Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan
    Konten ini tidak tersedia dalam bahasa yang Anda pilih sehingga kami menyediakannya dalam bahasa yang paling mendekati yang ada saat ini.

    Dua orang sahabat mengubah pekerjaan sampingan menjadi bisnis penginapan yang berkembang pesat

    Menjadikan koneksi dan komunitas sebagai prioritas utama telah membantu tim ini memperluas bisnis mereka.
    Oleh Airbnb pada 6 Mar 2020
    Bacaan 7 menit
    Diperbarui 6 Mar 2020

    Poin utama

    • Saat mencari mitra bisnis, pilihlah seseorang yang memiliki keunggulan yang berbeda

    • Komunikasi yang jelas dengan tamu sebelum dan sesudah pemesanan bisa memperlancar proses check-in

    • Jujurlah mengenai keterbatasan Anda (terutama selama musim ramai), dan pekerjakan staf ekstra

    Setelah melalui penerbangan dan perjalanan bus panjang di rute pegunungan bersalju, tamu senang disambut dengan wajah yang ramah—bahkan jika mereka baru pertama kali bertemu dengan Anda. Kehangatan dan keramahtamahan sejati merupakan bagian dari segala hal yang dilakukan duo manajer properti Celine dan Alison sebagai tuan rumah. Itulah cara mereka menyambut setiap tamu ke Tignes, sebuah kota ski yang terletak di Pegunungan Alpen Prancis.

    Alison meyakini “terkadang hanya perlu hal-hal sederhana”, seperti mengantarkan tamu dari kota, menyiapkan sandal di depan pintu, membantu tamu merasa nyaman, “dan kemudian mereka bisa memulai liburannya.” Alison dan Celine sudah tinggal di Tignes selama hampir 20 tahun, sehingga penting bagi mereka untuk berbagi dengan tamu mengenai segala hal yang mereka cintai tentang komunitas mereka.

    Bisnis yang dibangun oleh komunitas

    Tadinya ini hanya sekadar membantu sesama teman. Ketika para tetangga pergi di musim ramai ski, Celine memegang kunci dan menyambut tamu-tamu temannya dari luar kota ke rumah mereka. Karena hal ini semakin menyita waktunya, Celine mulai melihat peluang yang tak terduga dari sini. Dia bisa tetap menganggap aktivitas menerima tamu sebagai kegiatan sampingan, atau terjun sepenuhnya dan membangun bisnis dengan membantu orang lain untuk menyewakan rumah mereka. Ini keputusan yang mudah. Dia kemudian meluncurkan bisnis manajemen propertinya dan setelah beberapa tahun portofolionya pun semakin bertambah.

    Bisnisnya berkembang, tapi terlalu sulit untuk ditangani oleh satu orang saja. “Saya benar-benar melakukan segalanya seorang diri,” kenang Celine. “Saya mengelola pemesanan. Saya memeriksa apartemen sebelum tamu tiba. Saya merapikan tempat tidur. Saya mengucapkan selamat tinggal kepada tamu, lalu membersihkan apartemen.”

    Sudah saatnya mendapatkan bantuan—saat itulah Alison hadir: seorang perempuan Inggris yang tenang dan santai, yang seimbang dengan jiwa energik Celine. Seperti cerita Alison, Celine menghubunginya, “dan ia mengatakan, ‘bisnis saya semakin besar dan sibuk. Apakah kamu tertarik untuk bergabung dengan saya?’”

    Kemitraan yang benar-benar efektif

    Karena Celine yang mengelola hubungan dengan setiap pemilik rumah dan Alison yang berkomunikasi dengan tamu dan mengurus tamu, mereka bisa menerima lebih banyak pekerjaan. Saat itulah Alison mulai mengiklankan beberapa tempat mereka di Airbnb. Mereka saling mengandalkan kekuatan masing-masing, dan tetap berfokus untuk mempersembahkan pengalaman yang luar biasa bagi setiap tamu dan pemilik tempat. Pemesanan mereka meningkat, dan segera mendapatkan banyak ulasan gemilang dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, dan Italia yang memberi mereka eksposur tambahan untuk memperluas jangkauan mereka lebih jauh lagi.

    Sentuhan pribadi tidak boleh terlewatkan

    Memberikan keramahtamahan personal dalam skala yang pas jelas merupakan tantangan bagi tim kecil. Apa rahasia mereka? Cukup sederhana: komunikasi yang jelas dengan koneksi personal.

    Alison menggunakan Airbnb untuk mengatur ekspektasi dengan foto dan detail kedatangan. Ia juga berkomunikasi lebih awal dan sering dengan tamu, bahkan menyempatkan menelepon tamu untuk menjawab pertanyaan dan membantu menciptakan suasana untuk perjalanan yang menyenangkan. Dengan demikian, check-in berjalan lancar dan sambutan personal benar-benar memberikan kesan. Hal-hal itu mungkin terlihat kurang penting, namun berdampak besar secara keseluruhan.

    Tantangan baru di setiap musim

    Mengelola beragam properti dan menjaga tingkat keterhunian yang tinggi, bahkan di antara musim ramai dan sepi, adalah pekerjaan yang tak ada habisnya. Menurut Alison, perangkat menerima tamu profesional Airbnb bisa membantu: “Selalu ada tips dan saran yang bermanfaat mengenai apakah kita perlu mengubah harga atau tidak, atau apakah Anda sudah mempertimbangkannya. Jadi itu sangat membantu.”

    Dan ketika saat-saat sibuk tiba—seperti kesibukan yang luar biasa di puncak musim ski—saran Alison adalah “selalu jujur mengenai keterbatasan Anda.” Setelah bertahun-tahun, Alison dan Celine sudah tahu kapan mereka akan membutuhkan bantuan tambahan dan kini mempekerjakan hingga 18 orang di musim dingin. Bagi mereka, kuncinya adalah melatih dan mempercayai orang-orang yang bekerja bersama mereka, atau seperti yang dikatakan Celine, “Jika Anda ingin tetap memberikan sentuhan personal dalam bisnis Anda, Anda hanya perlu menunjukkan [kepada staf Anda] bagaimana Anda melakukannya. Anda perlu berbagi teknik, berbagi kualifikasi, berbagi etika.”

    Peluang terus berkembang

    Selain beragam apartemen yang mereka tawarkan, Celine dan Alison belum lama ini mulai mengelola beberapa tempat di The Phoenix, sebuah gedung yang baru dibuka dengan pemandangan pegunungan yang memesona. Semakin banyak pemilik rumah yang mempercayai reputasi baik mereka, dan tak lama lagi mereka akan menawarkan chalet pertamanya—sebuah pondok ski dengan kamar untuk seluruh keluarga (dan lebih banyak lagi).

    Secara keseluruhan, mereka berdua kini mengelola lebih dari 110 tempat di seluruh penjuru kota, dengan beragam harga, mengembangkan bisnis mereka dengan mencocokkan kebutuhan tamu yang beragam dengan properti unik yang mereka tawarkan. Celine dan Alison berharap masa inap di Tignes bukan hanya menjadi pengalaman berkesan bagi tamu, namun juga menjadi komunitas yang memberikan kenangan manis dan membuat mereka ingin kembali lagi.

    Ingin mengetahui lebih lanjut? Klik di sini untuk mempelajari tentang cara menjadi tuan rumah profesional bersama Airbnb.

    Poin utama

    • Saat mencari mitra bisnis, pilihlah seseorang yang memiliki keunggulan yang berbeda

    • Komunikasi yang jelas dengan tamu sebelum dan sesudah pemesanan bisa memperlancar proses check-in

    • Jujurlah mengenai keterbatasan Anda (terutama selama musim ramai), dan pekerjakan staf ekstra

    Airbnb
    6 Mar 2020
    Apakah ini membantu?