Memanfaatkan tab Pesan secara maksimal

Cobalah tips berikut untuk mencari, mengirim, dan menjadwalkan pesan dengan cepat dan mudah.
Oleh Airbnb pada 1 Mei 2024
Diperbarui 3 Feb 2025

Tab Pesan adalah kotak masuk Airbnb Anda. Tab ini menampilkan semua pesan menerima tamu, perjalanan, dan dukungan Anda di satu tempat. Fitur-fitur di tab Pesan memungkinkan Anda untuk:

  • Memfilter pesan dan melakukan pencarian di kotak masuk Anda.
  • Mengirim dan menjadwalkan pesan, termasuk templat yang sudah ditulis sebelumnya, yang disebut balasan cepat.
  • Berkomunikasi dengan setiap tamu mengenai reservasi dalam satu percakapan.
  • Memulai balasan di utas pesan agar percakapan tetap tertata.
  • Mengedit dan membatalkan pesan yang sudah dikirim.
  • Menggunakan fitur pesan sudah dibaca untuk mengetahui kapan tamu melihat pesan Anda.
  • Memberi reaksi terhadap pesan dengan emoji.

Memfilter dan mencari pesan

Tampilan default menampilkan semua pesan Anda di Airbnb. Pilih Menerima Tamu, Perjalanan, atau Dukungan untuk memfilter pesan berdasarkan jenis.

Di Menerima Tamu, Anda bisa menerapkan filter tambahan ini:

  • Belum dibaca hanya akan menampilkan pesan yang belum dibuka.
  • Tahapan perjalanan akan menyortir pesan berdasarkan permohonan reservasi, reservasi mendatang, reservasi saat ini, atau reservasi yang lalu.
  • Iklan tempat akan menyortir pesan berdasarkan iklan tempat jika Anda memiliki lebih dari satu iklan.
  • Dibintangi hanya akan menampilkan pesan yang Anda beri bintang.

Jika Anda memiliki rekan tuan rumah, menjadi Duta HosTeladan, atau mengadakan Pengalaman Airbnb, Anda akan melihat filter ini di tab Pesan:

  • Rekan Tuan Rumah akan menampilkan percakapan antara Anda dan rekan tuan rumah tentang suatu tempat.
  • Duta HosTeladan akan menampilkan pesan antara Anda dan tuan rumah yang telah dipasangkan dengan Anda.
  • Pengalaman memungkinkan Anda membaca pesan yang berkaitan dengan pemesanan pengalaman.

Gunakan filter Perjalanan untuk melihat pesan yang Anda kirim dan terima sebagai tamu. Gunakan filter Dukungan untuk melihat percakapan antara Anda dan Dukungan Airbnb.

Mencari percakapan tertentu? Anda bisa mencari pesan berdasarkan nama, kata, atau frasa. Hasil pencarian mencakup filter yang Anda terapkan, sehingga percakapan yang diinginkan bisa ditemukan lebih cepat.

Mengirim dan menjadwalkan balasan cepat

Komunikasi yang jelas dan tepat waktu adalah bagian penting dari kesuksesan menerima tamu. Mulai percakapan, berikan informasi, dan jawab pertanyaan dari tamu di tab Pesan.

Untuk menghemat waktu, coba gunakan fitur balasan cepat. Balasan cepat adalah templat pesan untuk membagikan informasi rutin, sehingga Anda tidak perlu menyampaikan informasi secara manual. Anda akan menemukan beberapa pesan yang telah ditulis sebelumnya di tab Pesan untuk mendukung tamu pada momen-momen penting, misalnya, tepat setelah pemesanan. Anda bisa menggunakan balasan cepat ini sebagaimana adanya, mengeditnya, atau membuat templat kustom Anda sendiri. 

Tab Pesan menggunakan kecerdasan buatan untuk memahami pertanyaan tamu dan secara otomatis menyarankan balasan cepat sebagai jawaban. Balasan yang disarankan akan muncul dalam percakapan Anda dengan tamu, dan hanya Anda yang bisa melihatnya.

Anda bisa segera meninjau, mengedit, dan langsung mengirimkan balasan cepat yang disarankan atau menjadwalkannya untuk dikirim nanti. Placeholder dalam templat secara otomatis mengisi detail pemesanan dan tempat tertentu—seperti lokasi, nama tamu, dan waktu check-in—saat pesan dikirim. Pastikan iklan tempat Anda lengkap dan terkini, karena pesan dengan placeholder yang kosong tidak akan dikirim dengan benar.

Saat pesan yang telah Anda jadwalkan akan dikirim, Anda akan menerima pengingat dalam percakapan Anda dengan tamu. Sesuaikan atau lewati pengiriman pesan jika pesan tersebut mengulangi informasi yang sudah Anda bagikan.

Pelajari lebih lanjut tentang menggunakan balasan cepat untuk menghemat waktu

Berkomunikasi dengan grup

Setiap pemesanan akan memulai percakapan baru di tab Pesan. 

Tamu yang memesan bisa mengundang orang dewasa lain yang bepergian bersama mereka untuk bergabung ke reservasi tersebut. Tamu yang menerima undangan akan ditambahkan ke percakapan, dan pesan yang Anda kirimkan ke dalamnya akan dikirim ke seluruh anggota grup. Tamu bisa membaca semua pesan, meskipun mereka terlambat bergabung, sehingga Anda tidak perlu menyampaikan kembali informasi yang sudah Anda kirim sebelumnya.

Pilih tombol Detail untuk informasi lebih lanjut mengenai reservasi dan percakapan, termasuk daftar semua orang yang bergabung. Pilih foto tamu untuk mengakses profil mereka dan mempelajari lebih lanjut tentang identitas tamu.

Menggunakan fitur pengiriman pesan lainnya

Anda akan menemukan lebih banyak fitur untuk mengelola percakapan di tab Pesan, termasuk balasan di utas pesan, alat pengeditan, fitur pesan sudah dibaca, dan emoji.

  • Balasan di utas pesan memungkinkan Anda untuk memulai utas pesan saat membalas pesan. Dalam utas, tanggapan Anda akan ditampilkan tepat di bawah pesan awal.
  • Fitur pengeditan memungkinkan Anda mengedit pesan dalam waktu 15 menit setelah mengirimkannya, dan membatalkan pesan dalam waktu 24 jam.
  • Fitur pesan sudah dibaca menunjukkan apakah tamu atau penerima pesan lainnya sudah melihat pesan Anda, kecuali mereka menonaktifkan fitur ini di pengaturan akun mereka.
  • Emoji memungkinkan Anda memberi reaksi pada pesan dengan wajah tersenyum, hati, jempol ke atas, tepuk tangan, atau wajah tertawa.

Tanya Jawab tab Pesan

Informasi yang dimuat dalam artikel ini mungkin telah berubah sejak dipublikasikan.

Airbnb
1 Mei 2024
Apakah ini membantu?