Saran akan ditampilkan setelah mengetikkan input pencarian. Gunakan panah naik dan turun untuk meninjau. Gunakan enter untuk memilih. Jika pilihannya berupa frasa, frasa tersebut akan diserahkan ke pencarian. Jika sarannya berupa tautan, browser akan mengarahkan ke halaman tersebut.
Kebijakan komunitas

Kebijakan Nondiskriminasi

Terakhir diperbarui: 21 Oktober 2024

Komunitas Airbnb terdiri dari jutaan orang dari seluruh dunia yang membawa serta beraneka ragam budaya, nilai-nilai, dan norma. Dedikasi kami untuk menyatukan orang-orang dengan menumbuhkan pengalaman bersama yang bermakna didasarkan pada prinsip saling menghormati dan inklusi. Sejalan dengan ini, kami meminta pengguna kami untuk:

  • Menyetujui Komitmen Komunitas Airbnb, yang mengharuskan setiap orang yang menggunakan Airbnb untuk memperlakukan satu sama lain dengan rasa hormat tanpa memandang ras, agama, negara asal, etnis, disabilitas, jenis kelamin, identitas gender, orientasi seksual, atau usia mereka.
  • Mematuhi Kebijakan Nondiskriminasi di bawah ini.

Kebijakan Nondiskriminasi Airbnb

Kami melarang pengguna, termasuk rekan tuan rumah dan rekan seperjalanan, melakukan diskriminasi terhadap orang lain berdasarkan karakteristik yang dilindungi berikut:

  • Ras
  • Agama
  • Gender
  • Usia
  • Disabilitas
  • Status keluarga (memiliki anak)
  • Status perkawinan (sudah menikah atau belum)
  • Etnis
  • Negara asal
  • Orientasi seksual
  • Jenis kelamin
  • Identitas gender
  • Kasta
  • Kehamilan dan kondisi medis terkait

Penolakan Layanan atau Perlakuan Berbeda

Pengguna Airbnb tidak boleh membeda-bedakan perlakuan terhadap anggota komunitas Airbnb atau menolak memberikan layanan kepada seseorang karena karakteristik yang dilindungi atau persepsi bahwa mereka memiliki karakteristik yang dilindungi. Beberapa contohnya, antara lain:

  • Menolak atau membatalkan pemesanan.
  • Menerapkan syarat, ketentuan, atau peraturan rumah yang berbeda (misalnya, batasan yang berbeda pada akses, biaya, atau persyaratan lain yang terkait dengan tempat atau proses pemesanan).
  • Menunjukkan suatu preferensi untuk atau terhadap tipe tamu tertentu

Untuk membantu tamu membuat keputusan yang tepat, tuan rumah dipersilakan untuk memberikan informasi mengenai tempat, namun pada akhirnya keputusan mengenai apakah suatu tempat sesuai untuk tamu, keluarga, atau rekan seperjalanan mereka, diserahkan pada tamu. Di bawah ini kami cantumkan panduan tambahan mengenai usia dan status keluarga, disabilitas, dan identitas gender.

Usia dan Status Keluarga

Tuan rumah Airbnb diperbolehkan:

  • Memberikan informasi yang akurat secara faktual mengenai fitur yang tersedia (atau tidak tersedia) di tempat mereka. Informasi ini dapat mengarahkan tamu untuk memutuskan bahwa tempat tersebut tidak cocok untuk tamu dengan usia tertentu atau tamu dengan anak-anak atau bayi.
  • Untuk penginapan di Florida, tuan rumah diperbolehkan menetapkan batas usia minimum yang diperbolehkan secara hukum, untuk tamu yang memesan penginapan (“tamu yang memesan”), hingga usia 25 tahun asalkan persyaratan tersebut berlaku secara universal untuk semua calon tamu yang memesan, dan dikomunikasikan dengan jelas kepada tamu sebelum memesan. Usia minimum hanya berlaku untuk tamu yang memesan, dan tidak membatasi usia anak-anak atau individu lain yang menemani tamu yang memesan.
  • Memberikan informasi dalam iklan mereka tentang undang-undang atau peraturan yang berlaku yang melarang tamu dengan usia tertentu atau tamu dengan anak-anak atau bayi (misalnya, tempat yang merupakan bagian dari asosiasi tempat tinggal yang dibatasi hanya untuk lansia).

Tuan rumah Airbnb tidak diperbolehkan:

  • Membuat keputusan untuk tamu bahwa suatu tempat tidak memenuhi kebutuhan tamu dengan usia tertentu atau tamu dengan anak-anak atau bayi.
  • Memberlakukan syarat atau ketentuan yang berbeda atau menolak reservasi karena usia atau status keluarga tamu, kecuali pembatasan tersebut diwajibkan oleh undang-undang atau peraturan yang berlaku.
    • Ini termasuk memberlakukan peraturan seperti "tidak menerima tamu di bawah usia 21 tahun", mengenakan biaya lebih tinggi untuk tamu dengan usia tertentu, atau menghalangi pemesanan dari tipe tamu tertentu karena usia atau status keluarga.

Disabilitas

Tuan rumah dipersilakan untuk memberikan informasi mengenai tempat agar tamu penyandang disabilitas mendapatkan informasi yang memadai untuk membuat keputusan apakah suatu tempat sesuai untuk mereka sendiri, keluarganya, atau rekan seperjalanan lainnya.

Tuan rumah Airbnb diperbolehkan:

  • Memberikan informasi bahwa unit propertinya menyediakan (atau tidak menyediakan) fitur aksesibilitas sehingga tamu dapat memutuskan apakah akan memesan tempat tersebut atau tidak.
  • Menyatakan pada tempat yang memiliki fitur aksesibilitas bahwa prioritas mungkin diberikan kepada tamu yang membutuhkan fitur tersebut. Ini dimaksudkan untuk mendukung tamu yang akan mendapatkan manfaat dari fitur tersebut.

Tuan rumah Airbnb tidak diperbolehkan:

  • Membuat keputusan untuk tamu bahwa suatu tempat tidak sesuai dengan kebutuhan tamu penyandang disabilitas.
  • Melarang atau membatasi penggunaan alat bantu gerak, seperti kursi roda atau alat bantu jalan.
  • Membebankan biaya tambahan kepada tamu penyandang disabilitas, termasuk biaya hewan peliharaan bila tamu memiliki Hewan Pemandu (atau Hewan Pendukung Emosional di yurisdiksi tertentu). Kebijakan Aksesibilitas Airbnb mencakup informasi lebih lanjut tentang Hewan Pemandu dan Hewan Pendukung Emosional.
  • Menghalangi pemesanan dari tamu penyandang disabilitas.
  • Menolak berkomunikasi dengan tamu melalui sarana aksesibilitas yang tersedia (misalnya, penerjemah, fasilitator komunikasi, atau komunikasi tertulis).
  • Menolak permohonan reservasi untuk menghindari permohonan akomodasi yang wajar bagi tamu penyandang disabilitas (seperti perubahan kecil dalam peraturan rumah). Kebijakan Aksesibilitas Airbnb mencakup informasi selengkapnya tentang akomodasi yang wajar.

Identitas Gender

Airbnb mengharapkan agar komunitas ini dapat menghormati identitas gender yang dinyatakan sendiri oleh pengguna kami. Kami menganggap identitas gender seseorang adalah identitas apa pun yang mereka nyatakan atau mereka pilih. Jika pengguna menyatakan preferensi pada kata ganti tertentu (misalnya, he/him, she/her, they/them), maka preferensi itu harus dihormati.

Tuan rumah Airbnb diperbolehkan:

  • Menentukan bahwa tempat hanya menerima tamu dengan gender yang sama dengan tuan rumah jika tuan rumah menggunakan ruang bersama (misalnya, kamar mandi, dapur) dengan tamu mereka.
    • Di tempat-tempat seperti ini, tuan rumah juga bisa memutuskan untuk menerima tamu yang mengidentifikasi diri mereka di luar dua kategori gender.

Tuan rumah Airbnb tidak diperbolehkan:

  • Menolak reservasi atau menerapkan perlakuan berbeda karena tuan rumah tidak setuju dengan identitas gender yang dinyatakannya oleh tamu atau karena tamu mengidentifikasi dirinya di luar dua kategori gender.

Bahasa yang Diskriminatif

  • Pengguna Airbnb tidak boleh menggunakan kata-kata yang menyerukan pengucilan, segregasi, kekerasan, tindakan merendahkan, penghinaan, stereotipe, atau berupaya memberitahukan bahwa seseorang itu inferior karena karakteristik yang dilindungi. Ini termasuk penggunaan kata-kata cercaan, asosiasi negatif, memanggil individu transgender dengan nama pra-transisinya (yaitu nama sebelum ia melakukan operasi/transisi), menggunakan kata ganti yang tidak sesuai gender orang tersebut, mikroagresi, dan semua bentuk ujaran kebencian lainnya.

Simbol, Gambar, dan Objek yang terkait dengan Kebencian dan Diskriminasi

  • Pengguna Airbnb tidak boleh menampilkan simbol, objek, logo, slogan, atau gambar yang mengandung kebencian, memberi stereotipe kepada orang karena karakteristik yang dilindungi, atau menyampaikan makna yang diskriminatif. Ini termasuk ilustrasi yang menggambarkan simbol diskriminatif atau rasis (termasuk simbol berkode), gambar pemimpin kelompok kebencian, atau tindakan stereotipe.

Ketentuan Layanan dan Hukum Setempat

Ketentuan Layanan kami mengharuskan pengguna untuk memahami dan mematuhi undang-undang atau peraturan yang berlaku terhadap mereka. Selain itu, jika kebijakan ini memberikan lebih banyak perlindungan dan tidak bertentangan dengan undang-undang atau peraturan yang berlaku, kami berharap pengguna mematuhi kebijakan ini.

  • Undang-undang atau peraturan yang berlaku mungkin mengharuskan tuan rumah tertentu untuk membuat perbedaan yang melanggar kebijakan ini di akomodasi mereka. Dalam kasus-kasus seperti ini, kami tidak mewajibkan tuan rumah untuk melanggar hukum atau peraturan yang berlaku, atau menerima tamu yang dapat menimbulkan risiko hukum nyata dan terbukti, atau bahaya fisik bagi tuan rumah.
  • Tuan rumah boleh menjelaskan batasan hukum yang penting untuk diketahui oleh tamu dengan cara yang jelas, faktual, dan tidak merendahkan.

Jika undang-undang atau peraturan yang berlaku tidak tersedia terkait masalah tertentu, kebijakan inilah yang akan mengatur.

Cara Melaporkan Pelanggaran

Jika Anda yakin bahwa Anda telah diperlakukan diskriminatif, atau ingin melaporkan pengguna, profil, iklan, atau pesan tertentu karena perilaku diskriminatif, Anda memiliki beberapa cara untuk membuat laporan kepada kami. Anda bisa:

  • Mengeklik atau mengetuk ikon Laporkan iklan ini di aplikasi Airbnb.
  • Menghubungi kami secara langsung, jangan lupa untuk menuliskan nama Anda dan detail spesifik mengenai insiden ini (termasuk tanggal, orang yang terlibat, dan nomor reservasi, jika ada).

Berdasarkan Kebijakan Pintu Terbuka (Open Doors Policy) Airbnb, jika tamu merasa telah mengalami diskriminasi yang mengakibatkan mereka ditolak untuk mendapatkan layanan atau tidak bisa memesan atau menginap di suatu tempat, Airbnb akan menyelidiki laporan tersebut, dan secara paralel, jika perlu, menawarkan dukungan pemesanan langsung untuk menemukan tempat menginap lain bagi tamu tersebut. Kami memiliki tim khusus yang menegakkan Kebijakan Nondiskriminasi dan menangani setiap laporan diskriminasi dengan serius.

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang pertanyaan umum terkait Kebijakan Nondiskriminasi.

Apakah artikel ini membantu?

Artikel terkait

Dapatkan bantuan terkait reservasi, akun Anda, dan banyak lagi.
Masuk atau mendaftar