Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.
Cara kerja

Memverifikasikan identitas Anda di Airbnb

Di Airbnb, kepercayaan adalah landasan komunitas kami  – tempat jutaan orang di seluruh dunia saling percaya ketika mereka bepergian atau menerima tamu.

Bagian penting dalam membangun kepercayaan ini adalah memverifikasikan identitas pengguna kami. Proses verifikasi identitas Airbnb adalah serangkaian langkah yang kami ambil untuk membantu memastikan pengguna dalam komunitas kami sesuai dengan yang mereka nyatakan, sehingga semua orang bisa merasa lebih yakin saat menggunakan Airbnb. Agar dpat menggunakan platform kami, setiap Tuan Rumah, Rekan Tuan Rumah, dan tamu yang memesan harus terverifikasi identitasnya. 

Meskipun tidak ada proses yang sempurna, langkah ini bertujuan meminimalkan perilaku curang, meningkatkan keselamatan, dan memungkinkan interaksi dunia nyata yang bermakna di dalam komunitas ini.

Catatan: Jika pengguna terverifikasi identitasnya, artinya pengguna tersebut memberikan informasi yang telah kami validasi melalui proses kami. Meskipun dapat membantu melindungi komunitas ini, proses ini tidak menjamin bahwa orang tersebut pasti sesuai dengan yang ia nyatakan.

Alasan kami memverifikasi identitas

Memverifikasi identitas tamu dan tuan rumah membantu kami:

  • Meningkatkan kepercayaan antara tamu dan tuan rumah
  • Menjunjung panduan komunitas Airbnb
  • Mengurangi perilaku penipuan
  • Melakukan pemeriksaan latar belakang jika diizinkan undang-undang
  • Menanggapi, mendukung, dan menyelidiki masalah keselamatan dan keamanan
  • Mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk undang-undang pembayaran dan perpajakan

Cara kerja verifikasi identitas

Kami mewajibkan verifikasi bagi Tuan Rumah utama, Rekan Tuan Rumah, dan tamu yang memesan untuk semua masa inap di Airbnb. Pengalaman Airbnb tertentu mungkin juga mewajibkan verifikasi identitas.

Memverifikasikan identitas Anda berarti memverifikasi informasi pribadi tertentu, seperti nama resmi, alamat, nomor telepon, atau detail kontak lainnya. Dalam kasus tertentu, kami bisa melakukannya tanpa memerlukan info tambahan dari Anda. Dalam kasus lainnya, kami mungkin perlu meminta informasi lebih lanjut, seperti yang dijelaskan di bawah ini. 

Jangan khawatir – informasi identitas apa pun yang Anda berikan selain nama Anda tidak akan dibagikan kepada Tuan Rumah atau tamu di Airbnb, dan akan ditangani sesuai dengan Kebijakan Privasi Airbnb.

Info yang kami minta

  • Nama resmi, alamat, dan/atau informasi pribadi lainnya: Dalam beberapa kasus, kami hanya memerlukan info pribadi Anda untuk memverifikasikan identitas Anda – namun, ini tergantung beberapa faktor, termasuk negara tempat Anda berada atau jika kami mendeteksi anomali di platform kami. Kami akan mengumpulkan info tentang nama resmi Anda saat Anda mendaftar atau melakukan verifikasi, tetapi Anda selalu bisa menambahkan nama depan pilihan yang akan ditampilkan kepada Tuan Rumah dan tamu.
  • Foto identitas resmi Anda: Jika kami tidak dapat memverifikasikan informasi Anda di atas, atau jika metode verifikasi tertentu tidak tersedia atau tidak berlaku di negara Anda, kami mungkin meminta Anda untuk memberikan foto identitas resmi Anda. Identitas ini bisa berupa SIM, paspor, atau KTP. Anda bisa mempelajari selengkapnya mengenai tipe identitas yang diizinkan – serta panduan spesifik negara yang bersangkutan.
  • Foto selfie: Kami mungkin perlu meminta foto diri Anda selain foto identitas resmi Anda di atas. Jangan khawatir – foto selfie ini tidak akan digunakan pada profil Anda atau ditampilkan kepada pengguna lain. Jika Anda tidak bisa memberikan foto selfie yang cocok dengan identitas resmi Anda, Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan metode verifikasi alternatif.

Jika identitas Anda tidak dapat diverifikasi dengan informasi ini, dalam situasi tertentu, Anda mungkin memenuhi syarat untuk memberikan bukti lain yang menjelaskan identitas Anda, seperti surat nikah atau perintah pengadilan, untuk menyelesaikan proses ini.

Catatan: Jika Anda menerima tamu sebagai sebuah bisnis, Anda akan diminta untuk memverifikasikan informasi tambahan, seperti alamat rumah atau kewarganegaraan Anda. Selain itu, jika Anda adalah penduduk Uni Eropa dan menerima penghasilan dari menyewakan akomodasi, menyediakan Pengalaman, atau bertindak sebagai Rekan Tuan Rumah – atau jika penghasilan yang Anda terima berasal dari tempat di Uni Eropa – Anda juga akan diminta untuk memverifikasikan informasi tambahan.

Kapan kami meminta verifikasi identitas

Tamu

Sebagai tamu, Anda harus memverifikasikan identitas Anda saat memesan penginapan atau saat memesan Pengalaman yang tuan rumahnya mewajibkan verifikasi. Sebagian besar pengguna hanya perlu melakukan proses ini satu kali, dan kami akan memandu Anda menjalani langkah-langkah yang perlu Anda ambil.

Ini biasanya terjadi saat pembayaran – saat Anda diberi batas waktu tertentu untuk menyelesaikannya. Selama periode ini, reservasi Anda berstatus menunggu, dan pengguna lainnya tidak bisa memesan tanggal yang Anda pilih. Kami juga akan mengirimkan notifikasi – seperti email, SMS, dan pengingat, push tergantung preferensi Anda – untuk membantu Anda menyelesaikan pembayaran sebelum batas waktu. Apabila Anda tidak menyelesaikan proses tersebut dalam periode ini, reservasi Anda tidak akan terkonfirmasi.

Tuan Rumah

Jika Anda baru menjadi Tuan Rumah, Anda harus memverifikasikan identitas Anda saat pertama kali membuat iklan untuk penginapan atau Pengalaman, atau jika Anda diundang untuk menjadi Rekan Tuan Rumah baru di suatu tempat. Meskipun tidak ada batas waktu bagi tuan rumah untuk menyelesaikan verifikasi, iklan Anda tidak akan dipublikasikan sebelum verifikasi identitas diselesaikan. Ini berarti, Anda tidak bisa menerima pemesanan sebelum identitas Anda terverifikasi. Demikian pula, sebagai Rekan Tuan Rumah, Anda harus menyelesaikan verifikasi sebelum bisa menyetujui undangan.

Sebagai Tuan Rumah, kami mungkin meminta Anda untuk melakukan verifikasi identitas secara berkala. Jika Anda tidak menyelesaikannya saat diminta, kalender Anda dapat diblokir sampai Anda melakukannya.

Terakhir, jika Anda mengedit nama resmi Anda di Akun Anda, kami juga akan meminta Anda memverifikasi ulang identitas Anda. Kami mungkin dapat melakukannya secara instan menggunakan informasi yang telah Anda berikan kepada kami, seperti nama dan detail kontak Anda – atau Anda mungkin akan diminta untuk menyelesaikan langkah verifikasi lainnya. Jika ini terjadi, semua perjalanan yang sudah Anda pesan tidak akan terpengaruh, tetapi Anda tidak akan bisa membuat pemesanan baru sebelum kami memverifikasikan perubahan tersebut.

Sebagai Tuan Rumah, pemesanan Anda yang sudah ada juga tidak akan terpengaruh, namun kalender Anda akan diblokir sampai Anda menyelesaikan proses verifikasi.

Catatan: Jika Anda sedang mencoba melakukan pemesanan, sebaiknya kirimkan informasi yang kami butuhkan sesegera mungkin. Jika check-in Anda dimulai dalam waktu 12 jam, Anda memiliki waktu 1 jam untuk menyelesaikan verifikasi. Jika tidak, Anda harus menyelesaikan verifikasi dalam 12 jam setelah melakukan pemesanan. 

Meski reservasi Anda berstatus menunggu selama periode ini, reservasi tidak akan terkonfirmasi jika Anda tidak bisa menyelesaikan verifikasi sebelum batas waktu yang kami tetapkan untuk Anda.


Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses ini

Setelah Anda mengirimkan info, biasanya kami membutuhkan waktu kurang dari 1 jam untuk memverifikasikan identitas Anda. Waktu yang diperlukan mungkin bervariasi, tergantung negara tempat Anda tinggal dan info yang Anda berikan.

Pastikan info yang Anda berikan valid, akurat, dan terbaru. Jika tidak, kami mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk memverifikasikan identitas Anda, atau kami mungkin perlu menindaklanjuti dan meminta info tambahan.

Jika Anda adalah tamu yang membuat pemesanan – ingatlah untuk menyelesaikan verifikasi sebelum batas waktu yang kami berikan kepada Anda. Selama periode ini, reservasi Anda berstatus menunggu, dan pengguna lainnya tidak bisa memesan tanggal yang Anda pilih. Kami juga akan mengirimkan notifikasi – seperti email, SMS, dan pengingat push – untuk membantu Anda menyelesaikannya sebelum batas waktu.

Tips jika Anda mengalami kendala

  • Periksa pesan Anda: Informasi tambahan mungkin telah dikirimkan kepada Anda melalui SMS, email, atau telepon. Apabila Anda merasa melewatkan pesan dari kami, ikuti petunjuk berikut.
  • Gunakan nama depan dan nama belakang resmi Anda: Pastikan nama resmi yang Anda cantumkan sesuai dengan yang tertera dalam catatan publik atau pada bukti identitas resmi Anda. Jika nama resmi Anda berbeda, misalnya, setelah pernikahan atau pengukuhan gender, Anda bisa menghubungi tim Dukungan Pelanggan kami untuk memverifikasi nama resmi alternatif dengan menyertakan dokumen yang diterbitkan pemerintah seperti surat nikah atau perintah pengadilan. Meskipun Anda harus menggunakan nama resmi untuk verifikasi, Anda bisa menambahkan nama depan pilihan yang akan ditampilkan kepada tamu dan tuan rumah lain.
  • Berikan izin kamera: Aplikasi Airbnb atau browser Anda mungkin memerlukan izin untuk mengakses kamera Anda. Biasanya Anda bisa menemukan petunjuk mengenai cara memberikan izin ini kepada Airbnb dengan memeriksa pengaturan browser atau aplikasi Anda. Jika Anda memperbarui izin ini dan tetap mengalami kendala, coba muat ulang aplikasi atau halaman web kami.
  • Gunakan foto berkualitas tinggi: Ambil foto di ruangan dengan pencahayaan memadai, dan periksa apakah fotonya jelas, tidak buram, dan terletak pas di dalam bingkai yang kami tetapkan selama proses berlangsung. Untuk swafoto, penutup kepala seperti hijab boleh dikenakan – tetapi pastikan kami dapat melihat mata, hidung, dan mulut Anda. Jangan khawatir – swafoto Anda tidak akan diperlihatkan kepada pengguna lain di Airbnb atau di profil Anda.
  • Ambil foto diri Anda saat ini: Jika Anda diminta mengambil foto selfie, foto harus diambil pada saat akan dikirim dan bukan foto lama. Jangan khawatir – foto ini tidak akan ditampilkan pada profil Anda atau kepada pengguna lain di Airbnb.
  • Gunakan identitas asli yang tidak kedaluwarsa: Pastikan identitas yang Anda berikan belum kedaluwarsa dan asli – artinya, bukan fotokopi, PDF, atau salinan digital lainnya. Jika identitas memiliki dua sisi, seperti SIM atau KTP, kirimkan foto sisi depan dan belakangnya. Harap diperhatikan Anda mungkin juga harus mengikuti panduan khusus negara yang bersangkutan, tergantung lokasi Anda.

Di mana lencana identitas terverifikasi Anda akan ditampilkan

Setelah identitas Anda terverifikasi, Anda akan mendapatkan lencana Identitas terverifikasi. Lencana dan status terverifikasi Anda akan ditampilkan di Airbnb, berwarna merah dan dengan tanda centang di samping foto profil Anda. Informasi ini juga ditampilkan di profil Anda di bawah Informasi terkonfirmasi [Nama Anda]. Jika Anda tuan rumah, label Identitas terverifikasi mungkin juga ditampilkan pada halaman iklan Anda di bagian Tuan Rumah.

Jika Anda adalah tuan rumah yang beroperasi sebagai suatu perusahaan besar, Anda mungkin membuat beberapa akun untuk membantu mengelola semua iklan Anda. Dalam hal ini, akun Tuan Rumah Anda yang terhubung mungkin tidak selalu menampilkan lencana Identitas terverifikasi meskipun bisnis yang mengoperasikan akun tersebut telah terverifikasi.

Kehilangan lencana verifikasi identitas Anda

Jika Anda mengubah informasi pribadi Anda, seperti nama resmi Anda, atau menghapus bukti identitas resmi Anda dari akun, Anda dapat kehilangan lencana identitas terverifikasi dan perlu melakukan verifikasi lagi untuk memesan atau menerima tamu mendatang.

    Info identitas yang bisa diminta Tuan Rumah Anda

    Airbnb tidak membagikan bukti identitas resmi Anda kepada Tuan Rumah saat Anda memesan. Namun, Tuan Rumah Anda mungkin akan meminta bukti identitas resmi setelah memesan jika ia menambahkan informasi mengenai apa yang diwajibkan dan alasannya dalam deskripsi iklannya pada saat Anda memesan – dan hanya jika diwajibkan karena alasan hukum atau kepatuhan sebagaimana diuraikan dalam kebijakan di luar platform Airbnb.

    Beberapa wilayah memiliki undang-undang yang mewajibkan tamu untuk melakukan registrasi ke pihak berwenang setempat. Ini bisa dilakukan langsung dengan menghubungi pihak berwenang setempat – atau di lokasi akomodasi oleh Tuan Rumah mewakili pihak berwenang. Dengan kata lain, jika Anda memesan penginapan di wilayah yang memberlakukan hal ini, Tuan Rumah bed & breakfast, hostel, hotel, atau akomodasi lainnya di Airbnb dapat meminta registrasi ini dari Anda.

    Cara kami membagikan dan mengelola data Anda

    Komunitas kami berdiri atas dasar rasa percaya. Bagian mendasar dari mendapatkan kepercayaan tersebut berarti memberikan kejelasan tentang cara kami menggunakan informasi Anda.

    Hanya karyawan Airbnb yang berwenang dan penyedia pihak ketiga yang mendapatkan izin yang bisa mengakses informasi yang Anda kirimkan, dan semua info akan disimpan dan dikirimkan dengan aman. Kami dapat membagikan informasi identifikasi Anda kepada penyedia layanan pihak ketiga yang berwenang untuk membantu mendukung proses verifikasi identitas—termasuk hal-hal seperti memverifikasi identitas Anda, memeriksa keaslian dokumen identitas Anda, dan melakukan pemeriksaan latar belakang (jika diizinkan menurut hukum yang berlaku).

    Kami akan menghapus bukti identitas resmi Anda setelah periode penyimpanan yang telah ditentukan terkait dengan tujuan pengumpulan bukti identitas tersebut telah berakhir – kecuali jika kami diwajibkan secara hukum untuk menyimpannya. Perhatikan bahwa setelah bukti identitas Anda dihapus, kami akan terus menyimpan beberapa informasinya – seperti tanggal lahir Anda – untuk keperluan pengelolaan akun Anda, kepatuhan hukum, dan keamanan umum. 

    Kami menangani informasi yang dikumpulkan selama verifikasi identitas untuk tujuan yang diuraikan dalam Kebijakan Privasi kami. Contoh info yang kami kumpulkan, dan kemungkinan tujuan penggunaannya adalah sebagai berikut.

    • Informasi pribadi yang Anda berikan kepada kami, seperti nama resmi, alamat, dan tanggal lahir:
      • Mendukung proses verifikasi identitas kami seperti yang dijelaskan di atas
      • Menanggapi dan menyelidiki masalah keselamatan dan keamanan untuk melindungi pengguna kami di platform Airbnb dan komunitas yang lebih luas
      • Menanggapi dan membantu penyelidikan yang dilakukan oleh penegak hukum; menanggapi permintaan informasi dari institusi publik
      • Mematuhi panduan komunitas Airbnb
      • Mematuhi undang-undang yang berlaku, yang mencakup aturan pembayaran dan undang-undang perpajakan
      • Mendeteksi perilaku penipuan
      • Melakukan pemeriksaan latar belakang jika diizinkan berdasarkan hukum yang berlaku
    • Bukti identitas resmi Anda atau dokumentasi terkait identitas lainnya yang Anda berikan:
      • Mendukung proses verifikasi identitas kami seperti yang dijelaskan di atas
      • Menanggapi dan menyelidiki masalah keselamatan dan keamanan yang melibatkan pengguna platform dan komunitas yang lebih luas
      • Menanggapi dan membantu penyelidikan yang dilakukan oleh penegak hukum
      • Mematuhi undang-undang yang berlaku, yang mencakup aturan pembayaran dan undang-undang perpajakan

    Apakah artikel ini membantu?

    Artikel terkait

    • Tamu

      Jenis bukti identitas untuk verifikasi

      Sering kali, nama resmi dan alamat Anda dan/atau informasi pribadi lainnya sudah cukup bagi kami untuk memverifikasikan identitas Anda. Kami…
    • Tamu

      Pencocokan foto

      Bila Anda diminta untuk membagikan bukti identitas yang menampilkan foto Anda, proses multi-tahap akan membantu memastikan keamanan data And…
    Dapatkan bantuan terkait reservasi, akun Anda, dan banyak lagi.
    Masuk atau mendaftar