Lewatkan, langsung lihat konten
Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan
    Pasangan dari Cancun menjadi wirausahawan penginapan

    Pasangan dari Cancun menjadi wirausahawan penginapan

    Inilah cara dua tuan rumah Airbnb membantu mengubah industri penginapan di kota mereka.
    Oleh Airbnb pada 30 Jul 2019
    Bacaan 3 menit
    Diperbarui 25 Jun 2020

    Pada tahun 2015, sementara Diego mencari pekerjaan sebagai koki di Cancun, Meksiko, ia menyarankan kepada istrinya, Mariana, agar mereka mengiklankan kamar di rumah mereka di Airbnb untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Mariana, yang bekerja di hotel lokal, awalnya skeptis dan khawatir tentang privasinya, namun dia setuju untuk mencobanya. Ternyata, mereka senang berinteraksi dengan pengunjung dan membantu mereka merencanakan perjalanan mereka ke kota—serta tambahan finansial yang mereka dapatkan dari menerima tamu mereka.

    “Menerima tamu pertama kami dari tempat-tempat seperti Jerman dan Perancis rasanya sangat menakjubkan," kata Mariana. Mereka sangat menyukai menerima tamu hingga mereka memutuskan untuk membantu orang lain untuk berbagi rumah mereka juga. “Ini bisa menjadi cara terbaik untuk menjadi lebih mandiri secara ekonomi," katanya.

    Kamar tunggal itu menjadi cikal bakal Seahorse Rentals, perusahaan manajemen properti yang maju pesat yang dibangun oleh pasangan tersebut hampir seluruhnya melalui Airbnb. Hal ini telah memberikan Diego dan Mariana fleksibilitas yang mereka cari saat mereka membesarkan anak kecil mereka (dengan calon adiknya yang segera menyusul). Mereka berhenti dari pekerjaan sehari-hari segera setelah memulai perusahaan dan menjadi pengusaha horeka purnawaktu.

    Seahorse kini mengoperasikan 37 tempat, termasuk dua properti yang dibeli oleh pasangan tersebut dan yang lainnya yang mereka kelola untuk teman dan tetangga. Tempat ini mempekerjakan tiga orang, yang semuanya penduduk setempat, untuk membantu pemeliharaan dan hubungan tamu. Lebih dari 90% bisnis Seahorse datang melalui Airbnb. Diego dan Mariana menggunakan platform ini sejak awal karena jangkauannya memungkinkan mereka menarik tamu tanpa harus memasang iklan di luar. Karena ulasan tamu mereka yang sangat baik dan konsisten, Mariana dan Diego dengan cepat membangun jaringan rekomendasi di Airbnb—baik dari calon tamu maupun pemilik rumah lokal lainnya yang mencari perusahaan untuk membantu mereka menerima tamu di properti mereka sendiri.

    Mariana percaya bahwa mereka tidak akan bisa mencapai kesuksesan secepat itu dengan mengiklankan di platform lainnya. “Saya baru saja mendapat telepon lagi dari seseorang yang direkomendasikan kepada kami untuk mengelola rumahnya," kata Mariana. “Saat ini, kami memiliki begitu banyak referensi sampai saya harus bertanya padanya bagaimana dia mendapatkan nomor kami.”

    Jika Mariana dan Diego menemui masalah, mereka tahu Jaminan Tuan Rumah Airbnb bisa membantu mereka mendapatkan kembali seluruh tanggungan biayanya untuk setiap kerusakan pada properti mereka, ini memberikan mereka ketenangan saat mereka terus mengembangkan bisnis ini.

    “Dukungan dan layanan serta keamanan yang mereka berikan kepada kami sangat luar biasa," kata Mariana. “Setiap kali kami berpikir untuk mengiklankan properti kami di tempat lain, kami berpikir, ‘Apakah layak untuk mengambil langkah itu? '"

    Antara tahun 2016 dan 2018, pendapatan Seahorse Rentals naik hampir tiga kali lipat. Pada bulan Desember yang ramai mencapai hampir 500.000 Peso Meksiko (kira-kira $25.000 Dolar Amerika) pada tahun 2017 dan 2018. Seahorse telah bermitra dengan perusahaan tur lokal untuk menawarkan harga diskon kepada tamu mereka—serta layanan belanja dan koki yang dipersonalisasi untuk tamu yang menginginkannya. Mariana mengatakan bahwa kehadiran Airbnb telah memicu tumbuhnya pariwisata jenis baru di wilayah Meksiko yang dulu terkenal dengan resor-resor serba ada.

    “Kami dapat melihat sebuah dampak besar di pusat kota," kata Mariana. “Banyak restoran mulai tutup karena sebagian besar hotel mencakup semua.” Ketika orang tiba di Airbnb, dia menambahkan, “mereka benar-benar jadi mengenal tempat yang mereka kunjungi.”

    Mariana mengatakan bahwa mereka ingin terus mengembangkan Seahorse melalui Airbnb, namun lebih pelan-pelan karena mereka tidak ingin mengorbankan sentuhan pribadi mereka. Mereka berencana untuk hanya menambahkan sekitar tiga properti ke portofolio mereka tiap tahunnya. “Anda harus menaruh banyak perhatian pada masing-masing hal untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik untuk para tamu," kata Mariana.

    Perhatian terhadap detail tersebut telah terbayarkan dengan cara yang tak disangka-sangka. Mariana dan Diego menjadi akrab dengan banyak tamu langganan dan tahun lalu, Mariana mengunjungi tamu Airbnb pertama mereka saat perjalanan ke Jerman. “Kami tidak bisa bertemu tamu satu persatu, namun kami memiliki semacam ikatan dengan mereka hanya dengan mengirim pesan kepada mereka," kata Mariana. “Dan ke depannya, kami tidak ingin kehilangan esensi dari apa yang kami lakukan.”

    Ingin mengetahui lebih banyak? Klik di sini untuk mempelajari tentang menjadi tuan rumah profesional bersama Airbnb.

    Informasi yang ada di dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak diterbitkan.

    Airbnb
    30 Jul 2019
    Apakah ini membantu?