Lewatkan, langsung lihat konten
    Lanjutkan ke bagian berikutnya untuk mengakses hasil yang disarankan
    Bagaimana 2 HosTeladan menerapkan penerimaan tamu secara virtual

    Bagaimana 2 HosTeladan menerapkan penerimaan tamu secara virtual

    Dari kue yang dikirim melalui kurir hingga sambutan video, para tuan rumah ini menggunakan kreativitas mereka.
    Oleh Airbnb pada 8 Jul 2020
    Bacaan 5 menit
    Diperbarui 27 Agu 2020

    Sorotan

    • Dua HosTeladan di Mexico City berbagi cerita tentang bagaimana mereka memperbarui rutinitas mereka untuk menerima tamu secara virtual

    • Mereka akan mengirimkan salinan digital panduan rumah, buku panduan, dan informasi lainnya kepada tamu

    • Kedua tuan rumah akan mencoba ide-ide baru yang mendukung jaga jarak sosial, seperti sambutan personal via video dan kue yang dikirimkan oleh kurir

    Saat perjalanan mulai aktif kembali, banyak tuan rumah menyusun strategi mengenai cara terbaik untuk kembali menyambut tamu. Hal-hal yang diperlukan tamu—dan tuan rumah—untuk merasa nyaman telah berubah, jadi kami berbicara dengan dua HosTeladan di Mexico City untuk memahami bagaimana rencananya mereka akan menerima tamu setelah karantina wilayah berakhir.

    HosTeladan Alessandra mengelola La Palomilla, bed and breakfast tujuh kamar dan penginapan Airbnb Plus di lingkungan tinggal La Roma. Sekitar 7 mil ke selatan, HosTeladan Omar memiliki dua apartemen berwarna-warni di daerah Coyoacán, tempat lahir Frida Kahlo. Keduanya tidak menerima tamu sejak Maret, ketika pemerintah menutup kota.

    Untuk mempersiapkan masa inap mendatang, mereka sibuk melakukan adaptasi terhadap strategi menerima tamu mereka. Saat Anda memikirkan strategi Anda sendiri, berikut delapan ide yang perlu dipertimbangkan untuk disertakan dalam prosedur menerima tamu Anda:

    Berikan opsi check-in untuk tamu Anda—dan pastikan komunikasi yang lancar

    Bila ada tamu memesan kamar, Alessandra akan menghubunginya untuk mengetahui dari mana tamu tersebut datang dan pukul berapa ia akan tiba. Jika tamu memilih check-in mandiri, "kami menyediakan akses dengan kode kunci," ujarnya.

    Alessandra berencana untuk terus menggunakan sistem pengiriman pesan Airbnb atau aplikasi pengiriman pesan lainnya untuk berkomunikasi dengan tamu sebelum dan selama mereka menginap—dengan satu perubahan nyata. "Kami akan meningkatkan komunikasi melalui SMS dan platform [Airbnb] sehingga tamu merasakan pengalaman yang lebih akrab dan tidak merasa diabaikan," ujarnya.

    Tips: Memperbarui templat pesan tersimpan bisa membantu Anda menanggapi tamu dengan lebih cepat.

    Rekam video sambutan personal

    Omar juga sudah menawarkan check-in mandiri, namun ia siap mencoba cara baru menerima tamu secara virtual. Dia menyampaikan rencananya untuk merekam video sambutan khusus untuk setiap tamu saat mereka check-in—misalnya: "Selamat datang! Perkenalkan, kami tuan rumah Anda, Omar dan [istri saya] Silvia. Kami harap pengalaman menginap Anda menyenangkan. Kami tahu ini adalah waktu yang sulit, dan kami senang Anda menginap di tempat kami.”

    Sampaikan ucapan terima kasih yang berkesan—tanpa harus bertemu langsung

    Para tuan rumah terbaik kami mengetahui bahwa menyambut tamu saat kedatangan adalah bagian dari pengalaman Airbnb, namun mereka juga memahami bahwa jaga jarak sosial lebih diperlukan untuk saat ini. Jadi—Alessandra dan Omar mencari cara baru untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada tamu mereka. Misalnya, saat tamu tiba, "Alih-alih memberi tamu kue di ruang makan, kami menaruhnya di kamar," kata Alessandra.

    "Sebelumnya, saya senang memberikan kenang-kenangan perpisahan untuk tamu," kata Omar. "Seorang teman saya membuat kue kering lezat dari jagung biru." Dia mengantarkannya langsung, biasanya pada hari terakhir tamu menginap. "Kebiasaan ini akan sedikit berubah," ujarnya. "Saya akan mengirimkannya melalui layanan antar atau kurir. Saya tetap ingin membuat tamu senang."

    Bagikan buku panduan, panduan rumah, dan info lainnya secara digital

    Karena Alessandra dan Omar sudah tidak menyediakan panduan rumah dalam bentuk cetak di tempat mereka, kini mereka memastikan untuk mengirimkan versi digital kepada tamu. "Begitu saya menerima reservasi, saya segera mengirimkan buku panduan dan juga panduan rumah kepada tamu," kata Omar.

    Alessandra melakukan hal yang sama: "Kami membuat dokumen PDF [panduan rumah], yang kami kirimkan kepada tamu segera setelah mereka memesan." Dia juga mengedit situsnya sehingga menampilkan tindakan berjaga-jaga yang menurutnya perlu, termasuk menyanitasi kunci kamar dan menyingkirkan barang-barang yang tidak penting seperti bantal hias dan buku catatan dari kamar. Begitu dia menerima pemesanan, "Saya mengirimkan tautan langkah antisipasi [COVID-19] yang kami lakukan untuk meyakinkan tamu," ungkapnya.

    Ganti keranjang sambutan Anda menjadi paket perlengkapan kebersihan

    Omar mengubah hadiahnya untuk tamu. "Saya biasanya menaruh keranjang sambutan yang berisi buah-buahan segar, coklat, dan permen Meksiko untuk tamu," ujarnya. "Sekarang keranjang ini akan saya ubah menjadi paket perlengkapan kebersihan untuk setiap tamu." Dalam setiap paket, ia akan menyertakan "beberapa masker, beberapa botol kecil cairan pembersih tangan, sarung tangan," dan sejenisnya.

    Omar juga akan menyediakan botol cairan pembersih tangan yang lebih besar untuk tamu di apartemen, dan memberi tahu di mana dapat menemukan perlengkapan kebersihan. "Yang penting adalah menciptakan rasa yakin dan tenang bagi tamu untuk merasa seperti di rumah," ujarnya. Alessandra juga menyediakan cairan pembersih tangan di area penerimaan tamu, serta di setiap kamar dan setiap kamar mandi.

    Pertimbangkan untuk memperbarui protokol kebersihan Anda, dan memberitahukannya kepada tamu Anda

    Untuk membersihkan dan menyanitasi tempat mereka dengan baik, Omar dan Alessandra mengatakan mereka memberikan jeda waktu di antara tamu. "Saya berencana mempersiapkan panduan kebersihan... yang sepenuhnya sesuai dengan panduan yang baru saja diluncurkan Airbnb," ungkap Omar. Alessandra sudah berkomitmen pada protokol kebersihan Airbnb, dan Omar berencana untuk melakukan hal yang sama.

    Alessandra juga berkomitmen untuk menjaga standar kebersihan yang lebih tinggi. "Kami memiliki layanan persiapan satu hari antara satu tamu dan tamu lain," ungkap Alessandra, "agar udara di ruangan bersirkulasi dengan baik" sebelum ruangan dibersihkan dan disanitasi.

    Tips: Jika Anda berkomitmen pada protokol kebersihan intensif Airbnb, pastikan Anda menyediakan laporan kebersihan untuk tamu, atau mengirimkannya secara digital.

    Sediakan banyak rekomendasi luar ruangan di buku panduan Anda

    Sebelumnya, buku panduan Omar dan Alessandra mencantumkan saran tempat makan, berbelanja, dan lainnya yang tidak relevan untuk saat ini. Alessandra memperbarui buku panduannya untuk merekomendasikan aktivitas yang berbeda.

    "Kami tentu saja ingin merekomendasikan lebih banyak petualangan luar ruangan kepada mereka," ujarnya. Dia menyarankan agar tamu mengunjungi Xochimilco ("Venesia versi Meksiko," katanya) atau pergi ke piramida, dan menambahkan bahwa dia akan mengingatkan tamu untuk "membawa [cairan pembersih tangan] ekstra, mengambil botol yang tersedia di kamar Anda, memakai masker, dan membawa sarung tangan."

    Omar juga mengubah buku panduannya dan menyertakan restoran yang menawarkan layanan ambil di tempat dan layanan antar. Saat bersantap di luar ruangan diizinkan kembali, ia juga akan menambahkan pilihan tersebut.

    Manfaatkan teknologi

    Omar memiliki rencana besar terkait menerima tamu secara virtual. Karena ia tidak lagi menyediakan panduan rumah versi cetak, ia akan "mengotomatiskan akses wifi tamu," menyediakan kode QR untuk tamu sehingga mereka bisa terhubung ke wifi secara otomatis. Bukan itu saja, dia ingin "menerapkan kode QR untuk setiap fasilitas yang kami sediakan."

    Sebagai contoh, ia berencana mencetak kode QR yang berisi berbagai petunjuk, misalnya, cara menggunakan mesin cuci dan membuka tempat tidur sofa. Dia bahkan berencana menyediakan kode QR yang dapat digunakan tamu untuk membuka panduan rumah digital.

    Omar dan Alessandra mengatakan bahwa mereka tetap berharap perjalanan—dan kehidupan— akan segera kembali normal suatu hari nanti. Sampai saat itu tiba, mereka berdua berdedikasi untuk menawarkan keramahtamahan luar biasa, sama seperti yang selalu mereka berikan—sembari menggunakan masker dan sarung tangan.

    "Semuanya berubah," kata Omar. Namun ia tetap berpikir positif dan memikirkan kembali caranya menerima tamu: "Kita hanya perlu beradaptasi dan menerima perubahan."

    Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak diterbitkan.

    Sorotan

    • Dua HosTeladan di Mexico City berbagi cerita tentang bagaimana mereka memperbarui rutinitas mereka untuk menerima tamu secara virtual

    • Mereka akan mengirimkan salinan digital panduan rumah, buku panduan, dan informasi lainnya kepada tamu

    • Kedua tuan rumah akan mencoba ide-ide baru yang mendukung jaga jarak sosial, seperti sambutan personal via video dan kue yang dikirimkan oleh kurir

    Airbnb
    8 Jul 2020
    Apakah ini membantu?