Lewatkan, langsung lihat konten
    Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan
    Jawaban atas pertanyaan Anda seputar menerima tamu terkait COVID-19

    Jawaban atas pertanyaan Anda seputar menerima tamu terkait COVID-19

    Ini pengaruh kebijakan pembatalan dan program Airbnb bagi Anda.
    Oleh Airbnb pada 5 Mar 2020
    Bacaan 6 menit
    Diperbarui 11 Jun 2020

    Kami tahu ada begitu banyak ketidakpastian mengenai COVID-19 termasuk apakah wabah virus tersebut akan berdampak pada Anda dan bisnis penerimaan tamu Anda atau tidak. Untuk membantu mendukung komunitas global ini, kami menghimpun semua pertanyaan Anda dan menjawab beberapa di antaranya di sini. Kami akan terus memperbarui halaman ini seiring perkembangan situasi dan bertambahnya jawaban yang tersedia.

    Apa itu kebijakan kejadian luar biasa dan reservasi seperti apa yang tercakup di dalamnya?
    Kebijakan kejadian luar biasa Airbnb memberi tamu dan tuan rumah opsi untuk membatalkan tanpa penalti apabila mereka terkena dampak kejadian luar biasa, seperti cedera serius atau penyakit, bencana alam, pembatasan perjalanan, dan kejadian tak terduga lainnya. Sebagai respons terhadap pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengumumkan COVID-19 sebagai pandemi, kebijakan ini mungkin berlaku untuk reservasi yang memenuhi syarat*, yang dipesan pada atau sebelum 14 Maret. Untuk informasi terbaru mengenai kebijakan ini, termasuk tanggal dan lokasi yang memenuhi syarat, silakan merujuk pada artikel Pusat Bantuan Airbnb—sebaiknya Anda memeriksanya setiap dua minggu untuk mengetahui informasi terbaru.

    *Kebijakan ini tidak berlaku untuk perjalanan domestik di Tiongkok daratan. Silakan baca di sini untuk informasi selengkapnya. Reservasi Luxe atau Luxury Retreats tercakup dalam kebijakan pengembalian uang tamu Luxe.

    Apa yang dilakukan Airbnb untuk meringankan dampak pembatalan terhadap tuan rumah?
    Airbnb berinvestasi sebesar $250 juta USD untuk turut menanggung biaya pembatalan oleh tamu akibat COVID-19. Untuk pembatalan yang memenuhi syarat kebijakan kejadian luar biasa Airbnb, kami akan membayarkan 25% dari jumlah yang seharusnya Anda terima untuk pembatalan berdasarkan kebijakan pembatalan Anda. Contohnya, jika Anda seharusnya menerima $400 USD menurut kebijakan pembatalan normal Anda, kami akan membayar Anda 25% dari nominal tersebut—yaitu $100 USD.

    Sekadar mengingatkan, pembayaran dana bantuan hanya akan berlaku pada pembatalan reservasi yang dipesan sebelum 15 Maret dengan tanggal check-in antara 14 Maret dan 31 Mei. Anda dapat mengetahui selengkapnya di Airbnb.com/250MSupport. Dan Anda bisa membuka panel muka reservasi untuk melihat detail pembatalan Anda, termasuk informasi mengenai pembayaran dana bantuan.

    Mengapa tuan rumah di Tiongkok daratan tidak memenuhi syarat untuk memperoleh pembayaran dari dana $250 juta USD?
    Karena struktur bisnis kami merupakan unit independen di Tiongkok daratan, kami memiliki dana bantuan sebesar $10 juta USD untuk membantu komunitas kami di Tiongkok daratan secara langsung.

    Tamu baru saja membatalkan reservasinya dengan saya. Bagaimana selanjutnya?
    Kami paham pembatalan bisa sangat mengganggu, meskipun alasannya dapat dimaklumi. Harap diingat bahwa tamu yang membatalkan reservasinya sesuai kebijakan kejadian luar biasa Airbnb telah terkena dampak secara langsung dan pembatalan reservasinya akan membantu melindungi kesejahteraan komunitas ini secara keseluruhan. Jika tamu Anda membatalkan reservasinya sesuai kebijakan ini, ia memiliki opsi untuk mendapatkan pengembalian uang penuh atau kredit perjalanan Airbnb (jika memungkinkan). Kami akan memberi tahu Anda dan otomatis membuka blokiran tanggal tersebut di kalender Anda sehingga Anda bisa menerima tamu lain dan kami tidak akan menagihkan biaya apa pun atas reservasi yang dibatalkan.

    Apa yang sebaiknya saya lakukan bila merasa tidak nyaman menerima tamu tertentu?
    Jika Anda memiliki kekhawatiran untuk menerima tamu tertentu di masa yang tidak pasti ini, kami dapat memahaminya. Sebelum membatalkan reservasi, harap ingat bahwa Airbnb memiliki kebijakan nondiskriminasi. Pastikan Anda selalu memperlakukan setiap tamu secara inklusif dan penuh rasa hormat. Ini berarti, standar yang sama harus Anda terapkan ketika melayani reservasi dan mengambil keputusan pembatalan. Kami telah menguraikan sejumlah panduan dan pertanyaan yang bisa diajukan untuk membantu Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

    Apakah ada yang bisa saya lakukan untuk meminimalkan dampaknya terhadap bisnis penerimaan tamu saya?
    Meskipun banyak wisatawan yang memilih untuk berdiam di rumah selama waktu yang tidak pasti ini, sebagian masih mempertimbangkan penginapan lokal dan perjalanan di masa mendatang. Untuk memenuhi kebutuhan tamu tersebut, kami tengah berupaya menyoroti iklan dengan kebijakan pembatalan fleksibel. Kami juga menghimpun sejumlah tips guna membantu Anda meminimalkan dampak COVID-19 terhadap bisnis penerimaan tamu Anda dan kami akan terus mengupayakan berbagai cara untuk mendukung Anda pada masa sulit ini.

    Bagaimana Airbnb mendukung tuan rumah yang menawarkan penginapan yang lebih fleksibel?
    Kami telah mengembangkan serangkaian perangkat dan program untuk membantu tuan rumah dan tamu menangani ketidakpastian dan mendukung rencana perjalanan yang lebih fleksibel.

    • Kami mempermudah tamu menemukan tempat dengan kebijakan pembatalan fleksibel—seperti filter baru yang mempermudah tamu mencari tempat-tempat tersebut.
    • Kami juga telah meluncurkan perangkat yang memudahkan tuan rumah untuk mengembalikan uang kepada tamu yang terpaksa membatalkan reservasi.

    Pelajari lebih lanjut tentang menawarkan pembatalan fleksibel

    Apakah Airbnb memungut biaya untuk reservasi yang dibatalkan?
    Bila reservasi dibatalkan berdasarkan kebijakan kejadian luar biasa, tamu bisa memilih antara pengembalian uang penuh atau kredit perjalanan (jika memungkinkan) dengan jumlah yang termasuk biaya Airbnb. Selain itu, kami tidak akan mengenakan biaya pembatalan kepada tuan rumah yang terpaksa membatalkan reservasi yang memenuhi syarat.

    Kami juga hendak menjelaskan bahwa biaya layanan Airbnb akan dikembalikan secara penuh atau dalam bentuk kredit perjalanan untuk setiap pembatalan yang tercakup.

    Saya seorang tuan rumah Pengalaman Airbnb. Apa yang harus saya ketahui?
    Di sebagian besar tempat, kami menghentikan sementara pengalaman yang bersifat tatap muka mulai 18 Maret hingga setidaknya 28 Juni 2020. Kami membuat keputusan yang sulit ini karena pengalaman dirancang untuk menyatukan orang-orang, dan organisasi kesehatan di seluruh dunia telah menyerukan untuk tidak melakukan interaksi semacam ini sebagai salah satu cara terbaik untuk melindungi masyarakat. Kami telah mulai membuka kembali pengalaman secara langsung di beberapa negara. Kami akan mempertimbangkan untuk membuka kembali pengalaman yang bersifat tatap muka di suatu negara atau wilayah setelah negara atau wilayah tersebut mencapai periode stabilisasi dan pembatasan hukum dicabut.

    Sementara itu, kami gembira telah meluncurkan Pengalaman Online, sebuah cara baru bagi tuan rumah untuk memperoleh penghasilan, terkoneksi dengan orang lain, dan berbagi semangat mereka. Anda bisa langsung mengajukan permohonan untuk menyelenggarakan Pengalaman Online—dan kami akan menyediakan sumber daya yang bisa membantu Anda memulainya. Ketahui selengkapnya di Airbnb.com/OnlineHost

    Bagaimana saya dapat membantu mencegah penyebaran penyakit seperti COVID-19?
    Meningkatkan prosedur kebersihan Anda adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri Anda dan tamu Anda dari penyakit. Baru-baru ini kami meluncurkan protokol kebersihan intensif yang didukung panduan dari para ahli dengan petunjuk langkah demi langkah guna membantu melakukan pembersihan yang tepat—dan membantu melindungi Anda dan tamu Anda—selama krisis COVID-19 dan seterusnya. Kami mulai dengan tuan rumah di AS dan memperluas akses ke negara dan wilayah lain beberapa minggu kemudian. Pantau terus selagi kami berupaya membuat protokol ini tersedia di sebagian besar wilayah tempat Anda menerima tamu. Ketahui selengkapnya di Airbnb.com/cleaningresources

    Berbagai acara telah dibatalkan. Apakah reservasi semacam ini akan tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa Airbnb?
    Kami mengerti banyak wisatawan kami memesan tempat menginap di Airbnb untuk berbagai acara, seperti Coachella, SXSW, Mobile World Congress, dan lainnya. Jika suatu acara telah dibatalkan dan lokasi reservasi Anda tidak berada di area yang tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa Airbnb, kami menganjurkan tamu untuk memeriksa kebijakan pembatalan reservasinya dan menghubungi tuan rumah untuk membicarakan opsi yang tersedia.

    Kami telah meluncurkan suatu perangkat yang memungkinkan tuan rumah mengembalikan uang untuk reservasi yang tidak tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa Airbnb seperti ini.

    Saya tuan rumah untuk properti Airbnb Luxe atau Luxury Retreats. Apakah kebijakan kejadian luar biasa berlaku untuk saya?
    Tidak. Kebijakan kejadian luar biasa Airbnb tidak berlaku untuk reservasi Airbnb Luxe atau Luxury Retreats, yang memiliki Kebijakan Pengembalian Uang Tamu Luxe tersendiri.

    Saya membutuhkan bantuan. Di mana saya bisa menemukan sumber informasi online?
    Kami tahu sungguh meresahkan jika Anda tidak bisa langsung mendapatkan jawaban. Kami berkomitmen untuk membantu Anda memperoleh dukungan dan informasi yang Anda butuhkan sehingga kami meluncurkan Airbnb.com/COVID sambil terus menjawab panggilan, obrolan, dan email Anda sesegera mungkin.

    Banyak masalah umum bisa diselesaikan secara online, terutama jika berurusan dengan reservasi yang tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa Airbnb. Anda juga dapat mengunjungi Pusat Bantuan untuk menemukan lebih banyak jawaban. Banyak dari Anda juga telah berbagi tips dan dukungan di Pusat Komunitas Airbnb.

    Saya masih punya pertanyaan. Siapa yang harus saya hubungi?
    Kami mengajak Anda menghubungi tim dukungan komunitas Airbnb untuk mengajukan pertanyaan atau mendapatkan bantuan terkait pembatalan reservasi. Kami sangat menghargai kesabaran Anda karena kami memprioritaskan mereka yang membutuhkan dukungan segera. Selain itu, mohon hanya hubungi kami jika reservasi Anda berlangsung dalam 72 jam mendatang. Jika Anda memiliki pertanyaan mendesak, harap kunjungi juga Airbnb.com/COVID atau Pusat Bantuan untuk mendapatkan jawaban.

    Kami tahu betapa mengganggunya kejadian luar biasa seperti COVID-19 bagi bisnis Anda dan kami siap membantu Anda. Terima kasih karena telah bekerja sama dengan kami untuk melindungi keselamatan dan kesejahteraan komunitas ini.

    Informasi yang terdapat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

    Airbnb
    5 Mar 2020
    Apakah ini membantu?