Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.
Cara kerja
Tuan Rumah

Mengubah reservasi sebagai Tuan Rumah

Berbagai hal bisa saja terjadi dan terkadang Anda tidak bisa menerima tamu sesuai rencana. Reservasi terdahulu tidak bisa diubah, tetapi untuk mengedit reservasi terkonfirmasi atau aktif, kirimkan permohonan perubahan perjalanan kepada tamu Anda dengan mengusulkan tanggal, harga, atau jumlah tamu baru. Anda bahkan bisa menyarankan agar tamu menginap di tempat yang berbeda, jika Anda memiliki lebih dari satu tempat.

Jika tamu Anda sudah mengirimkan permohonan perubahan perjalanan, ketahui cara menanggapi permohonan perubahan perjalanan tamu Anda dan atau cara menolak permohonan perubahan perjalanan.

Kirimkan permohonan perubahan perjalanan kepada tamu Anda

  1. Klik Menu > Reservasi
  2. Klik Mendatang, lalu pilih reservasi yang ingin Anda ubah
  3. Klik Detail, lalu klik Ubah reservasi
  4. Ubah tempat, tanggal, jumlah tamu, atau harga
  5. Tinjau perubahan, lalu klik Kirim permohonan

Jika tamu menolak permohonan perubahan perjalanan atau tidak menanggapi

Apabila tamu menolak atau tidak menanggapi, reservasi tidak akan berubah.

Jika Anda mengirimkan permohonan perubahan perjalanan dan tamu Anda belum menanggapinya, coba kirimkan pesan yang mengingatkannya untuk meninjau permohonan Anda.

Perhatian: Tamu Anda bisa memilih untuk menolak permohonan perubahan perjalanan. Jika tamu menolak dan Anda tidak bisa mengakomodasi masa inap mereka saat ini, Anda harus membatalkan reservasi tamu.

Jika tamu menyetujui permohonan perubahan perjalanan

Jika tamu menyetujuinya, reservasi tersebut akan diperbarui dengan detail baru Anda. Apabila harga berubah, tamu akan dikenakan biaya atau mendapatkan pengembalian uang jika perlu.

Biasanya, metode pembayaran semula tamu akan dibebankan biaya secara otomatis. Untuk metode pembayaran tertentu, tamu akan diminta untuk mengirimkan pembayaran dalam waktu 48 jam. Jika pembayaran tidak berhasil dikirimkan, perubahan tersebut akan otomatis ditolak dan reservasi akan kembali seperti semula.

Cara penentuan harga untuk permohonan perubahan perjalanan

Jika Anda mengubah tanggal reservasi, harga reservasi semula bisa berubah. Perubahan pada jumlah tamu dapat berarti kenaikan atau penurunan harga reservasi semula, tergantung pada pengaturan biaya tamu tambahan pada saat pemesanan.

Total awal dan total baru akan ditampilkan kepada tamu sebelum mereka menyetujui permohonan perubahan perjalanan Anda. Apabila biaya perjalanan berubah dan tamu menyetujui perubahan tersebut, tamu akan dikenakan biaya atau menerima pengembalian uang, bila perlu.

Bagaimana mengubah durasi perjalanan dapat memengaruhi kebijakan pembatalan

Jika reservasi diubah dari masa inap bulanan menjadi 27 malam atau kurang (masa inap jangka pendek), kebijakan pembatalan standar yang Anda pilih untuk tempat Anda akan berlaku untuk perubahan atau pembatalan mendatang yang dilakukan terhadap reservasi yang telah diperbarui tersebut.

Jika durasi reservasi diubah dan masa inap berdurasi 27 malam atau kurang menjadi masa inap bulanan berdurasi 28 malam atau lebih, kebijakan pembatalan jangka panjang yang Anda pilih untuk tempat Anda akan berlaku untuk perubahan atau pembatalan mendatang yang dilakukan pada reservasi yang telah diperbarui tersebut.

Jika masa inap bulanan diubah, namun tetap berdurasi 28 malam atau lebih, kebijakan pembatalan jangka panjang Anda akan tetap berlaku untuk reservasi tersebut, terlepas dari perubahan tanggal yang diakibatkan oleh permohonan perubahan perjalanan.

Jika masa inap berdurasi 27 malam atau kurang diubah, namun durasinya tetap untuk jangka pendek, kebijakan pembatalan standar Anda akan tetap berlaku untuk perubahan atau pembatalan mendatang yang dilakukan terhadap reservasi yang telah diperbarui tersebut.

Jika Anda menawarkan tempat lain kepada tamu Anda

Jika Anda tidak dapat menerima tamu di tempat yang dipesan, tetapi dapat menerima tamu tersebut di tempat Anda yang lain, Anda harus menanyakan kesediaan tamu sebelum mengirimkan permohonan perubahan perjalanan:

  • Kirimkan pesan kepada tamu Anda mengenai perubahan tersebut dan sertakan tautan ke tempat yang diusulkan—pastikan untuk memberitahukan selisih biayanya, jika ada
  • Jika tamu setuju, kirimkan permohonan perubahan perjalanan kepada tamu
  • Jika tamu tidak menyetujui dan tidak lagi ingin mempertahankan reservasi, Anda harus membatalkan reservasi agar tamu bisa memesan ulang di tempat lain

Jika reservasi tersebut berdurasi lebih singkat (27 malam atau kurang), kebijakan pembatalan untuk reservasi tamu di tempat baru akan tetap sama dengan kebijakan pembatalan yang berlaku untuk reservasi tamu semula—ini berlaku meskipun Anda telah memilih kebijakan pembatalan yang berbeda untuk tempat tersebut.

Anda hanya bisa mengubah tempat menginap tamu menggunakan permohonan perubahan perjalanan jika tempat baru tersebut ada di akun Tuan Rumah Anda. Jika tempat baru tersebut menggunakan akun Rekan Tuan Rumah, Anda harus membatalkan reservasi semula dan meminta tamu memesan reservasi baru.

Bagaimana permohonan perubahan perjalanan dapat memengaruhi diskon mingguan dan bulanan

Mengubah durasi reservasi dapat memengaruhi apakah tamu akan tetap mendapatkan harga diskon mingguan atau bulanan.

Bagaimana permohonan perubahan perjalanan dapat berdampak pada pra-persetujuan

Jika tamu Anda memesan dengan pra-persetujuan yang Anda kirimkan, segala perubahan pada reservasi akan berarti bahwa harga tersebut akan dihitung ulang seolah-olah reservasi tersebut adalah pemesanan baru.

Anda tetap bisa menawarkan harga yang sama dengan pra-persetujuan semula kepada tamu—Anda bisa mengubah harga, beserta tanggal reservasi, dalam permohonan perubahan perjalanan yang sama. Harap pastikan untuk mengomunikasikan semua ini dengan mereka.

Bagaimana permohonan perubahan perjalanan dapat berdampak pada penghitungan pajak

Ketika permohonan perubahan perjalanan disetujui, pajak untuk reservasi selalu dihitung ulang guna menerapkan ketentuan pajak terbaru dan akurat untuk lokasi tempat.

Jika reservasi tamu telah berakhir

Anda tidak bisa melakukan perubahan jika waktu check-out tamu sudah berlalu. Jika Anda perlu menangani permohonan terkait uang, Anda bisa mengirimkan uang kepada tamu Anda atau meminta pembayaran dari tamu di Pusat Resolusi.

Hanya satu permohonan perubahan perjalanan untuk reservasi pada satu waktu

Ingatlah bahwa Anda hanya dapat mengirimkan satu permohonan perubahan untuk suatu reservasi pada satu waktu. Setelah perubahan dilakukan, setiap perubahan berikutnya harus melalui proses ini lagi sebagai permohonan baru.

Jika Anda perlu mengedit permohonan perubahan perjalanan Anda

Ada yang salah? Anda tidak dapat mengubah permohonan perubahan perjalanan setelah permohonan dikirimkan, tetapi Anda dapat membatalkannya dan mengirimkan permohonan baru.

Masa inap bulanan

Jika reservasi berdurasi 28 malam atau lebih, kebijakan pembatalan jangka panjang akan berlaku. Ketika permohonan perubahan perjalanan dikirimkan untuk masa inap bulanan, perubahan dapat dilakukan secara otomatis tanpa memerlukan persetujuan jika:

  • Perubahan tersebut dibuat sebelum perjalanan dan durasi reservasi tetap 28 malam atau lebih
  • Perjalanan sudah dimulai, tetapi tanggal check-out masih 30 malam lagi atau lebih

Jika durasi masa inap bulanan dipersingkat menjadi 27 malam atau kurang (masa inap jangka pendek), tamu akan bertanggung jawab atas pembayaran biaya 30 hari berikutnya sejak hari penggantian, atau hingga akhir reservasi jika tersisa kurang dari 30 hari.

Begitu reservasi diubah dari masa inap bulanan menjadi 27 malam atau kurang (masa inap jangka pendek), kebijakan pembatalan standar yang Anda pilih akan berlaku untuk perubahan atau pembatalan mendatang yang dilakukan terhadap reservasi yang telah diperbarui tersebut.

Apakah artikel ini membantu?

Artikel terkait

Dapatkan bantuan terkait reservasi, akun Anda, dan banyak lagi.
Masuk atau mendaftar