Menerima tamu di Airbnb
Hadirkan pengalaman menginap nyaman dan dapatkan ulasan hebat
Apa saja yang diharapkan dari tuan rumah?
Kami ingin memberi Anda panduan yang jelas agar Anda mengetahui apa yang diharapkan dan bisa memberikan pengalaman menginap 5 bintang setiap kali Anda membagikan rumah Anda.
Kami meminta semua host untuk memenuhi empat persyaratan dasar: penilaian keseluruhan, tingkat respons, pembatalan, dan persetujuan reservasi. Selain hal-hal mendasar, Anda juga akan ditinjau oleh tamu yang menginap di tempat Anda.
Sudah menjadi tuan rumah? Periksa Performa Anda untuk melihat keadaan Anda.
Persyaratan dasar
Untuk membantu menciptakan masa inap yang nyaman dan tepercaya untuk para tamu, semua tempat dan tuan rumah harus memenuhi empat persyaratan dasar.
Bersikap responsif
Merespons dengan cepat ketika tamu menghubungi Anda menunjukkan bahwa Anda adalah seorang tuan rumah yang tanggap dan penuh perhatian. Seberapa sering dan cepat Anda merespons permohonan reservasi dan pertanyaan pemesanan akan diukur dari tingkat respons Anda. Kami meminta tuan rumah untuk merespons pesan-pesan semacam ini dalam waktu 24 jam.
Setujui permohonan reservasi
Tak ada tamu yang senang harus mengirimkan 4 atau 5 permohonan untuk menemukan tempat yang tersedia, jadi kami mengharapkan Anda menyetujui permohonan apabila kalender Anda menunjukkan bahwa tempat Anda tersedia. Pastikan kalender tempat Anda menunjukkan tanggal-tanggal Anda bisa menerima tamu. Dengan demikian Anda lebih berpeluang mendapatkan permohonan reservasi yang benar-benar bisa Anda layani. Anda bisa menggunakan pengaturan ketersediaan untuk memblokir waktu jeda di antara pemesanan, atau untuk mencegah permohonan reservasi di hari yang sama atau reservasi yang terlalu jauh dari tanggal saat ini.
Hindari pembatalan terhadap tamu
Kami menganggap serius setiap pembatalan dan meminta semua tuan rumah untuk menghindari pembatalan terhadap tamu–ini akan sangat memengaruhi rencana perjalanan mereka! Anda akan dikenakan penalti, termasuk penalti finansial, bila Anda membatalkan pemesanan terkonfirmasi. Kami meminta agar Anda menghindari pembatalan atas pemesanan terkonfirmasi kecuali terjadi situasi luar biasa.
Dapatkan ulasan positif
Tamu ingin mengetahui mereka bisa mengharapkan tingkat kualitas yang konsisten, di mana pun mereka memesan. Di akhir setiap masa menginap, tamu akan mengulas pengalamannya bersama Anda. Ini merupakan salah satu cara kami menilai Anda sebagai tuan rumah. Penilaian keseluruhan Anda adalah nilai ulasan rata-rata Anda dari semua tamu yang pernah Anda terima.
Sebagai tuan rumah, Anda juga berkesempatan menilai tamu–terkait kebersihan, kesopanan, dan komunikasi mereka. Umpan balik Anda akan membantu kami memastikan bahwa tamu memperlakukan rumah tempat mereka menginap seperti milik mereka sendiri. Tamu yang secara konsisten diberi tanda bendera oleh tuan rumah bisa dikenakan penalti.
Mendapatkan ulasan hebat dari tamu
Kami menemukan bahwa tuan rumah yang mendapatkan ulasan bagus biasanya berfokus pada lima hal: kebersihan, perlengkapan dasar, detail iklan akurat, check-in yang lancar, dan komunikasi proaktif.
Kebersihan
Tamu akan mengharapkan tempat yang bersih dan rapi seperti yang mereka lihat pada foto tempat Anda. Pastikan Anda memberi diri sendiri cukup waktu untuk membersihkan di antara tamu, khususnya bila Anda memiliki pemesanan yang berturut-turut.
Tamu berkesempatan menilai kebersihan tempat Anda, dan rata-rata penilaian Anda akan muncul di halaman iklan Anda. Jika Anda secara konsisten mendapatkan penilaian rendah, maka Anda bisa dikenakan penalti.
HAL-HAL YANG DIHARAPKAN
  • Bersihkan setiap kamar yang bisa diakses oleh tamu, khususnya kamar tidur, kamar mandi, dan dapur
  • Pastikan tidak ada rambut, debu, atau jamur di setiap permukaan dan lantai
  • Lakukan penggantian di antara setiap kegiatan menginap:
  • Sediakan seprai bersih dan handuk untuk tamu
  • Bereskan sampah, makanan, dan item sisa dari tamu sebelumnya
TIPS
  • Beri jarak di antara pemesanan agar Anda memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan tempat di antara tamu. Anda bisa memperbarui preferensi reservasi untuk memblokir satu atau dua malam sebelum reservasi
  • Kenakan biaya kebersihan dan gunakan pendapatan ekstra tersebut untuk membeli perlengkapan kebersihan atau membayar jasa kebersihan profesional
  • Tinggalkan perlengkapan kebersihan di tempat Anda agar tamu bisa membersihkan sesuatu yang tertumpah atau kejadian tidak disengaja lainnya
Perlengkapan dasar
Kami menyarankan semua tuan rumah menyediakan perlengkapan dasar sehingga tamu memiliki apa yang mereka butuhkan agar dapat beristirahat dengan nyaman dan menyenangkan.
  • Tisu toilet
  • Sabun
  • Linen/seprai
  • Paling sedikit satu handuk per tamu yang memesan
  • Paling sedikit satu bantal per tamu yang memesan
Detail tempat yang akurat
Mengupayakan ekspektasi yang tepat sebelum suatu perjalanan bisa membantu menghasilkan pengalaman yang lebih baik bagi Anda maupun tamu Anda. Anda bisa membantu wisatawan memutuskan apakah tempat Anda memenuhi kebutuhan mereka dengan memberikan info yang jelas dan detail yang harus diketahui seperti apakah Anda mengizinkan membawa hewan peliharaan. Iklan dan profil mendetail membantu memikat tamu yang mencari tempat seperti milik Anda.
Tamu akan berkesempatan menilai keakuratan informasi yang Anda berikan.
INFORMASI TEMPAT
HAL-HAL YANG DIHARAPKAN
  • Alamat yang akurat dan terkini (ini hanya akan dibagikan setelah tamu memesan)
  • Detail privasi kamar tidur dan kamar mandi akurat
  • Foto tempat menampilkan kondisi dan penataan tempat dengan baik
  • Fasilitas sesuai iklan, tersedia dan berfungsi baik
TIPS
  • Gunakan beberapa foto berkualitas tinggi dengan keterangan gambar dan tuliskan deskripsi tempat yang mendetail
  • Berikan Peraturan Rumah yang membahas berbagai situasi yang penting bagi tamu Anda. Peraturan Anda bisa memberikan kejelasan seputar hal-hal yang diizinkan dan tidak diizinkan, misalnya merokok, hewan peliharaan, atau pengunjung tambahan.
  • Beri tahu tamu bila ada bagian dari tempat Anda yang tidak boleh diakses, misalnya garasi atau loteng
  • Jujurlah mengenai hal-hal yang tidak diharapkan, yang akan berdampak pada pengalaman menginap tamu Anda. Tamu Anda berhak mengetahui bila tetangga Anda baru memulai proyek konstruksi yang berisik atau bila mereka harus menaiki 8 set anak tangga untuk mencapai tempat Anda.
FASILITAS
Cantumkan semua fasilitas yang Anda tawarkan dan pastikan masing-masing tersedia dan beroperasi dengan baik
HARGA PER MALAM
Pastikan tempat Anda sesuai dengan harga yang Anda tetapkan. Harga yang sangat tinggi bisa membuat tamu berasumsi bahwa tempat Anda ekstra mewah. Butuh bantuan? Coba lihat tempat lain di area Anda atau aktifkan Smart Pricing.
Proses check-in mudah
Proses check-in yang jelas dan mudah akan membantu memberikan kemudahan bagi tamu Anda setelah seharian melakukan perjalanan. Tamu akan diminta menilai pengalaman check-in mereka di akhir masa menginapnya.
TIPS
  • Susun sebuah panduan check-in untuk tempat Anda–kami akan memberitahukannya kepada tamu Anda 24 jam sebelum check-in sehingga mereka memiliki segala yang dibutuhkan untuk tiba dengan mudah
  • Bila Anda berencana bertemu langsung dengan tamu, pastikan ada koordinasi waktu check-in sebelumnya
  • Bila Anda menawarkan check-in mandiri, tambahkan detailnya di bagian Informasi untuk tamu pada iklan Anda
  • Pastikan tamu Anda tahu cara menghubungi Anda jika mereka mengalami penundaan perjalanan atau memiliki pertanyaan pada saat terakhir.
  • Beri tamu Anda petunjuk mendetail untuk sampai di tempat Anda—Anda bisa menghemat waktu dengan mencantumkannya di panduan rumah Anda
Membantu tamu saat mereka menginap
Baik Anda berbagi tempat dengan tamu maupun tidak, sebaiknya Anda tetap meluangkan waktu selama mereka menginap. Tamu Anda berkesempatan menilai kejelasan dan konsistensi komunikasi Anda di akhir masa menginapnya—dan rata-rata penilaian tamu ini akan muncul di halaman iklan Anda.
TIPS
  • Berkomunikasilah secara proaktif sehingga tamu mengetahui bahwa tempat Anda tersedia. Hubungi tamu lebih awal untuk mengoordinasikan rencana kedatangan. Bila tidak dapat menemui tamu saat mereka tiba, Anda bisa mengirimkan pesan untuk mereka saat check-in untuk memastikan segalanya berjalan dengan lancar.
  • Bila Anda mengonfirmasikan suatu reservasi dan ada yang berubah pada tempat Anda, beri tahukan kepada tamu Anda sebelumnya.
  • Unduh app Airbnb agar Anda bisa merespons pesan di mana saja.
  • Jika Anda tidak akan berada di area tempat Anda selama mereka menginap, Anda bisa memberi tamu kontak lokal yang bisa dihubungi.