Anda pilih sehingga kami menyediakannya dalam bahasa yang paling mendekati yang ada saat ini.

    Tips dari tuan rumah Airbnb Plus: Cara memberi sambutan yang lebih hangat

    Ketahui bagaimana tuan rumah Airbnb Plus yang sukses membuat kesan pertama yang mengesankan.
    Oleh Airbnb pada 5 Mar 2020
    Bacaan 3 menit
    Diperbarui 5 Mar 2020

    Poin utama

    • Antisipasi kebutuhan tamu dengan berkomunikasi sebelum mereka tiba

      • Pastikan proses check-in yang mulus dengan persiapan yang lebih awal

      • Atur tempat dengan memperhatikan suasananya dan memastikan tamu merasa nyaman

      • Sediakan perlengkapan dasar dan siapkan perlengkapan ekstra

      • Permudah proses kepulangan tamu dan tindak lanjuti setelah 24 jam

      Tuan rumah Airbnb Plus adalah komunitas orang-orang luar biasa yang menganggap aktivitas menerima tamu seperti suatu seni dan menjalin keakraban sejak saat kedatangan tamu. Berikut beberapa tips terbaik mereka untuk mempersiapkan kesan pertama yang baik dan sambutan hangat:

      Antisipasi kebutuhan tamu

      Anda tidak perlu menunggu hingga tamu tiba untuk membuat mereka merasa disambut. Sehari sebelum check-in, tanyakan kepada tamu apakah mereka memiliki permohonan khusus. Apakah mereka bepergian bersama hewan peliharaan? Sediakan makanan atau mainan. Baik menyingkirkan makanan pemicu alergi dari dapur atau menyiapkan petunjuk arah ke tempat yang ingin dikunjungi tamu, sentuhan personal akan sangat bermakna.

      Pastikan proses check-in yang mulus

      Beri petunjuk check-in yang jelas kepada tamu untuk mempersiapkan kedatangan mereka, termasuk foto yang menunjukkan tempat mereka bisa menemukan kunci dan pintu masuk. Banyak tuan rumah yang senang mengirimkan petunjuk check-in melalui aplikasi Airbnb. Bila memungkinkan, usahakan untuk fleksibel memenuhi permohonan check-in awal atau check-out terlambat.

      Tawarkan untuk menyambut tamu secara langsung, atau sediakan check-in mandiri yang mudah dengan smart lock, kotak penyimpanan dengan keypad, atau pintu yang dapat diakses menggunakan keypad. Beri sambutan langsung yang hangat, ringkas, dan terfokus—informasi yang sudah Anda cantumkan di panduan rumah, mungkin tidak perlu Anda sampaikan saat tur. Jika tamu menggunakan check-in mandiri, hubungi mereka untuk memastikan mereka mendapatkan semua yang dibutuhkan.

      Atur suasana tempat

      Bantu tamu merasa nyaman dengan mengatur suhu ruangan yang nyaman, menyalakan lampu pintu masuk, dan menyiapkan pesan pribadi yang menyambut tamu dengan hangat dan menyebutkan nama mereka. Pastikan tempat beraroma menyenangkan atau netral (tanpa parfum, pengharum kimia, atau bau-bauan yang kuat). Setiap aroma harus ringan dan alami, seperti eukaliptus, lavender, dan sitrus—cobalah menggunakan diffuser atau minyak esensial.

      Permudah tamu untuk menemukan apa yang mereka butuhkan, baik di properti Anda maupun di wilayah lokal Anda. Siapkan catatan ramah yang memuat petunjuk bermanfaat, termasuk pengingat mengenai apa yang tersedia atau apa yang tidak boleh digunakan. (Catatan yang sama boleh saja dipasang untuk jangka panjang, asalkan tidak robek atau kotor.) Pastikan untuk menyediakan panduan rumah yang mudah digunakan dengan tips dari warga lokal mengenai tempat Anda, aktivitas yang bisa dilakukan di sekitar tempat Anda, serta tempat menarik lokal.

      “Istri saya menyambut tamu dengan sebotol anggur; saya menyambut mereka dengan setengah lusin telur. Kami selalu mencoba untuk akrab dengan setiap tamu,” kata Darrel, tuan rumah Airbnb Plus di Atlanta. Dan keramahtamahannya membuahkan hasil: “Darrel begitu baik hati saat kami berkunjung ke tempatnya,” kata Harrison, tamu Darrel. ”Instruksinya sangat jelas sehingga saya tidak merasa bingung saat check-in maupun check-out.”

      Sediakan fasilitas dasar dan ekstra

      Biarkan tamu langsung menikmati tempat Anda dengan fasilitas lengkap yang persediaannya cukup untuk sepanjang masa inap mereka. Misalnya, selalu sediakan stok tisu toilet dan keperluan dapur seperti lada hitam, garam, dan minyak goreng yang cukup banyak. Agar perjalanan tamu lebih nyaman, bersiaplah untuk menyediakan keperluan yang biasa diminta, seperti handuk dan selimut tambahan.

      Tips bonus: Membeli persediaan dalam jumlah besar (seperti sabun cair, teh, dan kopi) dapat menghemat biaya untuk jangka panjang. Selain itu, mengisi ulang botol dan wadah lebih ramah lingkungan, juga tampak bergaya.

      Jadikan proses kepulangan tamu lancar dan mudah

      Perpisahan yang hangat sama menyenangkannya dengan sambutan yang hangat. Bila memungkinkan, penuhi permohonan untuk perpanjangan waktu check-out. Bantu tamu merencanakan perjalanan dengan mengirimkan pesan mengenai rute tercepat ke bandara atau stasiun kereta.

      Sederhanakan proses check-out, cukup dengan mengunci pintu atau meninggalkan kunci—tamu hendaknya tidak diminta untuk membuang sampah atau mencuci piring atau seprai. Dalam 24 jam setelah check-out, kirimkan pesan kepada tamu, sampaikan terima kasih, dan tanyakan apakah semuanya berjalan lancar selama mereka menginap di tempat Anda.

      Jangan lupa bahwa komunikasi yang jelas sangatlah penting, dari sebelum check-in hingga setelah check-out. Seiring Anda menyambut semakin banyak tamu di tempat Anda, Anda akan menemukan cara unik sendiri untuk membuat tamu merasa diterima.

      Poin utama

      • Antisipasi kebutuhan tamu dengan berkomunikasi sebelum mereka tiba

        • Pastikan proses check-in yang mulus dengan persiapan yang lebih awal

        • Atur tempat dengan memperhatikan suasananya dan memastikan tamu merasa nyaman

        • Sediakan perlengkapan dasar dan siapkan perlengkapan ekstra

        • Permudah proses kepulangan tamu dan tindak lanjuti setelah 24 jam

        Airbnb
        5 Mar 2020
        Apakah ini membantu?