Standar Keramahtamahan
Tips untuk membantu Anda mendapatkan penilaian hebat.
Apa Yang Dimaksud Dengan Standar Menerima Tamu?
Semua standar ini dapat membantu Anda memperoleh ulasan luar biasa karena telah menyediakan keramahtamahan yang sangat baik dan dapat diandalkan. Anda bisa melihat performa Anda dengan mengecek penilaian dan umpan balik dari tamu Anda.
Saat masuk ke panel muka Anda, Anda akan melihat penilaian yang Anda terima untuk komunikasi, check-in, akurasi, kebersihan, dan pengalaman secara keseluruhan. Anda juga akan melihat tingkat respons Anda di panel muka tersebut. Untuk mengetahui komitmen Anda terkait reservasi, lihat bagian HosTeladan di panel muka Anda. Dan dengan memeriksa kalender secara rutin, Anda bisa menjaga informasi ketersediaan Anda selalu terkini.
Ketersediaan Terkini
Anda harus selalu merasa yakin bahwa Anda mampu melayani sebuah reservasi. Senantiasa memperbarui kalender dan informasi tempat Anda akan mendongkrak peluang memperoleh permohonan reservasi yang bisa Anda layani.
TIPS
  • Perbarui kalender Anda guna menampilkan ketersediaan Anda, sehingga Anda tidak akan menerima permohonan reservasi untuk tanggal-tanggal saat Anda berhalangan.
  • Anda bisa menggunakan pengaturan ketersediaan untuk memblokir waktu persiapan di antara pemesanan, atau untuk mencegah permohonan reservasi di hari yang sama atau reservasi jauh hari
  • Jika Anda menetapkan masa inap minimum atau maksimum, Anda hanya akan menerima permohonan untuk reservasi yang sesuai dengan preferensi Anda
HARAP PERHATIKAN
Wisatawan yang mencari tempat menginap memberi tahu kami bahwa mereka merasa kecil hati apabila ditolak. Oleh karena itu, jika Anda menolak reservasi melebihi jumlah tertentu, iklan Anda dapat dinonaktifkan sementara.
Komunikasi
Setiap kali tamu menghubungi—meski Anda memiliki reservasi dengan mereka atau tidak—memberi tanggapan dengan segera akan menunjukkan bahwa Anda adalah tuan rumah yang penuh perhatian dan bijak.

Respons tepat waktu

Seberapa sering dan segera Anda menanggapi permohonan reservasi dan pertanyaan pemesanan akan diukur dengan tingkat respons Anda.
TIPS
  • Tanggapi pengajuan pemesanan dan permohonan reservasi dalam 24 jam guna mempertahankan tingkat respons Anda.
  • Jika tempat Anda tidak tersedia atau seorang wisatawan tidak bisa mematuhi Peraturan Rumah yang Anda tetapkan, pastikan untuk segera menolak permohonan reservasi tersebut

Membantu tamu Anda

Terlepas dari apakah Anda akan berada di tempat bersama tamu Anda atau tidak, sangatlah penting untuk senantiasa bisa dihubungi selama mereka menginap. Tamu Anda akan berkesempatan menilai seberapa jelas dan konsistennya komunikasi Anda. Penilaian rata-rata yang Anda terima tercantum pada halaman iklan Anda.
TIPS
  • Jika Anda mengonfirmasikan reservasi dan ada yang berubah mengenai tempat Anda, beri tahu tamu Anda di depan.
  • Unduh app Airbnb agar Anda bisa menjawab pesan di mana saja
  • Jika Anda tidak bisa menyambut tamu saat mereka tiba, Anda dapat mengirimkan pesan kepada mereka pada saat check-in guna memastikan agar segalanya berjalan lancar.
  • Jika Anda tidak akan berada di tempat selama mereka menginap, Anda dapat menginformasikan seorang narahubung lokal kepada tamu Anda.
HARAP PERHATIKAN
Jika tingkat respons Anda terlalu rendah, peringkat pencarian Anda dapat terpengaruh, dan Anda pun bisa dihadapkan pada penalti tertentu, termasuk penonaktifan iklan Anda untuk sementara. Ini akan memastikan agar wisatawan tidak akan menghadapi risiko diabaikan saat menghubungi Anda.
Komitmen pada Reservasi
Bila Anda mengonfirmasikan bahwa Anda akan menerima seorang tamu, mereka mempercayakan Anda untuk menyediakan segala kebutuhan mereka. Apakah itu sebuah liburan keluarga maupun sebuah perjalanan bisnis, perubahan apa pun pada akomodasi akan terasa sangat mengganggu.
Jika hal tak terduga terjadi, dan Anda terpaksa harus membatalkan suatu pemesanan terkonfirmasi, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diingat:
TIPS
  • Begitu Anda tahu bahwa Anda terpaksa membatalkan, segera beri tahu tamu Anda. Ini akan memberi mereka waktu sebanyak mungkin guna menemukan akomodasi yang baru.
  • Batalkan reservasi di Airbnb untuk memulai proses pengembalian uang.
  • Jika Anda mengenal tuan rumah lain di daerah Anda, pertimbangkan untuk bertanya apakah mereka bisa melayani perjalanan tamu Anda, dan tawarkan untuk melakukan perkenalan.
  • Bila terjadi kejadian luar biasa atau ada kekhawatiran terkait keselamatan, Airbnb bisa membuat pengecualian atas penalti pembatalan tuan rumah.
HARAP PERHATIKAN
Kami ingin semua tamu yang memesan di Airbnb merasa percaya diri dengan rencana mereka. Oleh karena itu, kami menangani pembatalan dengan serius. Anda dapat dikenakan penalti tertentu—termasuk penalti finansial—jika Anda membatalkan suatu reservasi terkonfirmasi.
Check-In
Tamu Anda akan diminta untuk menilai pengalaman check-in mereka pada akhir masa inap mereka. Inilah peluang untuk mendedikasikan perhatian ekstra untuk membuat mereka merasa nyaman. Ingatlah bahwa tamu Anda mungkin lelah karena perjalanan, oleh karena itu sangatlah penting untuk memudahkan segalanya dengan proses check-in yang simpel dan jelas.
TIPS
  • Sampaikan prosedur check-in Anda di depan dan pastikan Anda bisa menyelesaikannya.
  • Pastikan tamu Anda tahu cara menghubungi Anda jika mereka mengalami penundaan perjalanan atau memiliki pertanyaan pada saat terakhir.
  • Beri tamu Anda petunjuk arah mendetail sehingga mereka bisa mencapai tempat Anda, dan menghemat waktu dengan menempatkan semuanya di dalam Panduan Rumah Anda
  • Beri tahu tamu apakah Anda akan menyambut mereka di pintu depan atau mereka harus mengantisipasi kemungkinan menerima kunci dari sebuah kotak penyimpanan atau seorang tetangga.
Keakuratan
Kami mendengar dari tuan rumah dan tamu bahwa berbagi ekspektasi yang jelas sebelum suatu perjalanan dimulai dapat berperan serta dalam menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi semua orang. Sebagai tuan rumah, Anda dapat membantu tamu menentukan apakah tempat Anda sesuai dengan kebutuhan mereka dengan cara memberikan informasi terperinci mengenai apa saja yang ditawarkan tempat Anda.
Tamu Anda akan berkesempatan menilai keakuratan informasi yang Anda berikan. Membuat sebuah profil dan halaman iklan yang terperinci akan menarik tamu yang sesuai dengan gaya menerima tamu Anda, serta membantu Anda memperoleh penilaian istimewa.

Informasi tempat Anda

TIPS
  • Gunakan beragam foto berkualitas tinggi dengan keterangan dan tuliskan deskripsi tempat secara mendetail.
  • Berikan Peraturan Rumah yang menginformasikan situasi tertentu yang akan berguna bagi tamu Anda. Bila Anda tidak ingin mereka mengundang orang lain ke tempat menginap, beri tahu mereka sebelumnya. Bila Anda tidak ingin mereka merokok di tempat Anda, beri tahukan.
  • Beri tahu tamu jika ada bagian dari rumah Anda yang tidak boleh dimasuki, seperti halaman belakang bersama atau loteng.
  • Jujurlah mengenai faktor tak terduga yang dapat mempengaruhi masa inap tamu Anda. Jika tetangga Anda baru saja memulai pekerjaan konstruksi yang bising, tamu Anda patut mengetahuinya. Jika tamu Anda harus mendaki 8 anak tangga untuk mencapai tempat Anda, tambahkan pula info tentang itu. Jika sediaan air panas Anda kurang bisa diandalkan, katakan demikian.

Fasilitas Anda

Salah satu hal yang membuat tempat Anda istimewa adalah rangkaian fasilitas yang membuatnya ekstra nyaman, ideal untuk keluarga, maupun mudah dijadikan tempat bekerja.
TIPS
  • Cantumkan semua fasilitas yang Anda tawarkan dan pastikan masing-masing item tersedia dan bisa beroperasi dengan baik
  • Berikan Peraturan Rumah yang menginformasikan situasi tertentu yang akan berguna bagi tamu Anda. Bila Anda tidak ingin mereka mengundang orang lain ke tempat menginap, beri tahu mereka sebelumnya. Bila Anda tidak ingin mereka merokok di tempat Anda, beri tahukan.

Harga Anda

Harga yang sangat tinggi dapat memberi kesan kepada tamu bahwa tempat Anda sangat mewah—mereka tidak seharusnya mengharapkan sebuah kastil jika mereka akan mendapati sebuah pondok.
HARAP PERHATIKAN
Jika Anda terus-menerus memperoleh penilaian rendah dalam hal keakuratan informasi yang Anda berikan, Anda dapat dikenakan penalti. Kami ingin tamu yakin bahwa tempat yang mereka pesan adalah tempat yang akan mereka dapatkan saat mereka tiba.
Kebersihan
Tempat yang bersih dan rapi akan selalu tampak terbaik dan mempesona. Tamu dapat menilai kebersihan tempat Anda dan penilaian rata-rata Anda yang terlihat pada halaman iklan Anda.
Sangatlah penting untuk memberi diri Anda sendiri cukup waktu untuk membersihkan, apalagi bila Anda memperoleh pemesanan berturut-turut.
TIPS
  • Bersihkan setiap ruangan yang akan digunakan tamu selama mereka menginap, khususnya kamar mandi dan dapur
  • Jika Anda menyediakan handuk dan seprai, keduanya harus bersih
  • Anda bisa membebankan biaya kebersihan dan menggunakan uang tambahan tersebut untuk membeli perlengkapan kebersihan atau membayar jasa layanan kebersihan profesional
  • Sediakan perlengkapan kebersihan di tempat Anda, sehingga tamu Anda bisa menangani noda tumpah dan kekotoran yang tidak disengaja
HARAP PERHATIKAN
Jika Anda terus-menerus memperoleh penilaian kebersihan yang rendah, Anda dapat dikenakan penalti. Tempat yang bersih adalah sesuatu yang diidamkan tamu.
Pengalaman Secara Keseluruhan
Tamu Anda akan berkesempatan untuk menilai pengalaman menginap mereka secara keseluruhan. Rata-rata penilaian mengenai pengalaman secara keseluruhan yang Anda terima akan tercantum pada halaman iklan Anda. Penilaian tersebut juga akan terlihat bila tamu mencari tempat menginap dan melihat tempat yang sesuai kriteria pencarian mereka. Oleh karena itu, memiliki penilaian yang tinggi secara keseluruhan adalah cara yang sangat baik untuk menonjol dalam hasil pencarian.
TIPS
  • Ingatlah bahwa banyak dari tamu Anda akan berada jauh dari rumah. Jadi, cobalah untuk mengantisipasi keinginan mereka, hal yang menurut mereka membingungkan, serta bagaimana Anda bisa menawarkan bantuan maupun bimbingan.
  • Beri sentuhan pribadi pada setiap pengalaman tamu guna memenuhi kebutuhan perjalanan dan kepribadian mereka—hal-hal biasa dapat memberi kesan yang luar biasa dan tak lekang waktu.
  • Mintalah umpan balik dari tamu Anda sehingga mereka bisa membantu Anda menemukan aspek yang bisa Anda sempurnakan. Mereka bisa memberi tahu Anda secara langsung atau meninggalkan umpan balik pribadi untuk Anda saat mereka mengirimkan penilaian mereka.

Nilai

Anda memiliki kendali terhadap harga yang Anda tentukan pada tempat Anda, namun sangatlah penting untuk menetapkan harga yang seimbang antara ekspektasi dengan apa yang ditawarkan tempat Anda. Tamu juga berkesempatan memberi penilaian pada nilai tempat Anda, dan penilaian rata-rata Anda akan terlihat pada halaman iklan Anda.
TIPS
  • Anda bisa mengubah harga agar sesuai dengan tren musiman
  • Jika Anda baru pertama kali menjadi tuan rumah, pertimbangkan untuk menurunkan harga tempat agar Anda bisa memperoleh pemesanan pertama Anda dan mendapatkan pengalaman
HARAP PERHATIKAN
Jika Anda terus-menerus memperoleh penilaian secara keseluruhan yang rendah, Anda dapat dikenakan penalti tertentu. Jika penilaian Anda terus menunjukkan bahwa Anda kesulitan memenuhi ekspektasi tamu, tempat Anda bisa dihapus dari platform ini.

Rekan tuan rumah yang berhasil biasanya melakukan beberapa hal yang serupa ketika mereka menerima tamu di lingkungan tinggal mereka.

Berikan jawaban segera
Komunitas Airbnb mengandalkan komunikasi yang jelas dan tepat waktu sehingga tuan rumah dan rekan tuan rumah bisa mendapatkan pemesanan, menyambut tamu, dan memperoleh penghasilan ekstra. Tanggapan segera atas permohonan bantuan menerima tamu menunjukkan sikap bisa diandalkan dan penuh perhatian.
TIPS
  • Tanggapi setiap permohonan bantuan menerima tamu Anda dalam waktu 24 jam untuk menjaga tingkat respons Anda.
  • Bila Anda tidak memiliki waktu untuk menjadi rekan tuan rumah, pastikan untuk menonaktifkan profil Anda.
Menjaga ketersediaan
Anda harus selalu yakin bahwa Anda bisa menjadi rekan tuan rumah bagi tuan rumah yang membutuhkan bantuan Anda. Memastikan profil rekan tuan rumah Anda hanya tersedia saat Anda bisa menerima tamu akan meningkatkan peluang Anda mendapatkan permohonan yang memang bisa Anda layani.
TIPS
  • Selalu perbarui profil Anda dengan semua layanan menerima tamu yang Anda tawarkan.
  • Jika Anda terlalu sibuk untuk menjadi rekan tuan rumah, pastikan untuk menonaktifkan profil Anda.
Hadirkan pengalaman yang luar biasa
Sentuhan-sentuhan kecil bisa memberi kesan yang mendalam. Sebagai rekanan tuan rumah, Anda akan memperoleh satu penilaian umum berdasarkan semua hal mulai dari komunikasi hingga check out. Penilaian ini memperlihatkan pengalaman keseluruhan yang tamu dapatkan saat Anda ikut serta menerima mereka.
TIPS
  • Antisipasi kebutuhan tamu Anda. Ini bisa berbentuk sebotol air, petunjuk arah, atau sekadar ucapan "Selamat datang" yang hangat agar mereka merasa diterima.
  • Tanyakan kepada tamu apabila mereka membutuhkan sesuatu. Mulailah percakapan guna membuka jalan untuk ulasan yang luar biasa.