Lewatkan, langsung lihat konten
    Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan
    Jawaban atas pertanyaan Anda seputar menerima tamu terkait virus Corona

    Jawaban atas pertanyaan Anda seputar menerima tamu terkait virus Corona

    Ini pengaruh kebijakan pembatalan dan program Airbnb bagi Anda.
    Oleh Airbnb pada 5 Mar 2020
    Bacaan 6 menit

    Diperbarui 30 Maret 2020

    Kami tahu ada begitu banyak ketidakpastian mengenai virus corona (COVID-19) dan apakah wabah virus tersebut akan berdampak pada Anda dan bisnis penerimaan tamu Anda atau tidak. Untuk membantu mendukung komunitas global ini, kami menghimpun pertanyaan Anda dan menjawab sejumlah pertanyaan di sini. Kami akan terus memperbarui halaman ini seiring perkembangan situasi dan bertambahnya jawaban yang tersedia.

    Apa itu kebijakan kejadian luar biasa?
    Kebijakan kejadian luar biasa Airbnb memberi tamu dan tuan rumah opsi untuk membatalkan tanpa penalti apabila mereka terkena dampak kejadian luar biasa, seperti cedera serius atau penyakit, bencana alam, larangan perjalanan, dan kejadian tak terduga lainnya. Sebagai respons terhadap pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengumumkan COVID-19 sebagai pandemi, kami telah memperluas kebijakan ini secara global* untuk mencakup semua reservasi yang dipesan pada atau sebelum 14 Maret, dan dengan tanggal check-in antara 14 Maret dan 31 Mei. Untuk reservasi yang sudah dimulai, yang dipesan setelah 14 Maret, atau dengan tanggal check-in setelah 31 Mei, kebijakan pembatalan reservasi Anda akan berlaku seperti biasa.

    *Ini tidak berlaku bagi perjalanan domestik di Tiongkok daratan. Silakan baca di sini untuk informasi selengkapnya. Reservasi Luxe atau Luxury Retreats dicakup oleh kebijakan pengembalian uang tamu Luxe.

    Apa yang dilakukan Airbnb untuk meringankan dampak pembatalan terhadap tuan rumah?
    Airbnb berinvestasi $250 juta USD untuk turut menanggung biaya pembatalan tamu akibat COVID-19. Untuk pembatalan yang memenuhi syarat berdasarkan kebijakan kejadian luar biasa Airbnb, kami akan membayar 25% dari jumlah yang seharusnya Anda terima untuk pembatalan berdasarkan kebijakan pembatalan Anda. Contohnya, jika Anda biasanya akan menerima $400 USD menurut kebijakan pembatalan normal Anda, kami akan membayar Anda 25% dari itu—atau $100 USD. Pelajari selengkapnya di Airbnb.com/250MSupport

    Tamu baru saja membatalkan reservasinya dengan saya. Bagaimana selanjutnya?
    Kami paham pembatalan bisa sangat mengganggu, meskipun alasannya dapat dimaklumi. Harap diingat bahwa tamu yang membatalkan reservasinya sesuai kebijakan kejadian luar biasa Airbnb terkena dampak secara langsung dan pembatalan reservasinya akan membantu melindungi kesejahteraan komunitas ini secara keseluruhan. Jika tamu Anda membatalkan reservasinya sesuai kebijakan ini, ia memiliki opsi untuk mendapatkan pengembalian uang penuh atau kredit perjalanan Airbnb. Kami akan memberi tahu Anda dan otomatis membuka blokiran tanggal tersebut di kalender Anda sehingga Anda bisa menerima tamu lain dan kami tidak akan menagihkan biaya apa pun atas reservasi yang dibatalkan.

    Tamu datang dari wilayah yang terkena dampak. Apa yang harus saya lakukan?
    Jika Anda khawatir akan menerima tamu yang datang dari wilayah yang terkena dampak atau Anda merasa tidak aman menerima tamu saat ini, Anda dapat membatalkan reservasi yang memenuhi syarat melalui platform Airbnb. Setelahnya, Anda akan menerima notifikasi bahwa reservasi Anda memenuhi syarat untuk pembatalan tanpa penalti, dan tamu Anda akan menerima pengembalian uang penuh. Sebaiknya Anda mengirimkan pesan kepada tamu sesegera mungkin untuk menjelaskan bahwa reservasi perlu dibatalkan.

    Harap diperhatikan bahwa Airbnb memberlakukan kebijakan nondiskriminasi. Pembatalan terkait gangguan yang disebabkan oleh virus corona harus mematuhi kebijakan internal Airbnb serta panduan dan rekomendasi resmi mengenai situasi dan lokasi yang memenuhi syarat.

    Apa yang sebaiknya saya lakukan bila merasa tidak nyaman menerima tamu tertentu?
    Jika Anda memiliki kekhawatiran untuk menerima tamu tertentu selama waktu yang tidak pasti ini, kami dapat memahaminya. Sebelum membatalkan reservasi, harap ingat bahwa Airbnb memiliki kebijakan nondiskriminasi. Pastikan Anda selalu memperlakukan setiap wisatawan secara inklusif dan penuh rasa hormat, yang berarti memastikan bahwa Anda melaksanakan setiap reservasi—mengambil keputusan pembatalan—dengan standar yang sama. Kami telah menguraikan sejumlah panduan dan pertanyaan yang bisa Anda ajukan untuk membantu Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

    Apakah ada yang bisa saya lakukan untuk meminimalkan dampaknya terhadap bisnis penerimaan tamu saya?
    Meskipun banyak wisatawan yang memilih untuk berdiam di rumah selama waktu yang tidak pasti ini, sebagian masih mempertimbangkan penginapan lokal dan perjalanan di masa mendatang. Untuk memenuhi kebutuhan tamu tersebut, kami tengah berupaya menyoroti iklan dengan kebijakan pembatalan fleksibel. Kami juga menghimpun sejumlah tips guna membantu Anda meminimalkan dampak COVID-19 terhadap bisnis penerimaan tamu Anda dan kami akan terus mengupayakan berbagai cara untuk mendukung Anda pada masa sulit ini.

    Bagaimana Airbnb mendukung tuan rumah yang menawarkan penginapan yang lebih fleksibel?
    Kami telah mengembangkan serangkaian perangkat dan program untuk membantu tuan rumah dan tamu menangani ketidakpastian dan mendukung rencana perjalanan yang lebih fleksibel.

    • Kami mempermudah tamu menemukan tempat dengan kebijakan pembatalan fleksibel—seperti filter baru yang mempermudah tamu mencari tempat-tempat itu.
    • Kami juga telah meluncurkan perangkat yang memudahkan tuan rumah untuk mengembalikan uang kepada tamu yang terpaksa membatalkan reservasi.

    Kami akan membagikan detail lebih lanjut saat memperkenalkan perangkat dan program yang disempurnakan ini kepada komunitas kita dalam beberapa pekan mendatang. Pelajari lebih lanjut

    Apakah Airbnb memungut biaya untuk reservasi yang dibatalkan?
    Bila reservasi dibatalkan berdasarkan kebijakan kejadian luar biasa, tamu bisa memilih antara pengembalian uang penuh atau kredit perjalanan dengan jumlah yang termasuk biaya Airbnb. Selain itu, kami tidak akan mengenakan biaya pembatalan kepada tuan rumah yang terpaksa membatalkan reservasi yang memenuhi syarat.

    Kami juga ingin menjelaskan bahwa biaya layanan akan dikembalikan secara penuh atau diberikan sebagai kredit perjalanan untuk setiap pembatalan yang tercakup.

    Apakah saya bisa menyetujui reservasi baru jika saya membatalkan reservasi yang memenuhi syarat?
    Anda bisa menerima reservasi baru untuk tanggal yang dibatalkan, walaupun Anda adalah pihak yang membatalkan pemesanan tersebut.

    Apakah saya akan kehilangan status saya sebagai HosTeladan jika saya membatalkan reservasi yang memenuhi syarat?
    Tidak. Pembatalan sesuai kebijakan kejadian luar biasa tidak akan berdampak pada persyaratan tingkat pembatalan 1% yang diperlukan untuk mempertahankan status HosTeladan Anda. Pelajari lebih lanjut tentang cara kami meninjau kriteria dalam penilaian HosTeladan mendatang.

    Apakah ada penalti lain yang berlaku untuk tuan rumah yang membatalkan reservasi yang memenuhi syarat?
    Tidak. Penalti pembatalan standar tidak akan berlaku sama sekali pada tuan rumah yang terpaksa membatalkan sesuai kebijakan kejadian luar biasa.

    Saya seorang tuan rumah Pengalaman Airbnb. Apa yang perlu saya ketahui?
    Kami menghentikan sementara semua pengalaman mulai 18 Maret hingga setidaknya 30 April 2020. Kami membuat keputusan yang sulit ini karena pengalaman dirancang untuk menyatukan orang-orang dan organisasi kesehatan di seluruh dunia telah menyerukan untuk tidak melakukan interaksi semacam ini sebagai salah satu cara terbaik untuk melindungi masyarakat. Baca artikel Pusat Bantuan ini untuk informasi terbaru.

    Bagaimana saya dapat membantu mencegah penyebaran penyakit seperti virus corona?
    Membersihkan permukaan yang sering disentuh (misalnya sakelar lampu, gagang pintu, dan pegangan lemari) dan mencuci tangan secara rutin sangat membantu untuk melindungi Anda dan tamu Anda, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Baca artikel kami yang memuat tips kebersihan dan rekomendasi kebersihan lainnya dari CDC.

    Acara dibatalkan. Apakah reservasi ini akan tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa Airbnb?
    Kami tahu banyak wisatawan kami memesan tempat menginap di Airbnb untuk berbagai acara, seperti Coachella, SXSW, Mobile World Congress, dan lainnya. Jika suatu acara telah dibatalkan dan lokasi reservasi Anda tidak berada di area yang tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa Airbnb, kami menganjurkan tamu untuk memeriksa kebijakan pembatalan pada reservasinya dan menghubungi tuan rumah untuk membicarakan opsi yang tersedia.

    Kami telah meluncurkan perangkat agar tuan rumah bisa mengembalikan uang untuk reservasi yang tidak tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa Airbnb seperti ini.

    Saya tuan rumah untuk properti Airbnb Luxe atau Luxury Retreats. Apakah kebijakan kejadian luar biasa berlaku untuk saya?
    Tidak. Kebijakan kejadian luar biasa Airbnb tidak berlaku untuk reservasi Airbnb Luxe atau Luxury Retreats, yang tunduk pada Kebijakan Pengembalian Uang Tamu Luxe tersendiri.

    Saya membutuhkan bantuan. Di mana saya bisa menemukan sumber informasi online?
    Kami tahu sungguh meresahkan jika Anda tidak bisa langsung mendapatkan jawaban. Kami berkomitmen untuk membantu Anda memperoleh dukungan dan informasi yang Anda butuhkan sehingga kami meluncurkan Airbnb.com/COVID sambil terus menjawab panggilan, obrolan, dan email Anda sesegera mungkin.

    Banyak masalah umum bisa diselesaikan secara online, terutama jika berurusan dengan reservasi yang tercakup dalam kebijakan kejadian luar biasa Airbnb. Anda juga dapat mengunjungi Pusat Bantuan untuk menemukan lebih banyak jawaban. Banyak dari Anda juga telah berbagi tips dan dukungan di Pusat Komunitas Airbnb.

    Saya masih punya pertanyaan. Siapa yang harus saya hubungi?
    Kami mengajak Anda menghubungi tim dukungan komunitas Airbnb untuk mengajukan pertanyaan atau mendapatkan bantuan terkait pembatalan reservasi. Kami sangat menghargai kesabaran Anda karena kami memprioritaskan mereka yang membutuhkan dukungan segera. Selain itu, mohon hanya hubungi kami jika reservasi Anda berlangsung dalam 72 jam mendatang. Jika Anda memiliki pertanyaan mendesak, harap kunjungi juga Airbnb.com/COVID atau Pusat Bantuan untuk mendapatkan jawaban.

    Kami tahu betapa mengganggunya kejadian luar biasa seperti virus corona bagi bisnis Anda dan kami siap membantu Anda. Terima kasih karena telah bekerja sama dengan kami untuk melindungi keselamatan dan kesejahteraan komunitas ini.

    Informasi yang terdapat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak diterbitkan.

    Airbnb
    5 Mar 2020
    Apakah ini membantu?